Lanjut ke konten

Sepeda Motor Dominasi Kecelakaan di Jakarta

26 November 2011


Kemacetan di Jakarta. (foto:istimewa)

MUDAH ditebak. Sepeda motor merupakan kendaraan yang paling banyak terlibat kecelakaan di Jakarta. Data Polda Metro Jaya menyebutkan, periode Januari-Oktober 2011, sebanyak 62% kecelakaan lalu lintas jalan melibatkan sepeda motor.
Maklum, populasi sepeda motor di Ibu Kota Republik Indonesia sudah menyentuh angkat sekitar sembilan juta unit. Luar biasa.
Sementara itu, populasi kendaraan lain, seperti mobil pribadi, masih sekitar dua jutaan unit. Jangan ditanya kalau populasi kendaraan angkutan umum, masih jauh dibandingkan dua jenis kendaraan pribadi tersebut. Total kendaraan yang beredar di Jakarta saat ini ditaksir sekitar 12 jutaan unit.

Kembali soal kendaraan yang terlibat kecelakaan lalu lintas jalan. Pada Januari-Oktober 2011, mobil pribadi berkontribusi sekitar 18%. Lalu, kendaraan angkutan barang sekita r11% dan angkutan umum sekitar 8%.

Kecelakaan lalu lintas jalan di wilayah Polda Metro Jaya masih cukup mengenaskan. Pada sepuluh bulan 2011, sedikitnya 22 kasus kecelakaan terjadi setiap harinya. Sedangkan korban tewas akibat kecelakaan lalu lintas jalan sekitar tiga orang per hari. (edo rusyanto)

11 Komentar leave one →
  1. 26 November 2011 10:01

    populasiny bnyak (mtor),paling rentan pula,sudah saatny transportasi umum dibenahi

    https://beckhem.wordpress.com/2011/11/26/hayo-cari-persamaannya-no-offense/

  2. 26 November 2011 16:20

    motor adalah subyek kendaraan yg kecil di jalan raya. memang lebih kecil sepeda, tapi populasi motor terbanyak di antara kendaraan yg lain. semakin banyak ATPM meluncurkan produk, bertambahnya jalan2 layang, gagalnya transportasi publik yg aman & nyaman, dipastikan kecelakaan yg melibatkan motor akan semakin besar..
    perlu penanganan yg serius dari pemerintah & perbaikan sarana transportasi massal.
    apa mungkin ya?

    • 26 November 2011 16:22

      saya termasuk yg optimistis jika seluruh stake holder bersatu dan konsisten, lalu lintas jalan bisa menjadi lebih nyaman. risiko kecelakaan bisa direduksi signifikan. kuncinya, semua mau bergandengan tangan, jangan jalan sendiri-sendiri. termasuk, para produsen sepeda motor. salam

      • 26 November 2011 16:39

        yupz.. harusnya sih begitu mas.. harusnya proyek monorail jangan sampai berhenti & diganti dengan jalan layang. seandainya jakarta berhasil, bukan tidak mungkin kota2 besar lain akan mengikuti..
        kita berdoa saja.

  3. 26 November 2011 17:47

    wah jakarta makin semrawut, makin ngeriiiii WASPADALAH!!!!!

    nitip mendoan http://baygrindline.wordpress.com/2011/11/26/avira-2012-ketangguhan-baru/

  4. 26 November 2011 19:24

    Itulah salah satu alasan saya untuk berusaha tidak mencintai Jakarta. Kesan panas, macet dan semrawut menjadi bayang2 yg tak terlupakan. Salam

  5. 26 November 2011 20:05

    Moda transportasi murah meriah yang paling terjangkau oleh sebagian besar masyarakat. Meskipun, konon kabarnya di negeri asalnya (Jepang) moda ini tidak begitu populer karena tidak aman…

  6. 27 November 2011 13:43

    bagi saya lebih nyaman naik kendaraan umum seperti bus, tidak perlu selap selip, tinggal duduk, kalo macet bisa tidur hehehe …

  7. 27 November 2011 21:37

    Andai saja para bikers punya bekal safety ridding yg baik dan mau mematuhi peraturan lalu lintas,mungkin angka kecelakaan bisa berkurang tapi sayang kadang ada saja bikers yg gayanya 4l4y padahal dengan mematuhi peraturan lalulintas dan disiplin berkendara disamping keselamatan diri sendiri tapi jg keselamatan orang lain.
    INGA’ INGA’ NYAWA GAK ADA SEREPNYA mulai sekarang tinggalkan gaya berkendara 4l4y…………………..

  8. agus jati permalink
    23 Desember 2011 10:13

    Bukan hanya sekedar bekal Safety Riding saja, yang terpenting adalah moral saat berkendara di jalan raya. Dengan mematuhi rambu-rambu lalu lintas dan saling menghargai sesama pengguna jalan raya.

  9. 25 Maret 2012 15:22

    waspada di jalan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: