Lanjut ke konten

Xeon Andalan Baru Yamaha

14 November 2011


Yamaha Xeon. (foto:istimewa)

XEON menjadi motor skutik andalan baru Yamaha di Indonesia. Dari empat varian skutik milik PT Yamaha Motor Kencana Indonesia (YMKI), Xeon kini sebagai kontributor ketiga terbesar.
Kini, motor skutik yang baru masuk ke pasar pada Mei 2010 itu, berkontribusi sekitar 11,27% dari total penjualan skutik YMKI pada Januari-Oktober 2011. Kontributor terbesar tentu saja masih Yamaha Mio CW, setelah itu Mio Soul, dan sang juru kunci Mio. Oh ya, total penjualan motor skutik YMKI pada sepuluh bulan 2011 mencapai sekitar 1,43 juta unit.
Tak heran jika kita kerap melihat iklan Yamaha Xeon di berbagai siaran televisi. Boleh jadi YMKI menganggap motor bermesin 125cc itu, layak dikedepankan untuk alternatif konsumen.
Hasilnya? Coba tengok rata-rata penjualan Xeon pada sepuluh bulan 2011. Ternyata, Xeon mengantongi rata-rata 16.200-an unit per bulan. Bandingkan dengan rata-rata per bulan tahun 2010 yang baru sekitar 14.200-an unit. Artinya, rata-rata per bulan Xeon pada 2011 naik sekitar 13.57%. Wow!

Bagaimana dengan tiga varian Yamaha yang lain? Silakan disimak. Yamaha Mio CW selaku kontributor terbesar, hanya naik sekitar 12,13%. Lalu, Mio Soul naik sekitar 5,95%. Bahkan, Mio hanya naik sekitar 4,74%.

Oh ya, di segmen motor skutik untuk Januari-Oktober 2011, Xeon memiliki pangsa pasar sekitar 4,64%, padahal tahun lalu sekitar 4,58%. Saat itu, total volume penjualan motor skutik anggota Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (Aisi) sekitar 3,48 juta unit. (edo rusyanto)

22 Komentar leave one →
  1. 14 November 2011 10:58

    laris manis

  2. 14 November 2011 11:25

    wkwk ada pesan sponsor dari ymki , ternyata org ymki baca juga toh tentang xeon salah satu invest gagal …terang aja pangsa pasarnya naik di banding 2010 …lha 2010 baru muncul di bulan mei koq … yg jelas target xeon adalah 25000/bulan tuh (maunya sih ngalahin vartech , dgn pasang harga sama dgn vartech ) …but kenyataan cuma 16000 tuh ..itupun cuma kirim paksa / push ke dealer doang alias cuma nyetok doang 😆

    • NARJI permalink
      14 November 2011 12:16

      halo 1:73 apa kabar!!!

      • nr 1908 permalink
        14 November 2011 12:28

        apa kabar juga, ngak pake kaca mata yach bang, makanya ngak bisa baca tanda bintang????????

      • kucrut_bike's permalink
        14 November 2011 15:19

        FBY koplak artikel sama apa yang dikomentar gak nyambung.. wkwkwk….

  3. agoey permalink
    14 November 2011 11:37

    wagh…. kekurangan xeon terdahulu adalah aplikasi sein kuning…. karna sekarang dah bening, jadi naik deh…

    http://agoey.wordpress.com/2011/11/14/galeri-modif-kanzen-pesona-tahun-2008/

  4. kurher permalink
    14 November 2011 16:48

    baru tau ada motor namanya xeon

    pura-pura.com

    kabuurrr

  5. penggemar ninja permalink
    14 November 2011 17:09

    tinggal pasang injection, dah mirip mx ama vixion teknologinya

    mantab

  6. arston permalink
    14 November 2011 17:47

    klo menurut saya penjualan xeon perbulan thn 2011 menurun bila dibandingkan thn 2010….. lht aja di tabel xeon baru muncul di bulan ke 4 2010….itu berarti cuma 6 bln sampai bln oktober bisa menjual segitu banyak…..sedangkan thn 2011 ini jelas full 10 bln br bisa menjual sekian banyak…..

  7. binladeen permalink
    14 November 2011 17:54

    Silakan deh dicoba tarikan niy motor! Bandingin ama motor tetangga. Yang jujur, pasti bilang tarikannya memang joss banget, bro !!! Soal laris atau tidak, kadang tergantung harga, desain, dan promosi keknya ! Secara harga lebih mahal (karena teknologinya kale). Secara desain kalah ama Vartech. Secara promosi juga kurang nendang !

    • 14 November 2011 22:09

      Ane setuju, power okelah, wong cc besar wajar, naah dr design n harga keliwat mahal jd faktor, penjualanya pun beda tipis ama vario lawas, krn xeon modelnya gk gaul, cc besar wajib berbody besar, naaah wong sudah ada kenapa g kopi paste aja si nouvo elegante..dijamin laris dehhhh..

  8. 14 November 2011 19:49

    matic tetangga nya yang apple to apple kan suzuki.. ga mungkin kan dibandingin sama vario series atau mau PCX sekalian? 😛

  9. 14 November 2011 21:01

    Andalan di antara yang tidak andal.

  10. Pino Kio permalink
    15 November 2011 07:26

    Xeon modele culun, jadi gak laku.
    coba belajar sama honda buat desain xeon ini dgn desain spt vartech mungkin bisa laris.

    yg mengenaskan harga jual kembalinya anjlok banget.
    xeon 2010 dipasaran jakarta cuma dilego 9.5-10.5 jt jauh lebih murah dibanding vartech yg masih 11.5-13 jt.
    Scoopy aja masih 10-11 jt lho…
    padahal harga barunya jauh lebih murah scoopy lho…

    • gus permalink
      15 November 2011 08:40

      wkwkw…bener sekali …ternyata konsumen ngak menjadikan cc besar sebagai patokan…miris banget lihat harga jual kembalinya .. males banget

  11. Jonas permalink
    17 November 2011 00:50

    pindah dari beat ke xeon terasa banget bedanya. lebih maknyus….
    gak heran penjualannya meningkat.

  12. boombox walker permalink
    21 November 2011 16:18

    bener aja klo xeon terus2an digenjot abis2an. soalnya, skutik 125cc praktis ga ada lawan (dg tdk mengenyampingkan produk suzuki). tapi, tetep terganjal juga sm vario. pdhl vario 110cc. tp, karena kaya fitur ya tetep aja jadi idola…….

Trackbacks

  1. [New post] Xeon Andalan Baru Yamaha - sharing info terupdate - dapur berita

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: