Lanjut ke konten

Vixion Tetap Andalan Yamaha

9 November 2011

YAMAHA Vixion tak tertandingi. Periode Januari-Oktober 2011, Vixion saya duga masih teratas di segmen motor sport. Sebagai gambaran, penjualan Vixion mendekat 206 ribu unit, sedangkan pemain kedua terbesar, yakni Honda New Megapro mendekati 150 ribu unit.
Nah, di tubuh Yamaha sendiri, praktis kontribusi Vixion masih nomor wahid. Catatan yang saya punya memperlihatkan, kontribusi Vixion masih sekitar 75,35% per akhir Oktober 2011. saat itu, total volume penjualan motor sport Yamaha sekitar 273 ribuan unit. Oh ya, Yamaha masih teratas di segmen motor sport, coba bandingkan dengan Honda yang merengkuh sekitar 198 ribuan unit.
Balik lagi soal domestik Yamaha. Sekalipun kontribusinya teratas, namun peran Vixion terhadap total penjualan Yamaha menurun pada Januari-Oktober 2011 jika dibandingkan periode sama 2010. Maklum, Yamah memiliki peluru anyar di lini sport, yakni Byson. Pada 2010, kontribusi Vixion masih sekitar 85,70%. Sebaliknya, Byson membubung dari sekitar 5,26% menjadi sekitar 15,99%.

Sementara itu, kontributor ketiga terbesar adalah Yamaha Scorpio Z, yakni sekitar 8,67% per akhir Oktober 2011. Kontribusi Scorpio Z juga melemah sedikit. Maklum, pada periode sama 2010, Scorpio Z masih menyumbang sekitar 9,04%.

Di tengah hiruk pikuknya persaingan motor sport di Indonesia, Yamaha memang masih perkasa. Para pesaingnya harus ekstra keras untuk menggeser dominasi Yamaha. Bahkan, manajemen PT Yamaha Motor Kencana Indonesia (YMKI) dalam publikasinya yang saya terima Rabu (9/11/2011) menyebutkan, pihaknya optimistis tetap merajai segmen motor sport. ”Facelift Scorpio Z yang baru dilakukan Yamaha menaikkan optimisme Yamaha untuk menggenjot penjualan segmen sport,” tulis manajemen dalam publikasi tersebut, Rabu. (edo rusyanto)

19 Komentar leave one →
  1. 9 November 2011 11:53

    pertamax dulu dunks !!!!!!!!!!!!

  2. 9 November 2011 13:33

    penghiburan ditengah kepurukan …padahal dari 2009 sampai ke 2011 makin mengkerut …padahal 2010 vs 2011 turunnya lebih dalem

  3. kucrut_bike's permalink
    9 November 2011 14:25

    kita lihat apa 2012 masih bisa unggul mutlak dibanding kompetitornya??

  4. nr 1908 permalink
    9 November 2011 14:39

    wajarlah. produk kompetitor ngak ada yg sebanding, kalu kasusnya kaya matic, bisa jungkal juga.

  5. 9 November 2011 15:32

    Andalan dan jadi tulang punggung penyambung hidup ymki………………….
    Setelah sport honda mbrojol,gak tau nasib vixion selanjutnya………………………….

  6. 9 November 2011 17:30

    Kalau sudah diteralis bakal gak berkutik.

  7. Rollerman permalink
    9 November 2011 21:18

    anehh yahh,kenapa d sektor motor sport gak seperti bebek

    ambil contoh yang sama dengan kasus Vixion,yaitu SupraX 125 vs Jupiter MX.udah banyak yang tahu kalo SupraX 125 lebih murah ketimbang jupiter MX,untuk masalah power dan teknologi msh unggul Jupiter MX,tapi malah penjualan lebih besar SupraX 125 ketimbang Jupiter MX,padahal produknya berbeda fitur yang d unggulkan.justru masyarakat memilih yang lebih murah

    d segmen 150cc ini malah terbalik,justru yang mahal lebih banyak dpilih (dan model pun udah tergolong lama) dbanding yang murah.

    • dio.jet permalink
      9 November 2011 21:33

      kalo yang segmen bebek FBH bangga,bilang Jupi MX over price lha,yang boros lha,dll
      eehh d segmen sport malah FBH ngeless,yang gak sebanding lha,yang beda segmen lha.ckckck

    • 9 November 2011 21:42

      jupiter mx gak cocok buat yg tua2 mas,cocoknya buat yg muda2…………….

    • wiend permalink
      12 November 2011 10:58

      sektor 150 lebih menang yamaha vixion coz vixion sendiri udah adopsi injection, yang bikin irit, mahal didepan irit dibelakang sebagian kalangan bikin tertarik,

      MX bisa dikatain boros karena sebagian orang menggunakan dengan perbandingan Suprax 125, dari segi model silinder aja udah beda,, mesin tegak dan mesin rebah kan beda,,

      koreksi ya masmasbro kalo da salah

  8. Pino Kio permalink
    9 November 2011 21:25

    kita lihat aja tahun depan klo si teralis udah brojol

  9. 9 November 2011 21:43

    kasian yamaha pelan tapi pasti bakal sejajar sama suzuki dan kawasaki…………..

  10. 10 November 2011 04:04

    @irwanmoto3
    =================
    Kok lapaknya gak bisa dibuka?

  11. medio permalink
    10 November 2011 11:41

    Yamaha semakin di depan….. (Vixion is the best)

  12. POKROKU Sukses Makmur permalink
    10 November 2011 13:56

    Semoga Keberuntungan selalu di pihak Yamaha

  13. 6 Juni 2012 17:29

    kerenan byson tapi klu menurut aku,,,,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: