10 Sepeda Motor Beromzet Terbesar
SEPULUH sepeda motor beromzet terbesar masih didominasi oleh tipe bebek. Selebihnya tipe skutik dan motor sport. Namun, dari 10 produk tersebut, posisi pertama pegang oleh motor skutik Yamaha Mio cast wheel (CW), yakni Rp 8,64 triliun.
Mio CW merengkuh sekitar 11,25% dari total omzet sepeda motor periode Januari-September 2011. Para anggota Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (Aisi) pada periode itu mengantongi omzet sekitar Rp 76,83 triliun. Angka itu saya dapatkan dari perhitungan jumlah volume penjualan dikalikan harga sebelum pajak. Kita tahu, pada sembilan bulan 2011, jumlah motor yang terjual sekitar 6,21 juta unit.
Posisi kedua dari jajaran 10 motor beromzet terbesar adalah motor skutik Honda Beat. Catatan yang saya peroleh menyebutkan, Honda Beat membukukan penjualan sekitar Rp 7,65 triliun. Sedangkan posisi ketiga ditempati motor bebek Honda Supra X 125, yakni sektiar Rp 6,51 triliun. (lihat tabel)
Ke-10 motor beromzet terbesar tersebut, berkontribusi sekitar 66,79% terhadap total omzet sepeda motor. Artinya, omzet ke-10 motor terlaris tersebut mencapai sekitar Rp 51,32 triliun. Fantastis!
Sementara itu, untuk periode Januari-September 2011, komposisi omzet penjualan motor skutik kian mendominasi. Dari data yang saya oleh terlihat bahwa omzet motor skutik mencapai sekitar Rp 35,51 triliun atau setara dengan 46,22%.
Omzet motor bebek kini hanya menempati posisi kedua, yakni Rp 31,64 triliun atau setara dengan 41,18%. Sedangkan di posisi buncit adalah tipe motor sport, yakni sekitar Rp 9,68 triliun atau sekitar 12,60%.
Konsumen tampaknya mulai agresif memilih sepeda motor skutik. Maklum, tipe motor tersebut cenderung lebih praktis. Terutama bagi masyarakat perkotaan. Penunggang skutik tak perlu menarik tuas kopling dan oper gigi secara manual. Cukup gas dan rem, sepeda motor sudah melenggang di jalan raya. (edo rusyanto)
Salam hangat mas edo
justmyimage
tidak terbayangkan 2 th lg kemacetan akan kian parah bila tidak ada antisipasi atwpun strategi yg win2 solution dari pemerintah untuk mengatasinya.
Harusnya pemerintah respect atas fenomena penjualan sepeda motor yg terus meningkat. Makin hari akan bertambah makin macet diberbagai ruas jalan.
ternyata Yamah4 masih di depan.. mantap mio š
Akibat pemerintah kurang membenahi model tranportasi massal yg murah, aman dan praktis, makanya masyarakat mencari sendiri alat tranportasi yg murah dan praktis yaitu motor,,,,
wow, mio lagi mio lagi
6 varian yamaha di sepuluh besar….
not bad lagh……
makanya r15 ga kluar2,jualan mio moncer trus…
http://temonsoejadi.wordpress.com/2011/10/22/cerita-antara-wortel-telur-dan-kopi/
Hal yang tidak akan terjadi apabila Pemerintah menyediakan sistem transportasi masyarakat yang murah, aman, nyaman dan merata di seluruh daerah!
apakah untuk mio hanya versi CW?ataukah overall mio + soul?
lha mio soul kan 10 besar mas…
wah ternyata yamaha masih yang terdepan ya mas..
Ckckckckc… Gimana ga tambah macet jakarta dg makin bnyknya motor2… Honda n Yamaha beda tipis yaa..