Lanjut ke konten

10 Sepeda Motor Beromzet Terbesar

22 Oktober 2011

SEPULUH sepeda motor beromzet terbesar masih didominasi oleh tipe bebek. Selebihnya tipe skutik dan motor sport. Namun, dari 10 produk tersebut, posisi pertama pegang oleh motor skutik Yamaha Mio cast wheel (CW), yakni Rp 8,64 triliun.
Mio CW merengkuh sekitar 11,25% dari total omzet sepeda motor periode Januari-September 2011. Para anggota Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (Aisi) pada periode itu mengantongi omzet sekitar Rp 76,83 triliun. Angka itu saya dapatkan dari perhitungan jumlah volume penjualan dikalikan harga sebelum pajak. Kita tahu, pada sembilan bulan 2011, jumlah motor yang terjual sekitar 6,21 juta unit.
Posisi kedua dari jajaran 10 motor beromzet terbesar adalah motor skutik Honda Beat. Catatan yang saya peroleh menyebutkan, Honda Beat membukukan penjualan sekitar Rp 7,65 triliun. Sedangkan posisi ketiga ditempati motor bebek Honda Supra X 125, yakni sektiar Rp 6,51 triliun. (lihat tabel)
Ke-10 motor beromzet terbesar tersebut, berkontribusi sekitar 66,79% terhadap total omzet sepeda motor. Artinya, omzet ke-10 motor terlaris tersebut mencapai sekitar Rp 51,32 triliun. Fantastis!

Sementara itu, untuk periode Januari-September 2011, komposisi omzet penjualan motor skutik kian mendominasi. Dari data yang saya oleh terlihat bahwa omzet motor skutik mencapai sekitar Rp 35,51 triliun atau setara dengan 46,22%.
Omzet motor bebek kini hanya menempati posisi kedua, yakni Rp 31,64 triliun atau setara dengan 41,18%. Sedangkan di posisi buncit adalah tipe motor sport, yakni sekitar Rp 9,68 triliun atau sekitar 12,60%.

Konsumen tampaknya mulai agresif memilih sepeda motor skutik. Maklum, tipe motor tersebut cenderung lebih praktis. Terutama bagi masyarakat perkotaan. Penunggang skutik tak perlu menarik tuas kopling dan oper gigi secara manual. Cukup gas dan rem, sepeda motor sudah melenggang di jalan raya. (edo rusyanto)

13 Komentar leave one →
  1. 22 Oktober 2011 09:20

    Salam hangat mas edo

    justmyimage
    tidak terbayangkan 2 th lg kemacetan akan kian parah bila tidak ada antisipasi atwpun strategi yg win2 solution dari pemerintah untuk mengatasinya.

  2. cah ndeso permalink
    22 Oktober 2011 09:53

    Harusnya pemerintah respect atas fenomena penjualan sepeda motor yg terus meningkat. Makin hari akan bertambah makin macet diberbagai ruas jalan.

  3. masbule permalink
    22 Oktober 2011 11:03

    ternyata Yamah4 masih di depan.. mantap mio šŸ˜€

  4. tyonugra permalink
    22 Oktober 2011 11:40

    Akibat pemerintah kurang membenahi model tranportasi massal yg murah, aman dan praktis, makanya masyarakat mencari sendiri alat tranportasi yg murah dan praktis yaitu motor,,,,

  5. 22 Oktober 2011 12:31

    wow, mio lagi mio lagi

  6. Nobita permalink
    22 Oktober 2011 13:03

    6 varian yamaha di sepuluh besar….
    not bad lagh……

  7. smoothy blue permalink
    22 Oktober 2011 13:12

    makanya r15 ga kluar2,jualan mio moncer trus…

  8. 22 Oktober 2011 17:29

    Hal yang tidak akan terjadi apabila Pemerintah menyediakan sistem transportasi masyarakat yang murah, aman, nyaman dan merata di seluruh daerah!

  9. riddle permalink
    22 Oktober 2011 18:29

    apakah untuk mio hanya versi CW?ataukah overall mio + soul?

    • tukang underestimate permalink
      22 Oktober 2011 19:08

      lha mio soul kan 10 besar mas…

  10. 24 Oktober 2011 14:23

    wah ternyata yamaha masih yang terdepan ya mas..

  11. irvie_cix permalink
    7 November 2011 18:49

    Ckckckckc… Gimana ga tambah macet jakarta dg makin bnyknya motor2… Honda n Yamaha beda tipis yaa..

Tinggalkan komentar