Lanjut ke konten

Sandiwara Kir Mobil

13 Oktober 2011

JUDUL di atas diambil dari pemberitaan RCTI dengan judul yang sama, Sabtu (8/10/2011). Berita investigasi RCTI itu juga ditayangkan di Okezone.com. Isinya?
Ya. Beragam pungutan liar (pungli) dibeberkan oleh RCTI. Bahkan, sang presenter juga menyebutkan bahwa tak aneh jika kondisi angkutan umum kita banyak yang tidak layak jalan. Di sana sini terdapat kekurangan. Buntutnya, angkutan umum menjadi tidak nyaman. Masyarakat pun memilih kendaraan pribadi, baik roda empat maupun roda dua.
Sebagai konsumen angkutan umum, praktis kita menjadi prihatin.
Sesuai ketentuan, uji kir kendaraan di antaranya mencakup dimensi dan bobot kendaraan, sistem kemudi dan kaki-kakinya, serta sistem pengeraman dan daya pengereman. (lihat foto-foto di bawah ini).

Pada praktiknya, RCTI menjumpai praktik pungli yang memudahkan pengujian. Bahkan, kata RCTI, buku kir kendaraan pun diperjualbelikan. Waduh!
Ironisnya, kementerian perhubungan bahkan menyebutkan, di beberapa daerah penyelenggaraan pengujian diorientasikan pada perolehan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dan bukan untuk tujuan pengujian kendaraan bermotor itu sendiri. Alat uji yang dimiliki tidak dikalibrasi, tidak dirawat dan tidak diperbaiki secara periodik sehingga hasil pengujian diragukan akurasinya.

Bahkan, dibeberapa daerah, pengujian kendaraan bermotor dilakukan tanpa alat uji, hal ini disebabkan karena keterbatasan kemampuan daerah tersebut (biasanya kabupaten/ kota baru hasil pemekaran otonomi daerah).
Di tengah itu semua, kementerian perhubungan meminta pemerintah daerah menerapkan kartu pintar (smart card) untuk pengujian kendaraan secara berkala mulai tahun 2012. Penerapan smart card itu juga diharapkan mampu memangkas praktik percaloan dalam pengujian kendaraan.

Wakil Menteri Perhubungan, Bambang Susantono, saat membuka Pertemuan Penguji Kendaraan Bermotor Seluruh Indonesia yang dihadiri oleh sekitar 200 Penguji Kendaraan Bermotor dari seluruh Indonesia, di Jakarta, Rabu (5/10/2011), mengatakan, pelaksanaan pengujian kendaraan bermotor harus menyesuaikan dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. ”Sehingga pemilihan penggunaan teknologi informatika merupakan suatu kelangsungan yang akan bermanfaat pada peningkatan kualitas dan kuantitas pelayanan kepada masyarakat khususnya dalam pelayanan pengujian kendaraan bermotor,” katanya.
Bagi kita konsumen angkutan umum, pembenahan sistem uji kendaraan menjadi penting. Kita berharap angkutan umum yang ada mampu memberi pelayanan yang aman, nyaman, tepat waktu, dan terjangkau. Tentu saja muaranya adalah agar kian tinggi tingkat keselamatan jalan angkutan umum. Karena itu, butuh kemauan yang kuat juga dari para pengusaha angkutan agar menerapkan standardisasi pengoperasian kendaraan yang layak. Termasuk, saat uji kendaraan kan yah? (edo rusyanto)

11 Komentar leave one →
  1. 13 Oktober 2011 00:43

    Danger

  2. 13 Oktober 2011 03:52

    Wah banyak bla blanya ni ujung2nya duit lagi gimana ni beu….

  3. 13 Oktober 2011 08:15

    tak sanggup berkata-kata….nyesek ati liat salah satu carut marut negeri ini

    glodaghhh

  4. Alpian Hutabarat permalink
    13 Oktober 2011 12:32

    Yah.. sudah tidak terkatakan lagi bobroknya penyelenggara negara ini, tidak bisa korup anggaran, ya korup pungutan liar.

    Terlalu bodoh, bila masih ada orang yang berani membantah tulisan ini…

    Lanjutkan memberikan masukan-masukan yang berharga untuk bangsa ini, mudah-mudahan 1000 tahun lagi bangsa ini bisa berubah.

  5. 13 Oktober 2011 13:05

    pantas saja di tempat kir itu lahan kerja basah bagi PNS, pegawainya pada sejahtera

  6. Rampak_naong permalink
    13 Oktober 2011 14:31

    Itulah endonesia…

  7. 13 Oktober 2011 19:16

    This is Indonesia, with money you can buy almost everything. 🙂
    Welcome to Indonesia. 🙂

  8. assassin permalink
    20 Oktober 2011 13:42

    hahahaha….sehari baca 3 trit dari mas edo tentang foto indonesia kita,……mantaaaplah ….2 jempol untuk mas edo,,,4 jempol kebalik untuk pemerintah loakl

  9. 24 September 2012 17:20

    Ya gitu deh, punya alat gak bisa merawat, gak punya alat gak ada duit buat belinya, trus maunya gimana NYEWA,..? masa buat PAD NYEWA,.. saya ada jual nih plus certificate Kalibrasi dari Pabrikan, http://www.alatpengujian.com.

  10. 26 April 2013 14:16

    Selain itu, tindaklah kalo bisa pecat aja semua petugas yang terbukti pungli! SEMANGAT.

  11. Camen permalink
    29 Mei 2013 13:18

    Indonesia bisa…! Indonesia biasa…! Sudah terlalu kronis sakitnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: