Lanjut ke konten

Jupiter Z Anjlok 35%

13 Oktober 2011

VOLUME penjualanYamaha Jupiter Z New anjlok sekitar 35,31%. Kondisi tersebut terjadi untuk rentang Januari-September 2011 dibandingkan dengan periode sama 2010. Sembilan bulan 2011, raihan volume sepeda motor bebek itu mencapai sekitar 295 ribuan unit, sedangkan periode sama tahun lalu sekitar 456 ribuan unit.
Buntut dari penurunan volume tersebut menyeret Jupiter Z New dari posisi ketiga ke posisi keempat. Pada Sembilan bulan 2010, Jupiter Z New menempati posisi ketiga penguasa pangsa pasar motor bebek dengan market share sekitar 16,84%. Sedangkan tahun ini, menempati posisi keempat yakni sekitar 11,28%.
Tak bisa dipungkiri, fluktuasi volume penjualan dan pangsa pasar sebuah produk dipengaruhi beberapa faktor utama. Mulai dari faktor internal, seperti kualitas dan layanan purna jual, hingga faktor eksternal, seperti produk kompetitor dan daya beli konsumen.

Jupiter Z New bagi sang produsen, Yamaha Motor Kencana Indonesia (YMKI), masih menjadi andalan nomor kedua terbesar, setelah Vega ZR. Kemampuan Jupiter Z New menempati posisi ketiga pada sembilan bulan 2010, boleh jadi karena persaingan belum seketat saat ini. Setidaknya jika melihat dari jumlah varian milik anggota Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (Aisi) yang baru sebanyak 19 varian pada 2010.

Maklum, saat ini jumlah varian membengkak menjadi 22 varian. Kompetitor Jupiter Z New pun kian agresif merangsek pasar.
Hingga akhir 2011, tampaknya Jupiter Z New harus ekstra keras jika ingin kembali menempati posisi ketiga seperti tahun lalu. Saat ini, hingga akhir September 2011, posisi pertama hingga ketiga masing-masing ditempati, Honda Supra X 125, Yamaha Vega ZR, dan Honda Absolute Revo. (edo rusyanto)

25 Komentar leave one →
  1. reborn permalink
    13 Oktober 2011 03:02

    ambyar

  2. karisnsz permalink
    13 Oktober 2011 03:23

    Wah..Yamaha benar2 tiarap,cuma di sport yg tegak

  3. 13 Oktober 2011 03:48

    Wih blade bisa biki KO jupiter z

  4. 13 Oktober 2011 03:49

    Wih blade bisa bikin KO jupiter Z

  5. smoothy blue permalink
    13 Oktober 2011 04:25

    YMKI kualat gara2 tidak mengeluarkan R15 v2.0 mbah bro…

  6. 13 Oktober 2011 05:48

    Mungkin karena
    -tidak bisa turun di indoprik.
    -sekarang sudah bukan jaman bebek kenceng.ber cc 110-125 cc. Kalau mau kenceng (alay) ada 150 cc.
    -banyak ABG yang pindah ke matik (trend baru)
    -bebek lebih pure untuk moda transportasi, model bisa saja.

  7. 13 Oktober 2011 06:03

    Zaman sudah berubah, dulu banyak kita lihat bebek berban kecil dengan buntut kelihatan panjang da nungging. Ini kelihatannya diaplikasikan pada NJZ dan ternyata trend itu telah berlalu mungkin karena sudah bosen atau keberhasilan polisi menegakkan upaya safety riding dalam hal ini larangan pemakaian ban lebih kacil dari standar pabrik. Akhirnya …

    n

  8. cah ndeso permalink
    13 Oktober 2011 06:05

    Image motor kenceng mulai bergeser……

  9. 13 Oktober 2011 06:58

    Ternyata orang beli motor yg diliat bukan kencengnya,tapi merknya dan fungsinya…….
    Kenceng………………………itu ALAY…………………………….ABG LEBAY…………………………

    • nr 1908 permalink
      13 Oktober 2011 08:21

      setuju om, yg alay kan kebayakan abg yg beli motor minta sama ortu

  10. YAMAHAL permalink
    13 Oktober 2011 09:39

    YANG PATI HARGANYA OVERPRESS

  11. assassin permalink
    13 Oktober 2011 09:40

    migrasi besar2an ke matic ini sich…..

  12. 13 Oktober 2011 09:52

    semoga berhasil dengan jualan irit nya.. bye bye kentjaang.. :mrgreen:

  13. 13 Oktober 2011 09:53

    lah.. ane salah masuk kamar rupa nya.. :mrgreen:

  14. 13 Oktober 2011 11:15

    Kalau mau jualan alay silakan saingi FU. Kayaknya itu yang sekarang jadi incaran ABG.

  15. EXYBAND permalink
    13 Oktober 2011 11:37

    produk lelet minim fitur tapi dibanderol setinggi langit…. ya nyungsep…!!

  16. 13 Oktober 2011 12:29

    gk jaman motor bebek kenceng,pa lagi yg nanggung kyk njz ,jupi mx.klo orientasinya cm kenceng doang tentu org cari bebek yg paling kenceng yaitu satria fu 150 cc drpd kedua produk diatas.alhasil pilihan yang msk akal adalah motor scr fungsional bs dipakai dg irit,aman dan berkualitas,gk melulu kenceng sj.new honda blade memenuhi unsur2 itu dan sgt pantas bila membunuh njz

  17. Prabu Melaz permalink
    13 Oktober 2011 15:22

    Yang jelas designnya ga enak di mata. Ubah design! Itu saja dah cukup! Kalo YMKI mau dengar!

  18. nick69 permalink
    13 Oktober 2011 21:33

    Ubah suara knalpot nya aja kali ya..
    Imho seperti knalpot murahan
    Cempreng + kelihatan leletnya

    Coba kayak hsx apa titan
    Gak maksa suaranya

  19. 14 Oktober 2011 10:19

    Orang nyari sekarang yg nyaman wae value for money….

  20. sasuke permalink
    14 Oktober 2011 12:58

    soal keiritan ya udah lumayan irit 110ccnya, tapi sayang yamaha designnya kurang banyak.

    ditambah design vega zr ga ada menarik2nya, kalo jupiter banyak yang protes lampu belakangnya.

    ya semoga tahun depan banyak model terbarunya

  21. 14 Oktober 2011 14:08

    kualat, dulu sales2nya pada bilang, produk kompetitor lampu remnya mudah geter dan geal geol, sekarang kejadian di produknya, kapuok…

  22. 3 November 2011 20:52

    kasihan deh yu najiz.. tingal boysen n vangsit aja yg blm nukik,gk lma pasti nukik klau vangsit killer zdh nongol alias macan yen wes tangi seko turune hahaha

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: