Lanjut ke konten

CBR 150 R Sokong Penetrasi Honda di Kelas 150cc

25 September 2011


CBR 150 R (ist)

YAMAHA harus waspada. Sekalipun Yamaha tetap teratas di segmen sepeda motor sport kelas 150cc, namun penetrasi Honda tidak main-main di kelas tersebut. Duet Honda New Megapro dan CBR 150 R tak bisa dianggap remeh. Belakangan, kehadiran CBR 150 R cukup memberi andil bagi Honda.
Pada Januari-Agustus 2011, pangsa pasar Yamaha di kelas 150 cc, merosot drastis, yakni menjadi sekitar 53,26% dibandingkan periode sama 2010. Sedangkan Honda di posisi kedua, justeru mampu mendongkrak pangsa pasar, yaitu dari sekitar 3,51% menjadi sekitar 33,58%.
Serbuan produk Honda memang bisa ditahan oleh Yamaha. Kita tahu, Yamaha masih mengandalkan Vixion yang kontribusinya amat signifikan terhadap Yamaha. Vixion berduet dengan Byson yang mulai merangsek pasar pada September 2010.

Kini, dalam rentang delapan bulan 2011, Vixion menguasai sekitar 44,08%. Rival utamanya adalah New Megapro yang menguasai sekitar 33,13%.
Ke depan, bukan mustahil CBR 150 R bakal bisa berbicara banyak. Untuk periode Januari-Agustus 2011, sekalipun CBR 150 R baru masuk pasar pada Februari 2011, sudah mengantongi pangsa pasar sekitar 0,45%.
Sementara itu, anggota Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (Aisi) lainnya yang bermain di kelas 150cc adalah Kawasaki. Berbeda dengan Yamaha dan Honda, produsen yang satu ini masih mengandalkan mesin dua tak. Sedangkan Honda dan Yamaha bermain dengan empat tak.

Pangsa pasar Kawasaki tampaknya juga harus mewaspadai penetrasi Honda di kelas 150cc. Sekalipun, Kawasaki bermain di kelas tersendiri. Kawasaki mengantongi sekitar 13,16% pangsa pasar kelas 150cc. Angka itu melorot jika dibandingkan periode sama 2010 yang masih sebanyak 19,29%. (edo rusyanto)

19 Komentar leave one →
  1. EXYBAND permalink
    25 September 2011 03:59

    MS sport honda trendnya terus naik sedangkan kompetitor sebelah terus meosot.
    hmmm… bener2 harus diwaspadai nih..

  2. 25 September 2011 05:01

    Siip..

  3. 25 September 2011 05:02

    Suup..

  4. 25 September 2011 05:03

    Mantabs…

  5. Zunawan permalink
    25 September 2011 05:41

    Pasar lg rame

  6. 25 September 2011 06:44

    Waspadalah!

  7. 25 September 2011 06:48

    Kalau harga CBR bisa di bawah 30 jt?

  8. 25 September 2011 06:56

    terlihat dari grafik, Honda sudah bisa ngambil porsi Yamaha dan Kawasaki, spertinya Honda di 2011 bener-bener lagi ngamuk ya mbah?segmen entry level juga gitu mbah?

    http://beckhem.wordpress.com/2011/09/25/vixion-2012-harusnya-jangan-cuman-ganti-stripingwarna-doang/

  9. 25 September 2011 08:58

    waspadalah.. waspadalah..y

  10. agoey permalink
    25 September 2011 11:47

    harus ada lawan sepadan si CBR 150 dengan harga dibawahnya… 👿

    http://agoey.wordpress.com/2011/09/24/yuk-pilih-motor-sesuai-postur-tubuh/

  11. raya permalink
    25 September 2011 12:43

    yang mulai masuk februari 2011 bukannya cbr250? cbr150 kayaknya baru satu-dua bulan lalu launchnya..

  12. Rollerman permalink
    25 September 2011 12:54

    hmmmm kalo penjualan CBR 150 melebihi Byson,baru lha Yamaha patut waspada (untuk saat ini)

  13. jabul2 permalink
    25 September 2011 14:23

    sulittt…… vixion masih raja bahkan di daerah… waktu pulkam ke pekalongan .. vixion wara wiri dari yang tua ampe yang muda.. nmp.. jarang banget…. vixion dan fu jadi motor idola… namuuun tetep aja anak2 muda disana kalo dah pada ngumpul motor itu nyebutnya masih honda…. anak muda loh yang bilang….

  14. 25 September 2011 15:30

    Salam hangat mas edo

    justmyimage
    bila pbrikan ktm duke jdi di boyong bai ..bkalan rame market sport 150..
    Nitip paket mas edo
    http://justmyimage.wordpress.com/2011/09/25/force-major/
    maturnuhun

  15. 25 September 2011 19:28

    Yang perlu diwaspadai jika AHM bener2 meng CKD kan cbr 150,dan tentu harga bisa
    ditekan.Apalagi kalo cbr dibandrol mendekati vixion.
    Gak kebayang apa jadinya nanti…………………………..
    Karena kita tau apapun yg diinginka honda,semua bisa terlaksana.
    Ingat honda punya segalanya beda dngn yamaha.
    Jadi kalo sekarang honda mulai merangsek itu baru permulaan aja…..
    WASPADALAH WASPADALAH…………

  16. DMS78 permalink
    26 September 2011 07:19

    Betul gan honda udh mulai naik palagi kl vixion killer udh turun yamaha & kawasaki ga bs tinggal diem kl mo maju,mo go mo hrs nurunin jagon barunya kl ga kelaut aja

  17. Gomer christanto permalink
    14 Oktober 2011 12:57

    Kl harga new Cbr 150R sama dgn vixion…hari ini jg gw bakal inden….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: