Lanjut ke konten

Mengintip Kekuatan Honda CS1

18 Agustus 2011
tags:

HONDA CS1 masih berkibar. Produk sepeda motor PT Astra Honda Motor (AHM) yang satu ini, bagi saya, cukup unik. Kesinambungannya tampak dijaga ketat oleh sang produsen, sekalipun fluktuasinya amat tajam. Bahkan, motor yang digolongkan oleh AHM sebagai motor sport, cenderung terus menurun penguasaan pangsa pasarnya.
Jika tidak keliru, dalam catatan saya, motor yang dibalut mesin 125cc ini, mulai menjajal pasar pada 2008. Tahun itu, Honda CS1 cukup bersinar. Pangsa pasarnya mencapai sekitar 16,75% di segmen motor sport.
Pada 2008, AHM punya dua peluru tajam di lini motor sport, yakni Honda Megapro 160cc dan Honda Tiger 200cc. Tahun 2008 pula, keperkasaan AHM masih kokoh di lini motor sport, sedikitnya sebesar 34,33% yang direngkuh AHM atau Honda.

Kembali lagi soal CS1. Saya sempat kaget juga melihat data yang ada. Volume penjualannya anjlok pada 2009, yakni menjadi sekitar 19.600-an unit. Praktis pangsa pasarnya pun melorot menjadi sekitar 3,78%. Ada apa?
Melihat kondisi yang ada, manajemen AHM pun menyegarkan tampilan CS1 pada Oktober 2010. Upaya tersebut lumayan menahan potensi kejatuhan CS1. motor yang kini dibanderol Rp 17,275 juta per unit itu, akhirnya menutup tahun 2010 dengan sekitar 15.600-an unit. Praktis, pangsa pasarnya pun menurun menjadi sekitar 3,02%.

Kini, dalam tujuh bulan 2011, AHM mencatat volume penjualan sekitar 7.800-an unit. Artinya, rerata dalam tiap bulannya sekitar 1.100-an unit. Inilah angka pangsa pasar terendah yang ditorehkan CS1 dalam empat tahun terakhir, yakni sekitar 1,51%.
Mungkinkah selera konsumen di Indonesia untuk segmen motor sport sudah bergeser ke kelas 150cc? Maklum, motor sport 125cc besutan Suzuki pun mengalami nasib serupa. Penurunan pangsa pasar. Atau ada faktor lain yang membuat Honda CS1 sulit menggeliat seperti produk-produk sport AHM lainnya? Ada yang tahu? (edo rusyanto)

67 Komentar leave one →
  1. 18 Agustus 2011 02:12

    imho masyarakat kita masih belum siap dikasih desain yang futuristik. Kembali lagi ke pola pikir masyarakat kita juga.

  2. 18 Agustus 2011 03:08

    Cuma bebek aja pakai diaku-aku sport oleh AHM..ini jelas Pembod……….

    Belum lagi harga mahal, tapi value minim..

    Kalau mau survive, ganti dulu form factor nya jadi motor sport tulen..!! Enjin udah bagus tuh.. DOHC 125cc

    • Bautista permalink
      18 Agustus 2011 08:18

      sakit hati ngak pernah di undang ahm yah …kasian deh lu ngak pernah dianggap 😀

    • ricky_nurdin permalink
      18 Agustus 2011 09:31

      tapi hebat lho Honda bisa menorehkan sejarah baru,yakni membuat motor sport dg tangki dbawah Jok.hahahahahahah

      motor sport kok tangkinya dbawah jok,satria FU aja yg 150cc DOHC shock depan udah kayak motor sport aja masih ngaku BEBEK,ehh ini CS1 malah ngaku2 motor SPORT

      NGIMPII!!!!

      • 23 Oktober 2012 07:25

        percuma le motor piksen ya5ha satria su2ki banter tpi g irit,, seng di golek,i banter irit slamet insya allah ya cs1 towwwww,,,,,

        ayo di jajal tandeng balapan cpo seng duwe piksen kro gonaku cs1 le menang piksen tak ke,i duwek seket ewu itong2 shodaqoh tpi persyaratane yo kuwi banter irit slamet,, le banter ora irit yo emoh
        percuma le banter borooooos ,, ora cepet sugeh now aku,,,,,,,,,,,,,,,,,,,aku yo pengen sugeh je,,,,,,,, jadi mileh motor seng iriiiiiiiiiiiiiiiiiiiit

    • Ebony permalink
      18 Agustus 2011 09:48

      Weleh… weleh… weleh………nak gendut… nak gendut…..
      ngaca dulu nak…….

      Ini salah satu Blogger yang paling anti AHM dan paling banyak BC ke AHM, mana ada di anggap ama AHM. Masih lumayan si Saranto yang boikot tapi kagak BC ape2.

      Katanya sich blogger netral tapi lihat tulisannya condongnya kemana???

      Semua juga sdh tahu gaya mu Nak Gendut, Hentikan gaya2 premanisme mu Nak gendut.

    • apapunmotormukitasaudara permalink
      18 Agustus 2011 14:57

      @bennythegreat, sombong amat loe ben! banyak bacot! kayak yg paling pinter! gw baca tulisannya banyaknya kritik dan omong doank! basi dan lebay!

    • fore permalink
      18 Agustus 2011 18:47

      perasaan mesin cs1 masih SOHC deh cmiiw

    • atar permalink
      18 Agustus 2011 19:20

      Cs1 =motor banciiiiiii

      • 18 Agustus 2011 23:12

        Beny bacot gak usah di gubris..
        tuh orang dah kaya dari dalam kandungan, makanya sombongnya minta ampun !!!

      • Sams permalink
        19 Agustus 2011 09:14

        Motor banci tapi bisa dengan mudah ngasapi Byson & NMP, Jadi siapa yang banci???

        • 19 Agustus 2011 16:11

          ente yang banci
          klo cs1 berasap berarti tuh motor dah rusak dong hahaha…

      • andi permalink
        19 Oktober 2011 09:30

        motor gua vixion bro, gila tu cs1 maren gua ajakin betot gas gua malu bisa kekejar, gua skrg dah mutusin punya vixion ma cs1, gua nyoba punya temen gua jg yang msih standar gua betot bareng njmx temen gua yg satunya si jupimx ketinggal jaohhh…. gua ngimpi punya fu ato cs1 tpi ya menurut gua skrg gua mo ambil cs1 knapa krn irit nyaman terlebih buat rebah n top speednya gx kalah ma cc besar…manteb lu pd musti nyoba dlu sebelum komentar, tu motor kaya cb 100 lok kalian gx percya liat saja beberapa thun kdpan ato kalo dah di stop produksinya baru kalian pada nyari tu si cs1, jgn ngatain cs1 banci, n jgn anggap kalian laki tulen kalo lu pada masih nantangin cc 125 yang lo anggap krempeng n lu bkal malu pastinya nanti…sory bro cma masukan yg dah gua alami..

    • vegadeth permalink
      20 Agustus 2011 06:58

      setuju pembodohan, kaya FBH yg selalu melakukan pembodohan. mereka lupa org kita banyak yg pinter. udh gagal mash aja dibela.

  3. snalpot99 permalink
    18 Agustus 2011 03:30

    @ om benny
    perasaan CS1 yg tak pakai mesin SOHC deh :mrgreen:

  4. 18 Agustus 2011 03:45

    Pilih satria nya donk

  5. Nobita permalink
    18 Agustus 2011 05:05

    bukan kategorinya, tapi modelnya yang bikin gak laku…..

  6. satrio permalink
    18 Agustus 2011 05:31

    bentuknya nanggung…..crossrunner aja sekalian

  7. EXYBAND permalink
    18 Agustus 2011 05:54

    msyarakat kita kebih suka bebek konvensional model revo, hsx dan najiz.

  8. 18 Agustus 2011 06:02

    najiz najiz yo dicontek,

  9. Nobita permalink
    18 Agustus 2011 06:43

    cs1 dohc….???? ❓ hahahahahahaha……..

  10. arsenal permalink
    18 Agustus 2011 07:11

    @thole.
    mosook.yakin najiz yg d contek?yg bener le?

  11. yahonsuwakanja permalink
    18 Agustus 2011 07:18

    disiapkan utk mayor-change
    calon pembunuh Vixion kah..? ?

    • andi permalink
      19 Oktober 2011 09:33

      motor gua vixion bro, gila tu cs1 maren gua ajakin betot gas gua malu bisa kekejar, gua skrg dah mutusin punya vixion ma cs1, gua nyoba punya temen gua jg yang msih standar gua betot bareng njmx temen gua yg satunya si jupimx ketinggal jaohhh…. gua ngimpi punya fu ato cs1 tpi ya menurut gua skrg gua mo ambil cs1 knapa krn irit nyaman terlebih buat rebah n top speednya gx kalah ma cc besar…manteb lu pd musti nyoba dlu sebelum komentar, tu motor kaya cb 100 lok kalian gx percya liat saja beberapa thun kdpan ato kalo dah di stop produksinya baru kalian pada nyari tu si cs1, jgn ngatain cs1 banci, n jgn anggap kalian laki tulen kalo lu pada masih nantangin cc 125 yang lo anggap krempeng n lu bkal malu pastinya nanti…sory bro cma masukan yg dah gua alami..

  12. Bautista permalink
    18 Agustus 2011 08:18

    dijamin artikel ini fby pada bergentayangan 😀

  13. Nobita permalink
    18 Agustus 2011 08:29

    cuma laku 1100 unit perbulan….????? hahahahaha…
    kayaknya waktu baru brojol nih motor bisa terdistribusi 18 ribu-an di 3 bulan pertama, abis itu langsung terjun bebas….

    • Bautista permalink
      18 Agustus 2011 13:13

      masih mending cs1,karena mang tidak ada target menggebuk market apapun ..dan juga tidak makan line produksi ahm juga ..ahm masih makmur2 aja tuh.

      yang parah yah xeon (udah makan line produksi , punya target besar gebuk vartech) tapi tetep malah kelelep ngak laku …padahal produk baru ini sudah diagung2kan ymki bakal jaya , dgn cc lebih besar dgn harga sama dgn vartech…wkwkwkwk …kacian tuh xeon bakal jadi nouvo kayaknya 😀

  14. 18 Agustus 2011 08:42

    ayo cs-1 150cc

  15. GrandV permalink
    18 Agustus 2011 09:35

    Model motor ini memang ‘thailand’ banget, sampai mirip ayam jago gitu. Barangkali engineer-nya terpengaruh orang sana kali yak. Dari awal launching juga sudah bikin kontroversi. Tapi ndak papa, biarlah AHM bereksperimen dengan selera konsumen Indonesia, daripada pabrikan sebelah malah cuma ganti striping doang.

    • andi permalink
      19 Oktober 2011 09:36

      gua denger2 tu cs1 digarap 3 negara yakni thailand jepang ma indo… manteb tu

  16. Andi Prabowo permalink
    18 Agustus 2011 09:46

    Maaf neh Eyang Edo,q mau tanya soal pembayaran pajak motor:

    Apakah pembayaran pajak motor itu berdasarkan kubikasi mesin ato kah berdasarkan tipe (matik,sport,bebek) dan kubikasi mesinnya??

    yaa lebih mudahnya apakah beda harga pajaknya motor sport 125cc dengan bebek 125cc??

  17. assassin permalink
    18 Agustus 2011 11:02

    siluman…..

  18. dudung59 permalink
    18 Agustus 2011 14:23

    cs1 mah thn 2008 mungkin tahun depan…
    kalo tahun ini mah cs27

  19. Nobita permalink
    18 Agustus 2011 17:58

    belalang tempur ueelek tenan…..

    • Bautista permalink
      19 Agustus 2011 08:54

      masih mending dari pada siluman klingon :mrgreen: udah berkali2 di revisi tapi malah jadi jueleek abis (orang2 yang desain tuh memang kualitet kw2 , udah dikasih kesempatan berkali2 revisi tapi malah jadi klingon :mrgreen:) si klingon..udah lebih baru , udah cc lebih gede di tambah lagi harga lebih murah dari tiger ..tapi tetep aja ngak laku 😀

      • Rollerman permalink
        25 Agustus 2011 15:51

        jika Scorpio lebih jelek dari TIger maka penjualan Tiger lebih baik dari Scorpio = BENAR

        Jika CS1 lebih bagus dari Scorpio,maka penjualan CS1 lebih baik dari SCORPIO = Kok SALAH??berarti..

        Jika CS1 lebih jelek dari Scorpio,maka penjualan CS1 lebih BURUK dari Scorpio = baru BENAR

  20. wong ndeso permalink
    18 Agustus 2011 21:16

    belum prioritas untuk diganti… ngasi jatah buat suzuki…dan suzuki bukan saingan bebuyutan ahaem… targetnya yeemkai dulu, kalo semua pasukan yeemkai sudah digebuk, mungkin baru suzi incaran selanjutnya…

    • andi permalink
      19 Oktober 2011 09:39

      si fu noh dr dulu saudara beda ibu tapi embahnya sama, pernah dgr raider, satria, n sonic…nah si sonic skrg jd cs1

  21. iwanbanaran permalink
    18 Agustus 2011 21:25

    Nyomot datanya eyang Edo. Maturnuwunnnn…..

  22. 20 Agustus 2011 23:58

    cs1, produk gagal yg masih terus di bela, kenapa? Karena dah keluar uang banyak hehehe… Jadi harus terus dipertahankan… Kasian…

    • yadi permalink
      22 Maret 2013 13:58

      ga gitu jg pak,,
      dibilang produk gagal karna penjualan nya menurun?
      masyarakat indonesia lebih memilih cc dibanding kualitas..
      buat sy cs1 terbaik dari smua nya..hanya ada bbrp kekurangan tapi gda yg sempurna pak,,
      sy jamin para pengendara cs1 puas dengan harga+performa ny..

  23. yang ga setuju maho permalink
    21 Agustus 2011 16:01

    model crossover nangung, ya ahm payah,, kalo mau model crossover tuh harus bisa melibasjalan mana aja,, bukan cuma buat ajang kebut2an… payahh

  24. 4201journey permalink
    23 Agustus 2011 08:58

    Maaf ikutan nimbrung.
    Mesinnya bagus, sayang modelnya ga diterima, kayanya lbih laku kawasaki athlete ya…..

  25. ekranoplane permalink
    19 September 2011 00:02

    beuh, pengamat memang pengamat. kami mengacu pada info yang anda berikan. thanks my bro.

    Share all about honda cs1
    http://hcstindonesia.blogspot.com/

  26. ichwan permalink
    3 Desember 2011 23:21

    om mau tanya kenapa bagian bawah block mesin cs1 saya berasap klo kena air (hujan) gak kya motor lain sepeerti biasanya ??mksh

  27. Abu hauna nafi'a permalink
    13 Desember 2011 22:41

    cs1 bagus n bandel.mungkin masalah bentuk kali ya sering malu dikatain banci sm temen2.klu masalah pribadi sy dgn cs1 yg terlalu ceper sering mentok polisi tidur.btw gmna ya supaya cs1 sy gak mentok polisi tidur pdhal ban sdh diganti yg lbh tinggi

  28. one HEART permalink
    22 Januari 2012 18:42

    body cs1 boleh lh loe blg banci. Tp kalau soal mesin jgn prnah loe pandang sebelah mata. Mx z kelenger lawan cs1 pdahal mesin new Mx 135cc 4 klep 5 speed, smentara cs1 yg 125cc, 2 klep, 5 speed. Jd siapa yg patut dibilang banci, mx cuma nipu pelanggan. Tahun 2012, yamaha bkalan bertekuk lutut trhadap honda, 2012 honda bkal ngeluarin 7 motor, slh satuny vixion killer, revisi cs1, vario 125, sama next tiger 250, smuany bkalan pgm-fi.
    Mampus lo yamaha, bkalan gulung tikar loe

  29. Leo Krenyes Krenyes permalink
    24 Februari 2012 23:05

    CS1 OFF
    SONIC ON

  30. 29 Februari 2012 01:08

    pancen pekoleh cs1 aku ra ngapusi….sumpah

  31. 7 Juni 2012 20:57

    MY LIFE IS CS 1
    I LOVE HONDA
    ONE HEART
    YANG LAIN HANYA BISA SIRIK DAN OMONG KOSONG…!!!

  32. 23 Oktober 2012 07:10

    percuma le motor piksen ya5ha banter tpi g irit,, seng di golek,i banter irit slamet insya allah ya cs1 towwwww,

  33. 23 Oktober 2012 07:14

    ayo di jajal tandeng balapan cpo seng duwe piksen kro gonaku cs1 le menang piksen tak ke,i duwek seket ewu tpi persyaratane yo kuwi banter irit slamet,, le banter ora irit yo emoh
    percuma le banter borooooos ,, ora cepet sugeh now aku,,,,,,,,,,,,,,,,,,,

  34. baker's riderhood permalink
    17 November 2012 20:36

    Sharing ya bro..
    Gw udah habiskan tahun pertama menggunakan hcs1, diakui utk sekelasnya masih yang terbaik.
    Memasuki th kedua ini, cs1 masih action dgn performanya sejak lahirnya sonic dulu, sedangkan kompetitor harus berkali2 revisi utk berusaha diatas hcs1 ini. Suzuki dgn raider hingga fu150nya, Yamaha dgn tiara hingga 2 generasi njmx nya, bahkan Kawasaki mencoba tapi blm berhasil membuat saingan dlm performa tanpa perbedaan harga yg jauh.
    Utk yg satu ini, ide Honda dlm penyegaran design termasuk ide brilian, hanya saja memang masyarakat terlalu mudah terprovokasi oleh api kecil, besar gengsi dan condong berbudaya alay.
    Hanya sedikit yg berani berkomen secara fair. Sisanya berkomen berdasar pengalaman yg masih secuil gara2 baru punya atau baru ngerasain pakai 1 merk bahkan tipe motor tertentu. Padahal kita punya gara2 dibeliin ortu, ato beli kredit sesuai kemampuan, jadi ikut rame2in komen ga mutu aja, budaya kroyokan.. kalo sendirian mana berani, kalo ga dibalik komputer juga ompong..

    Piss!
    Tetap, Setelah merasakan pengalaman ga sebentar bersama supra v teman kantor, supra fit motor pertamaku, satria 120 si lumba2 dan si hiu teman kantor, megapro kakak, Jupiter z teman Kantor, thunder 125 inventaris kantor, Jupiter mx dan vixion inventaris Kantor, satria fu 150 teman Kantor, cbr 150 lama teman Kantor, shogun ipar, pilihanku untuk motor kedua memang untuk Honda cs1. Untuk kelasnya, tetap yg terbaik. Belum naik kelas loh seperti kompetitornya.

    Cukup bijak rasanya, memilih kendaraan yg sesuai dengan kebutuhan keseharian tanpa lupa dengan fitur dan performanya.
    Dan, kalo lagi pengen tetep yahud diajak ngebut. Lebih asik kalo joki lawan cukup matang dan sportif, bukan tua2 alay. hehe..

    Trims bro utk spacenya.
    Salam.

    • Anak kecil permalink
      22 Agustus 2013 21:16

      Maaf Pak Ko Ninja belum disebutin emang teman kator babak ga ada Ninja tu yang lain pada ngiri Ada GSX 150, GSX-r 600 ada CBR 1000 cc ada YZF-R6 ada MV Agusta F-4 ada Desmocedici RR ada Yamaha F1 ada Hayabusa. bapak ga adil deh.. mohon dong sebutin.

  35. hara sirait permalink
    14 Desember 2012 21:54

    CS 1 built for speed. .

  36. Joki Tua permalink
    22 Agustus 2013 21:02

    cintaku terhadap penyadang produk tak sebesar cintaku terhadap INDONESIA ku daripada bela-belain yang tidak mengutungkan tuk diri pribadi lebih baik bela tanah air tercinta.
    semua produk punya kelebihan.

    Cs1 salah satu motor yang langka karena dengan cc 125 dapat menghasilkan daya sekitar 12 PS namun perlu diingat jangan pernah menyamakan atau membandingkan antara cs1 dengan Vixion atau FU atau scorpio. karena vixion 2013 berdaya sekitar 16.5 PS Satria FU sekitar 16 PS dan scorpio sekitar 19 PS jadi menurutku wajar kita membagakan yg disukai tapi jangan mengada-ada atau melecehkan sebuah produk supaya tidak memecah belah saudara, dan yg perlu diingat tu yang wajib dibela tanah air kita Indonesia bukan Honda, Yamaha, Suzuki atau Kawasaki sekarang berfikir jernih kempat produk itu punya kelebihan masing2 dan sudah teruji. Terima Kasih.

  37. core permalink
    26 Agustus 2015 12:05

    Menurut gw loe harus coba dulu cs1 baru coment ini itu,banci lah ini lah itu lah,..gw dah buktiin cs1 gw mampu ngentutin si vixi ame si satrio,..jadi ya yg pisitiv aja bro coment nya,bukan gw jelekin motor yg lain,tapi ini pengalaman pribadi gw..

  38. 25 April 2016 23:57

    gak nyesel saya beli cs1 meskipun second. enak banget dibawa touring, cuma 3 liter pulang balik padang-bukittinggi.

    yg ngatain motor banci gak pernah ngerasain naik cs1 ya? hahaha

Trackbacks

  1. Penjualan Honda CS1 anjlok drastis!!!…masih kekeh nggak mau revisi??… « Iwanbanaran's Blog
  2. Domba garut pun akhirnya akan disembelih…. « Mesin4tak
  3. Sonic Reborn,, Termasuk Segmen Sport atau Segmen Bebek….?? Terus Honda MSX 125 Gimana….?? | mansarpost

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: