Lanjut ke konten

Jurus ATPM Merayu Pemudik

13 Agustus 2011


foto:fajar

KENALILAH konsumenmu maka mereka tak akan lari darimu. Itu mantera dari suhu pendito semprul ketika saya tanya apa yang mesti dilakukan buat memenangi hati calon konsumen. Tapi ada benarnya juga yah. Kan tak kenal maka tak sayang, jika tak sayang mana mungkin memiliki.
Di tengah musim arus mudik Lebaran 2011, para agen tunggal pemegang merek (ATPM) sepeda motor juga sedang merawat loyalitas konsumen. ATPM sebesar PT Astra Honda Motor (AHM) tentu sudah super kenal dengan karakter konsumennya. Begitu juga PT Yamaha Motor Kencana Indonesia (YMKI). Jurus yang dipakai untuk merawat hati konsumen adalah dengan menggelar program mudik bareng, bahkan AHM memadukan mudik dan balik bareng.
Mengapa begitu penting merawat hati konsumen di moment Lebaran? Para ahli marketing pasti bisa menjelaskan secara ilmiah. Kalau dari kacamata saya, konsumen bakal kian cinta ketika kebutuhannya terpenuhi. Salah satunya adalah kebutuhan bisa mudik bareng dengan biaya super terjangkau. Malahan, bisa menikmati sejumlah fasilitas layanan dan hadiah-hadiah menarik. Nah, namanya orang jatuh cinta, apa saja pasti diperbuat untuk menjaga sang buah hati.


foto:dok ahm

Bagi produsen, ajang Lebaran menjadi satu moment pemasaran yang kolosal. Jutaan mata bakal menatap umbul-umbul atau posko-posko yang didirikan di pinggir jalan. Logo korporasi dan merek produk pun kian mentereng. Di sisi lain, tersalurkan juga niat program sosial perusahaan. Pokoknya lengkap deh.
Dari sudut keselamatan jalan, rasanya program mudik bareng yang memanfaatkan truk untuk mengangkut sepeda motor pemudik, dan bus untuk mengangkut pemudiknya, sebuah langkah yang patut diacungi jempol. Semakin banyak pemudik yang memanfaatkan angkutan bus dan kendaraan non-sepeda motor, semain banyak pula risiko potensi kecelakaan yang direduksi. Maklum, bersepeda motor untuk jarak ratusan kilometer, lebih berisiko ketimbang menggunakan kendaraan roda empat atau lebih. Selain rasa letih dari pemotornya, kondisi jalan dan cuaca bisa memperlebar potensi kecelakaan.


Asra Honda Motor

• Mudik Bareng Honda (MBH) memakai dua rute, yaitu Jakarta-Semarang dan Jakarta-Yogyakarta pada 26 Agustus 2011.
• Diharapkan diikuti 1.250 sepeda motor (diangkut 25 truk) dan 58 bus penumpang untuk para pemudik Honda arus mudik dan arus balik.
• Selama 26 Agustus hingga 2 September, menyediakan Posko bagi semua pemudik sepeda motor dari Lampung hingga Bali sejumlah 42 lokasi Bale Santai Honda (BSH), yang terdiri dari 18 Posko yang beroperasi 24 jam nonstop dan 24 AHASS Siaga yang buka selama 16 jam dengan jam operasi dari jam 07.00 hingga 23.00 setiap harinya.


Yamaha Motor Kencana Indonesia

• Kegiatan yang digelar 26 Agustus 2011 itu dinamai Mudik Asik Bareng Yamaha dengan menyediakan 10 truk dan 20 bus dengan target 1.000 pemudik.
• Rute mudik jalur selatan Yogyakarta dan jalur utara Semarang.
• Pemudik bayar iuran Rp 50 ribu per orang dengan fasilitas snack, jasa service, doorprize, t-shirt, dan asuransi kecelakaan.
• Yamaha juga menyediakan 40 bengkel jaga dan 16 posko mudik selama 25 Agustus sampai 4 September 2011 di sepanjang jalur mudik. Di pos jaga ini pemudik dapat menikmati fasilitas berupa service area, spare part area, apparel dan display area, waiting room area, rest area, parking area, musholla area dan satu lagi fasilitas yang akan memanjakan para pemudik yang kelelahan yaitu disediakannya kursi pijit di pos jaga Yamaha.


Suzuki Indomobil Sales

• Tidak ada mudik bareng, tapi menggelar program ”Suzuki Peduli Konsumen, Mudik Lebaran 2011” salah satu wujudnya adalah berupa ”Paket Service Khusus Mudik Lebaran”, 13 – 19 Agustus 2011 di 57 bengkel resmi Suzuki di wilayah Jakarta, Bogor, Tangerang, Bekasi, Depok, Serang, Banten dan Cilegon.
• Konsumen bayar Rp 55.000 dapat paket service rutin, ganti oli 800 ml untuk type underbone,1.000 ml untuk matic, peta mudik, general check up, voucher discount oli untuk service selanjutnya dan souvenir selama persediaan masih ada, sedangkan paket untuk type matic hanya Rp. 5.000 lebih mahal dibanding dengan type underbone.

TVS Motor Company Indonesia

• Tidak ada mudik bareng, hanya menggelar “Gebyar Servis TVS-Lebaran 2011”, 18-20 Agustus 2011, pk. 08.00 – 16.00 (atau disesuaikan dengan jadwal buka bengkel dealer resmi).
• Semua pemilik sepeda motor TVS dapat menikmati diskon 50 % untuk jasa servis dan diskon 20% untuk pembelian suku cadang dalam rangka persiapan mudiknya di lebih dari 100 jaringan bengkel resmi TVS Motor di seluruh Indonesia; Nanggroe Aceh Darussalam, Sumatera Utara, Riau dan Kepri, Bengkulu, Lampung, Jabodetabek, Jawa Barat, Jawa Tengah dan DI Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat dan Tenggara, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah dan Sorong.
(edo rusyanto)

4 Komentar leave one →
  1. karis permalink
    13 Agustus 2011 05:09

    Mudik seperti ini cuma org yang tinggal di JKT yang merasakan, kita yang di daerah cuma bisa ngimpi hehehe…
    http://karisnsz.wordpress.com/2011/08/13/kenapa-harus-india-kenapa-bukan-indonesia/

  2. 13 Agustus 2011 09:05

    Jurus yg patut di acungi jempol buat para ATPM, kalo diliat dari sisi konsumen, hal ini memang sangat membantu konsumen. Dan yg plg ptg mudik bareng menggunakan truk & bis bisa mengurangi resiko kecelakaan. mantaabs bwt para ATPM.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: