Lanjut ke konten

Inilah Wilayah Populasi Motor Terbesar di Indonesia

4 Agustus 2011

TAHUKAH Anda provinsi mana di Indonesia yang memiliki populasi sepeda motor terbesar? Nah, saya coba menelusuri berdasarkan data registrasi Kepolisian RI. Artinya, sepeda motor yang memiliki pelat nomor dan sah beredar di wilayah hokum Indonesia.
Hasilnya, ini dia 10 wilayah populasi motor terbesar hingga akhir tahun 2010. Jawa Timur (Jatim) merupakan wilayah yang tertinggi, yakni sekitar 9,10 juta unit. Sedangkan DKI Jakarta berada diposisi kedua yakni sekitar 8,76 juta unit.
Di belakang Jakarta adalah Jawa Tengah (8,29 juta), Jawa Barat (3,82 juta), Sumatera Utara (3,47 juta), Sumatera Selatan (3,42 juta), Riau (2,70 juta), Bali (2,05 juta), Sulawesi Selatan (1,78 juta), dan Kalimantan Tengah (1,65 juta). (lihat grafik satu)

Di Jatim, selaku wilayah paling banyak populasi motor, komposisi antara motor dengan mobil bak bumi dengan langit. Jumlah motor mencapai sekitar 87,40%, sedangkan mobil hanya sekitar 12,60%. Oh ya, kategori mobil tersebut merupakan gabungan dari seluruh jenis, seperti mobil penumpang dan mobil barang, serta bus. Total populasi kendaraan di Jatim berdasarkan data Korps Lalu Lintas (Lantas) Polri mencapai sekitar 10,41 juta unit.
Jakarta yang merupakan wilayah kedua terbesar populasi sepeda motornya di Indonesia, ternyata komposisi motor mencapai sekitar 73,05%, sedangkan mobil sekitar 26,95%. Korps Lantas Polri menyebutkan, populasi kendaraan sekitar 11,99 juta unit pada akhir 2010.

Selain di Jatim dan Jakarta, di delapan provinsi lainnya, komposisi antara motor dan mobil juga didominasi oleh motor. Sebut saja misalnya di Jateng, yakni motor (86,79%) dan mobil (13,21%). (lihat grafik dua)
Tampaknya sepeda motor masih menjadi alat transportasi utama bagi penduduk di ke-10 provinsi tersebut. Mungkin salah satunya dipicu oleh belum maksimalnya moda transportasi massal umum yang tersedia di kota-kota tersebut. Tentu saja, faktor yang amat mendorong adalah amat mudahnya memperoleh sepeda motor. Bayangkan, cukup uang muka Rp 500 ribu, calon konsumen sudah bisa memboyong motor. Terjangkau kan? (edo rusyanto)

38 Komentar leave one →
  1. 4 Agustus 2011 11:25

    mari beramai2 macetkan jalan…
    horeeee

    • 4 Agustus 2011 23:04

      mariii.. :mrgreen:

    • arsenal permalink
      4 Agustus 2011 23:23

      mobil yang bikin macet

  2. 4 Agustus 2011 11:28

    Motor masih favorit, termasuk bagi saya.

  3. 4 Agustus 2011 12:09

    tambah macet dong !!!!!
    http://rc212vblog.wordpress.com/2011/08/04/renungan-jangan-blunder-bos/

  4. antisampah permalink
    4 Agustus 2011 12:35

    hasil lap 7 gmn Om?

    • 4 Agustus 2011 12:37

      Belum kumpul neh, smoga dalam pekan ini lengkap deh.

  5. 4 Agustus 2011 12:39

    kalau ada pabrikan masih memakai dp 500rb itu namanya pembodohan otomotif

  6. 4 Agustus 2011 12:42

    kalau data konsumen iseng ada gak mas Edo

    http://oto.detik.com/read/2011/08/01/171918/1694131/1207/dp-kredit-kendaraan-dinaikkan-untuk-kurangi-konsumen-iseng

    • 4 Agustus 2011 12:44

      Hehehehehe…memang ada usulan dari otoritas untuk menaikkan DP.

  7. 4 Agustus 2011 13:00

    wah emang ada yach konsumen iseng ?????
    http://rc212vblog.wordpress.com/2011/08/04/akankah-yamaha-kalah-telak-tahun-ini/

  8. 4 Agustus 2011 13:58

    Jatim terbanyak, tapi kok jalur Jabar/Jkt yang lebih sering macet oleh motor (kata yg sirik ama biker/motor).. apa yang jatim belum terekspos ?

    nitip om

    http://boerhunt.wordpress.com/2011/08/04/gonjang-ganjing-cash-back-and-hadiah-milarder/

  9. 4 Agustus 2011 14:04

    puantesss di JATIM Honda ngebut banget

  10. 4 Agustus 2011 14:06

    Jatim provinsi biker

    nitip artikel sefti :
    http://smartf41z.wordpress.com/2011/08/04/jebakan-maut-pembatas-jalan/

  11. ヤマハ を つぶす! permalink
    4 Agustus 2011 15:18

    sip jawa sumatera udah di hajar sama honda…sisanya mulai naik tinggal tunggu bomnya

  12. 4 Agustus 2011 15:49

    @Boerhunt
    Wilayah Jatim lebih luas bro.

  13. dara permalink
    4 Agustus 2011 16:04

    Pantes aja neh..
    Jatim dikuasai Honda
    DKI ama Yamaha..
    Ayoo Suzuki dan kawasaki berjuang

  14. 4 Agustus 2011 20:50

    Siiipp Jatim memimpin. :mrgreen:
    http://ndhyndha.wordpress.com/2011/08/04/sendiri-atau-berdua/

  15. 5 Agustus 2011 00:16

    jogja + jateng jd 1 yaa ??

    http://motoisme.wordpress.com/2011/08/05/moto-gp-seri-jepang-dapat-lampu-hijau/

    • 5 Agustus 2011 00:38

      Terpisah bro. Trims

  16. 5 Agustus 2011 10:53

    Ngeri juga jatim ternyata yang paling banyak motor …pantesan aza jadi sering macet nih

  17. 5 Agustus 2011 17:24

    https://meinsymbian.wordpress.com/2011/07/31/trik-internet-gratis-opera-mini-telkomsel-akhir-juli-agustus-2011/

  18. 6 Agustus 2011 13:52

    Yes, you are right, termasuk juga DP 500 ribu ……. Ini yang membuat “kacau” he he he

    • 7 Agustus 2011 20:13

      DP 500, denga discount angsuran 3 bln…gilaaaa… di jakarta dan sekitarnya…. bekasi mungkin juga depok dan tangerang…. keluarga muda yang mapan dengan lokasi kerja terpisah, motor pasti dua, keluarga mapan punya anak pra remaja, minimal 2 dan pasti lebih kalau anaknya sudah SMA…. kalau dihalaman ada motor 3 atau empat, itu bukan tamu yang sedang berkunjung, tapi justru yang dua lagi belum pulang kandang….. DP 500….. bisa di beli tapi sim yang ga sampai 200rebu cenderung di abaikan….. 5 motor SIM 2.

  19. blog Reader say permalink
    6 Agustus 2011 16:38

    Pantes aja jakarta prah bngt macetnya….. apalgi luas jakarta kecil dbandingkan provinsi lain.

  20. 7 Agustus 2011 16:01

    Mohon pencerahannya Mbah di :

    http://storyza.wordpress.com/2011/08/07/promo-undian-honda-nonton-langsung-motogp-di-sirkuit-sepang-malaysia/

  21. 7 Agustus 2011 21:56

    kasian jalannya, gak kuat nampung

  22. 9 Agustus 2011 14:29

    Populasi = jumlah per satuan luas.
    Jakarta tetap nomor 1 di dunia.

  23. superpaijo permalink
    29 November 2011 17:33

    yang bikin macet di jalanan itu mobil, bukan motor… setuju. Coba yang naik mobil suruh ganti naik motor, pasti jalanan lengan banget. Bandingkan bila para pengguna motor suruh ganti harus pakai mobil (anggap mobilnya ada), apa jadinya jalan raya.

    kadang suka bingun dengan jakarta, mau ngatasi kemacetan kog yang diutak-atik motor, mobil tuh diurus yang bener, dicoba niru singapore juga boleh, msalnya,
    – pajak progresif harus dinaikkan lagi
    – pajak saat beli mobil baru harus sangat mahal, karn artinya namba populasi kendaraan.
    – mobil yang boleh jalan sabtu & minggu saja pajaknya standard.
    – mobil yang boleh jalan di hari kerja pajaknya mahal
    – mobil yang boleh jalan 7 hari seminggu pajaknya sangat mahal
    platnomer dari polisi ada tandanya mobil boleh jalan hari apa saja

    Kalau memihak atpm sih , maunya tiap hari dagangan mobilnya kejual semua hehehe, masa bodoh kondisi jalan raya, mau gitu????

    ngurusi jakarta tahunan kog gak maju-maju seh, gak beres beres, CAPEK!!! BOSEN!!! GAK MUTU!!!

    hahhhh………..

  24. 14 Oktober 2012 14:48

    I will immediately clutch your rss feed as I can not in finding your
    email subscription link or newsletter service.
    Do you have any? Kindly let me understand so that I may subscribe.
    Thanks.

  25. 4 November 2012 20:52

    Terrific article! This is the kind of info that are meant
    to be shared around the net. Disgrace on the seek engines
    for not positioning this submit higher! Come on over and seek advice from my site .
    Thanks =)

  26. 5 April 2013 07:15

    boleh tau mas dapat data ini secara online atau bagaimana? kebetulan saya lagi butuh data provinsi yang memiliki jumlah sepeda motor terbanyak, terimakasih

  27. 3 Januari 2015 21:35

    ah penulis salah tuh,,,,coba d cek lagi ke samsat,,,,menurut data yg saya tau jabar ter banyak kedua jatim ketiga DKI

  28. 3 Januari 2015 21:43

    ah penulis salah tuh,,,,coba d cek lagi ke samsat,,,,menurut data yg saya tau jabar ter banyak kedua jatim ketiga DKI,,klo gk bisa ngecek ke samsat pake logika aja,,,jabar adalah prov dg jmlh KK/ Penduduk terbanyak,,,dan rata2 tiap rumah memiliki kendaraan 1-3 cba anda bisa hitung sendiri,,

  29. 25 November 2018 14:26

    harus pakai penghemat bbm mics racing fuel

Trackbacks

  1. Wilayah Populasi Motor Terbesar di Indonesia | Headline News
  2. Promo Undian Honda : Nonton Langsung MotoGP di Sirkuit Sepang Malaysia | STORYZA | blog
  3. Wilayah Populasi Motor Terbesar di Indonesia - Ceriwis - Indonesian Community

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: