Lanjut ke konten

Pengalaman Memaketkan Byson via JNE

1 Agustus 2011


foto:edo

BEBERAPA waktu lalu saya memaketkan sepeda motor Yamaha Byson dari Semarang ke Jakarta. Pengiriman tidak dilakukan oleh saya sendiri. Persisnya dipaketkan oleh rekan saya, bro Saranto dari PT XL Axiata Tbk, seusai mengikuti touring XL Network Rally 2011, Jakarta-Semarang, 22-24 Juli 2011. Pihak XL memilih JNE sebagai biro pengiriman motor.

Selain pengirim atas nama bro Saranto, tujuan lokasi pengirimanpun dialamatkan ke kantor rekan saya tersebut. Informasi yang saya terima, pengiriman baru dilakukan pada Senin (25/7/2011), sekalipun barang sudah diserahterimakan pada Minggu (24/7/2011).
Selain motor saya, ada empat motor lainnya, yakni dua Kawasaki Ninja 250 R (bro Benny dan bro Henry), Yamaha Byson (bro Rio Winto), dan Yamaha Vixion (bro Adhi). Kelima motor itu dijadikan satu resi. Harapannya, motor bisa dipaketkan bersamaan dan tiba di Jakarta juga dalam waktu bersamaan.

Tips Penting
Beberapa hal penting yang harus diperhatikan agar pengiriman berjalan lancar mencakup;

Biaya Pengiriman
Setiap konsumen yang hendak memaketkan motornya ke Jakarta dikenai biaya Rp 550 ribu per motor. Harga itu belum termasuk biaya asuransi motor yakni 0,2% dari harga motor plus biaya administrasi Rp 5.000. selain itu, ada biaya asuransi surat tanda nomor kendaraan (STNK) yakni Rp 1 juta kali 0,2% plus Rp 5.000.
Sebagai ilustrasi, Yamaha Byson yang dibanderol Rp 19,5 juta per unit dikenai biaya asuransi motor Rp 19,5 juta x 0,2% = Rp 39.000 + Rp 5.000 = Rp 44.000.
Lalu, asuransi STNK, Rp 1 juta x 0,2% = Rp 2.000 + Rp 5.000 = Rp 7.000. sehingga total biaya pengiriman Rp 550.000 + Rp 44.000 + Rp 7.000 = Rp 601.000.

Waktu yang dijanjikan oleh JNE adalah 1-2 hari. Walau, belakangan saya baru menerima sepeda motor pada Rabu (27/7/2011), artinya waktu yang dibutuhkan untuk pengiriman hingga ke alamat tujuan sebanyak tiga hari.

Isi Formulir dan STNK
Selain memenuhi biaya tersebut, pengirim motor juga harus melampirkan STNK dan kunci motor. Karena itu, siapkan STNK dan kunci cadangan.

Bahan Bakar
Oh ya, karena saat pengiriman bensin di motor harus dikuras, ada baiknya, motor jangan diisi penuh. Maklum, saat diterima di alamat tujuan, jumlah bensin yang ada di tanki motor bakal super tipis. Paling banter untuk berkendara sejauh satu kilometer.


Paket motor tiba di Jakarta. (foto:saranto)

Syarat Klaim
Terkait hak dan kewajiban, tanyakan juga soal kerusakan motor yang bakal ditanggung oleh JNE. Tanyakan juga teknis proses penggantian atas kerusakan tersebut. Pengalaman bro Benny seperti ditulis di blog-nya bisa menjadi perhatian.


Bro Adhi mengisi berita acara klaim kerusakan motor. (foto:blog benny)

Mengirim sepeda motor memang lebih praktis. Namun, perhatikan juga soal biaya dan waktu yang terpakai. Apalagi jika ternyata jadwal pengiriman menjadi molor dari janji yang tertera di dalam brosur. (edo rusyanto)

15 Komentar leave one →
  1. Vyzex permalink
    1 Agustus 2011 08:58

    Itu dibungkus koran ya? Atau karung plastik?

    Sebaiknya sih pakai sarung mobil yg kulit.

  2. 1 Agustus 2011 09:09

    kaLok Telat Ngantar Paket Nya Bisa Gak Minta Ganti Rugi Ke Pihak Jasa Pengiriman Paket

  3. 1 Agustus 2011 09:12

    Kalo dari yang saya liat(karena tiap hari ke JNE) biasanya di bungkus dengan karung plastik bro Vyzex..:)

  4. Ghost permalink
    1 Agustus 2011 09:13

    Vyzex: kardus diplester kayak e

  5. didiet permalink
    1 Agustus 2011 09:16

    ngirimin motor, bayar ya mahal banget…
    mendingan duit ya kita pake buat dijalan…bisa buat beli oleh2…

  6. 1 Agustus 2011 09:31

    pengalaman gw sih pengiriman pake jasa kereta api……. hari ini di paketkan besok paginya dah sampe…… emang hrs ambil sendiri sih di stasiun tujuan, tp no problem lah….
    biayanya jg masih lebih murah….. utk urusan administrasi seperti diatas semuanya sama, coz sudah standart dari sononya kali…..

  7. jape methe permalink
    1 Agustus 2011 09:45

    pengalaman kirim supra fit pake kereta api cuma 200 rb dari solo ke jakarta turun di manggarai (harga masih bisa nego dan bisa ngikut naik di gerbong barang sama motor bayar 50 rb) setengah hari nyampe

  8. softech_niQ permalink
    1 Agustus 2011 10:34

    pke truk expedisi jg murah,,,insya 4jjl lbh mantab dr jasa yg ini…

  9. agoey permalink
    1 Agustus 2011 10:55

    bro benny ampe marah2 tu diblognya.. :mrgreen:

    http://agoey.wordpress.com/2011/08/01/di-thailand-porsche-jadi-taxi/

  10. Tukang Ngibul permalink
    1 Agustus 2011 11:47

    mending di pake pp….bensin di kuras setelah sampe kurasanya di kemanain tuh mbah….??? bisa komplain juga ngga soal bbmnya….???

  11. sportrider permalink
    1 Agustus 2011 12:21

    JN* lebih bagus daripada T*ki, pengelaman ngirim lewat T*ki express yg 1 hari….. lebih dari seminggu barang belum nyampe, Setelah ditelpon katanya barang masih di kantor cabang. Penerima harus dateng sendiri ke kantornya T*ki untuk ngambil barangnya. Ini bukan BC tapi fakta!

  12. 1 Agustus 2011 12:26

    makanya ane ogah ngirim motor pakai kyk gituan..resikonya gedee…ah sayang tuh motor
    http://asmarantaka.wordpress.com/2011/08/01/seru2an-bareng-obi-bag-2-night-riding/

  13. 1 Agustus 2011 20:51

    asek,,,,……………………………..

  14. wooo permalink
    2 Agustus 2011 08:41

    harusnya jasa pengiriman motor seperti ini tidak memerlukan stnk dan kunci cadangan asli.cukup menyertakan fotokopi stnk saja ( untuk menghindari hal2 yg tidak kita inginkan ) & posisi setang motor tidak dilock, kunci asli dipegang pemilik sehingga motor hanya dapat didorong dan diangkat untuk siap dikirim bukan dipakai oleh pihak karyawannya untuk berpindah cabang lain

Tinggalkan Balasan ke predik Batalkan balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: