Lanjut ke konten

Terkait Gak Yah, Forged Piston dengan Pangsa Pasar Jupiter MX?

28 Juli 2011


Jupiter MX (dok ymki)

YAMAHA Jupiter MX masuk 10 besar penguasa pangsa pasar sepeda motor bebek di pasar domestik. Pada periode Januari-Juni 2011, posisinya diurutan kelima.
Sepanjang catatan saya, posisi tersebut sudah terjadi sejak tahun 2008. dari segi volume, dalam enam bulan pertama 2011, rata-rata per bulan terjual sekitar 27 ribu unit. Dibandingkan dua produk bebek milik Yamaha lainnya, Jupiter MX memang memiliki kelas tersendiri.
Manajemen PT Yamaha Motor Kencana Indonesia (YMKI) mengaku, Jupiter MX mengadopsi teknologi balap. Paling menonjol terlihat dari transmisi 5 percepatan yang membuat akselerasi motor makin mantap dan melesat lebih cepat. ”Transmisi 5 percepatan yang dimiliki Jupiter MX lebih dari motor-motor bebek lainnya yang biasanya hanya memiliki transmisi 4 percepatan,” tulis situs resmi YMKI, Kamis (28/7/2011).
Selain itu, masih dari situs tersebut, Jupiter MX juga ditunjang teknologi forged piston dan diasil cylinder. Forged piston menjadikan motor awet, hemat oli dan tidak mudah aus. Material forged piston lebih kuat karena dibuat dari proses tempa sehingga tahan lama. Sedangkan diasil cylinder juga dibuat dari bahan yang kuat dan lebih ringan karena bahannya full alumunium. Diasil cylinder juga membuat motor makin tahan lama dan hemat bahan bakar.

”Fitur lainnya dari Jupiter MX adalah Throttle Position Sensor (TPS) yang membuat akurasi makin tinggi dan suspensi makin nyaman,” tulis situs itu. Dijelaskan bahwa, TPS menyempurnakan waktu pengapian sehingga membuat efisiensi bahan bakar. Sedangkan double discbrake pada Jupiter MX membuat cengkeramannya makin kuat dan kokoh. Jupiter MX bermesin 135 cc berpendingin cair. Menghasilkan tenaga maksimal 12,52 ps pada 8.500 rpm dengan kekuatan puntir maksimal 12,16Nm (1,24 kgm) pada 6.000 rpm.
Sempurnanya Jupiter MX selalu menempatkannya sebagai motor bebek terbaik yang kental dengan imej memiliki kecanggihan mesin adaptasi motor balap. “Bicara tentang kecepatan yang berhubungan erat dengan sport dan balapan, juga terkait dengan dominasi Yamaha di ajang balapan lokal seperti Indoprix dan Motoprix. Pembalap-pembalap Yamaha merajai kompetisi balap di Indonesia,” papar Indra Dwi Sunda, PR and Corporate Communication Head Yamaha Indonesia.
Tinggal ditunggu ngacir-nya diajang penguasaan pangsa pasar ya mas Indra? (edo rusyanto)

27 Komentar leave one →
  1. red district permalink
    28 Juli 2011 10:06

    wah…..mx gasnya masih keras gak yah…musti betot mulu…hehehehhe….

  2. softech_niQ permalink
    28 Juli 2011 10:06

    ngisi shell aja,,

  3. yamazuki permalink
    28 Juli 2011 10:17

    koyo motorku kuwi, tp sing biru…

  4. softech_niQ permalink
    28 Juli 2011 10:22

    foto atas mirip tvs tormax tuh,,,hihihi.

  5. 28 Juli 2011 10:43

    izin pinjem datanya mbah Edo, Juli ini juga disinyalir penjualan MX meroket lagi ketimbang Juni kemarin, kalau analisa ane fitur RDB dan velg lebarnya yang dominan menjadi daya tarik sendiri bagi New Jupiter MX ini.

    Nitip jemuran mbah Edo
    http://www.sejutaumat.com/2011/07/22/penjualan-new-jupiter-mx-meroket/

  6. dara permalink
    28 Juli 2011 11:12

    Bebek premium bisa juga masuk 5 besar

  7. smashrider permalink
    28 Juli 2011 11:19

    Nitip pertanyaan, Oom Edo…

    Kenapa New MX (transmisi otomatis) seperti “dianaktirikan” bila dibandingkan New MX manual? Aku pernah ke dealer…keliatan kalo yang transmisi otomatis tidak ada rem cakram belakang…dan kayaknya desain stickernya juga beda deh sama yang manual….

    • cah ndeso permalink
      30 Juli 2011 19:21

      lho bukannya cm mx lama pake baju baru..?

  8. Nobita permalink
    28 Juli 2011 12:12

    iya tuh, kenapa grip/kabel gas nih jupiter MX berat/keras bgt….?
    apa karena kabel-nya yang bercabang 2 ke trotle sama acceleration pump ya…?
    atau karena lekukan pipa kabel di stang itu ya…?

    • kebandur permalink
      28 Juli 2011 13:56

      potong aja per skep yg ada di dalam karburator 3 lingkaran, di jamin grip gas jd enteng. gak ngaruh kok ke penggunaan, cuma lebih lunak putaran gasnya. selamat mencoba

      • Nobita permalink
        28 Juli 2011 16:57

        owh… thanks bro….. saya coba….

    • red district permalink
      28 Juli 2011 14:29

      betul sob….malahan dlu per kecil yg dideket kabel gas,,ampe dipotong…..jadi kalo dibawa nyantai agak kurang nyaman….pengennya ngebut aja…hehehehe

      • Nobita permalink
        28 Juli 2011 16:59

        per kecil yang dekat kabel gas itu per yang mana bro…?

  9. 28 Juli 2011 15:18

    menurut ane yg awam, bagi yang kurang begitu memperhatikan teknologi, bisa jadi tidak terpengaruh..tp bagi yg mengerti, atau paling tidak memperhatikan teknologi..pasti ada imbasnya..

    nitip om

    http://boerhunt.wordpress.com/2011/07/28/emang-uang-segitu-dapat-rumah-spt-apa-dikota-besar-mending-beli-moge/

  10. 28 Juli 2011 18:01

    tehnologi yg ketinggalan….gigi 5 tu satria dulu…cs1….dh dr dulu…hahahaha disk blkg cuma njz, vixi maneeee, koko yg disragamin sih…byson, scorpio, 110 cc aja honda brani ksh disk blkg,,,,

  11. 28 Juli 2011 18:02

    yang saya mau mah ngoplos ARM + CAKRAM aja ke MX yg lama isoo ra yo.??

  12. Goyip permalink
    28 Juli 2011 18:58

    sedikit info untuk motor Dasyl selinder…secara manufaktur dan proses permesinan mulai dari cetak casting sampai siap assy motor ini lebih murah karena sudah tidak menggunakan sleeve baja sebagai liner piston., liner jenis ini lebih sulit apabila kita ingin melakukan perubahan kubikasi tidak semudah sleeve baja yang tinggal dibawa ke tukang korter dan bayar 15 ribu rupiah…Forgeg piston lebih kuat dan tahan gesekan???apakah anda sadar kalau piston itu berbentuk oval?kontak dengan liner hanya pada ring dan buntut piston sebagai pengarah, isu yang terpenting adalah minimalisasi gesekan,,teflon terbukti sangat baik melapisi buntut piston…forged piston lebih ringan,sejak kapan logam dengan massa jenis sama di tempa jadi lebih ringan???kesimpulannya motor ini harusnya bisa dijual lebih murah bahkan untuk adiknya vega ZR/jupiter yang tangguh dan leluasa untuk di oprek-oprek…

    • Goyip permalink
      28 Juli 2011 19:09

      MX juga tidak menggunakan bushing baja untuk pemegang bearing kruk as pada kedua crank casenya…padahal pemasangan bushing pada crank case termasuk sulit dan mahal dalam proses permesinan…kegunaan bushing adalah untuk menahan bearing menahan konversi tenaga radial conrod menjadi axial…efeknya akan terasa dalam pemakaian yang agak lama dan kasar…mesin akan bergetar dan terdengar suara kasar.

    • nr 1908 permalink
      29 Juli 2011 13:02

      apak anda orang yg beberapa tahun lalu menjelaskan perbedan forged piston dgn yg non forged di blog mas tri??????

    • 29 Juli 2011 14:17

      kayaknya ada pencerahan nih….. xixixi…. tenang Bos….. ini triit di bookmark secara special di pc gw…….dan sudah dicopy kan ke notepad. buat pegangan aja……

    • cah ndeso permalink
      30 Juli 2011 19:19

      berarti teknologi murah di jual mahal dong…..

  13. 28 Juli 2011 19:00

    ahan bakar.
    ”Fitur lainnya dari Jupiter MX
    adalah Throttle Position
    Sensor (TPS) yang membuat
    akurasi makin tinggi dan
    suspensi makin nyaman,” tulis
    situs itu.

    ===========

    Lho opo hubungane TPS karo Suspensi?

  14. Andi_s1p permalink
    30 Juli 2011 21:31

    ganti karburator milik scorpio or nsr

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: