Lanjut ke konten

Yamaha Perkasa di Jakarta

21 Juli 2011

YAMAHA terlalu kokoh bagi pesaingnya di Jakarta. Periode Januari-Juni 2011, pangsa pasar Yamaha tetap tertinggi yakni sekitar 55,89%. Memang, jika dibandingkan dengan periode sama 2010, pangsa pasar tersebut terkoreksi, mengingat tahun lalu sekitar 56,51%.
Sementara itu, sang rival, Honda masih bercokol diposisi kedua dengan pangsa pasar sekitar 37,30%. Bedanya, Honda mampu mengatrol pangsa pasar, maklum Januari-Juni 2010, baru sekitar 35,62%.
Anggota Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (Aisi) lainnya, justeru melemah. Suzuki terkoreksi dari 5,53% menjadi 4,75%. Lalu, Kawasaki dari 2,34% menjadi sekitar 2,07%.
Informasi yang saya peroleh, data Aisi untuk wilayah DKI Jakarta, tidak sepenuhnya hanya mencakup wilayah administrasi Ibu Kota Republik Indonesia semata. Yamaha misalnya, menggabungkan data penjualan Bekasi dan Depok ke dalam DKI Jakarta. Sedangkan Honda, memasukkan penjualan Tangerang ke data DKI Jakarta.

Terlepas dari hal itu, Jakarta memang wilayah yang cukup potensial bagi para produsen motor. Hampir seluruh pabrikan dan pedagang motor membidik pasar yang berpenduduk sekitar 9,5 juta jiwa tersebut. Maklum, di Jakarta pula sebagian besar perputaran ekonomi Indonesia bercokol. (edo rusyanto)

55 Komentar leave one →
  1. 21 Juli 2011 07:16

    Pondium dulu

  2. ground zero permalink
    21 Juli 2011 07:33

    bekasi.

  3. ヤマハ を つぶす! permalink
    21 Juli 2011 08:23

    hehehe mesti di cek lagi yang bener…coba tanya sama orang yamaha …pasti dia menjawab : “yah kami menguasai jakarta” sambil tersenyum kecut , tangan nya keringat dingin…. atau tanya sama dealer2nya pasti dijawab: “betul sekali silahkan lihat gudang kami” sambil menggeram sambil mengepalkan tangan ….. sayang mas edo cuma bisa dapet data dari aisi dgn wilayah yg nga apel to apel…memang yamaha di jakarta ngak hancur2 banget tapi turun terus sedangkan honda naik terus ..yah 40-50 deh

    • orang indonesia permalink
      21 Juli 2011 11:18

      ada FBH yg ga terima kalo yamaha menguasai jakarta

    • 21 Juli 2011 12:04

      @ Yamaha wo tsubusu
      Adanya perbedaan policy, dealer Jakarta boleh jual ke Banten dan sebagian wilayah Jabar, karen banyak dealer DDS.
      Dealer Honda lebih ketat untuk wilayah pemasaran karena masing2 wilayah punya main dealer masing2. Hal ini dikontrol melalui penerbitan STNK yg hanya akan diterbitkan faktur untuk STNK masing2 wilayah.

  4. Rollerman permalink
    21 Juli 2011 11:13

    wedew jdi anggapan FBH tentang HANYA ORANG BODOH SAJA yang beli Yamaha salah dunk

    lha Jakarta yg terkenal biaya hidup tinggi se Kota Indonesia yang seharusnya harus extra irit dsegala aspek malah pilih Yamaha yg boros BBM.

    • orang indonesia permalink
      21 Juli 2011 11:20

      brarti yang tinggal di jkt bodoh2 ya??

      • yahonsuwakanja permalink
        21 Juli 2011 13:21

        mobilitas tinggi tapi dibilang doyan motor lemot…
        buahahahaha….

        • 21 Juli 2011 21:04

          bekasi n depok masuk dki itu ymha, honda cuma tangerang aja dh tinggi, gmn klo masukin bekasi n depok jg…yaaa anggaplah data ini penyegar buat ymha, coz honda gk main itung2annya gk faight… heeeeheee

          mbah klo honda dki+bks+depok brp?

    • 21 Juli 2011 16:00

      saat ini harus bijak memilih motor, tidak hanya soal irit, karena saat ini irit sepertinya hanya beda2 tipis antara merk satu dgn lainnya… yg terpenting adalah tangguhnya mesin motor menghadapi keruwetan jakarta + kemacetannya

  5. 21 Juli 2011 12:12

    Honda mulai ketinggalan tapi di motogp.com Honda masih jadi raja

  6. 21 Juli 2011 12:13

    Honda tetap harga jualnya lebih tinggi

    • tau gitu dr lama ganttin harimau ompong permalink
      21 Juli 2011 15:54

      tinggi kayak tiger ? huueeeeeeeeeeeexxx

  7. Pino Kio permalink
    21 Juli 2011 12:51

    oh pantesan ternyata Yamaha jualnya DKI + bekasi dan Depok.
    sedangkan Honda cuma DKI = Tangerang.
    pantesan aja jumlah penduduk bekasidan depok jauh lebih besar dari tangerang.

    • yahonsuwakanja permalink
      21 Juli 2011 13:22

      no data = hoax

      • crot permalink
        21 Juli 2011 16:20

        baca tulisan pak edo goblok….. nemen-nemen teing sia teh, goblog teh di piara….. dasar maho

  8. raya permalink
    21 Juli 2011 12:58

    ya gitu deh.. itung aja berapa orang daerah yang ikut ke jakarta tiap habis lebaran.. tu orang bodoh bukan?

  9. vyzex permalink
    21 Juli 2011 13:19

    Wah..yamaha hebat…

  10. YAMAHAL permalink
    21 Juli 2011 15:00

    Pernah ada yang liris kalau pemasaran Honda dan Yamahal beda,
    Yamahal lebih luas cakupannya dibanding Honda dalam hal pemasaran untuk wilayah Jakarta.

    Tolong mas edo ubek ubek lagi datanya….ingat ga… ingat ga…yah lupa lagi…..

  11. YAMAHAL permalink
    21 Juli 2011 15:03

    kalau memiliki daerah pemasaran yg masuk dalam wilayah Jakarta sama baik Yamahal dan Honda baru bisa ditarik benang merah siapa yg unggul, kalau datanya aja gak sama asalnya yah gak bisa di generalisasi bahwa si A atau si B yang lebih banyak.

    • gerorogunso permalink
      21 Juli 2011 17:30

      knapa gak ente cari sendiri datanya n tampilin di marih biar jelas, mosok tamu nyuruh2 tuan rumah??? 🙄

  12. Top permalink
    21 Juli 2011 15:57

    Susah amat ya mngakui bahwa YAMAHA SEMAKIN DI DEPAN di Jakarta, gak sekedar omdo ala fbh, tp pake data seperti yg sdh disampaikan mbah edo.

  13. 21 Juli 2011 16:07

    FBY nongol lagi…

  14. The crew permalink
    21 Juli 2011 16:11

    ngapain sih pd ributin penjualan mtr..toh yg untung org2 jepang jg..makanya jepang maju krn bs jualan mtr di indonesia

  15. black permalink
    21 Juli 2011 16:51

    ngenes kalo lihat stok scoopy menumpuk di jakarta 😀

    era scoopy dah habis, saatnya spacy

  16. jape methe permalink
    21 Juli 2011 17:41

    isine sales kabeh

  17. 21 Juli 2011 17:53

    hahaha…. Ngapain konsumen ngurusin market share sampe ngotot2..? Cuma sekedar tau aja lah…. Santai…./ ma sekedar tau aja lah…. Santai…./

  18. nha permalink
    21 Juli 2011 18:53

    Setiap Kali Penyelengaraan IMMS atau PRJ kok Honda selalu lebih banyak tapi data om Edo menunjukkan kebalikannya mismacthnya dimanya ya? atau ada upaya untuk bikin informasi hoax kali ya?

    • 21 Juli 2011 20:47

      itu data aisi mas bro. trims atensinya yah.

    • gerorogunso permalink
      22 Juli 2011 09:48

      ya jelas aja beda, lah om edo kan gak ngebahas data penjualan di IMMS atau PRJ tapi data penjualan berdasar aisi 😀

  19. rani_tea permalink
    21 Juli 2011 19:23

    jkarta orang dah pada melek informasi..jadi bukan brand mided lagi..

  20. landap permalink
    21 Juli 2011 19:25

    menurut perhitungan gue m/s honda & yamaha di bulan nopember nanti u/ di jakarta 45 % = 45 %. kalo meleset tidak lebih dari 2% lah.

  21. pecinta rossi permalink
    21 Juli 2011 20:10

    Data yang objective dari kang edo..

    Hanya saja memang wilayah distribusi Honda dan yamaha beda, mungkin itu sebabnya, honda terlihat lemah di jakarta tapi unggul jauh di jawa barat, sedangkan yamaha sebaliknya..,
    kalo mau lihat lebih dalam coba saja gabung data jakarta sama jawa barat, dan serang (denger2 honda punya main dealer di serang), kira2 gimana ya hasilnya???

    Terima kasih infonya kang edo..

  22. Sams permalink
    21 Juli 2011 20:14

    Yamaha motornya yamahal harganya

  23. The Legend permalink
    21 Juli 2011 20:19

    gua mau lihat nasib yamaha di 2012…sekalian mau lihat jadi apa si yahon saat itu

  24. andi permalink
    21 Juli 2011 21:25

    orang-orang ibukota lebih tahu motor mana yang berkualitas….

  25. nha permalink
    21 Juli 2011 21:26

    om edo maksud saya apakah DKI versi YMKI sama dengan AHM. Dugaan saya dki versi ymki adalah jabotabek sementara ahm hanya jakarta tangerang.

  26. Arus Liar permalink
    22 Juli 2011 05:13

    Eker-ekeran maning FBY karo FBH, mantab, iso gawe tontonan karo disambi nyamil kacang, hehe

  27. arsenal permalink
    22 Juli 2011 07:59

    dari data yg d sampaikan pak edo,jelas sebenarnya gak aple to aple kalo d bilang penjualan jakarta.karena ada penjualan di tangerang,depok,bekasi.tp jika memang data aisi mengatakan itulah “wilayah” penjualan dki.ya gak papa,d trima aja.yamaha unggul d wilayah ini.gak apa kan.pasti ada pembeli yamaha di tangerang dan pembeli honda d depok-bekasi yg tdk terdata,atau datanya terentry d tmpt lain.ok.gak masalah.

    Sebelum puasa,saya minta maaf bila ada komen yg nylekit.kita sama sama satu bangsa kan,satu agama(buat muslim),dan hanya berbeda d tunggangan keseharian.jd maafkan saya.

  28. satria_bajahitam permalink
    22 Juli 2011 09:01

    Pantas aja saya liat motor baru dari yamaha,yg paling banyak mio sporty,vega zr,sama vixi.

  29. Meggypreeèt permalink
    22 Juli 2011 09:11

    Org jkt udah pd melek informasi, ngapain beli mongtor dg tangki bocor & rangka dicoak… wkwkwk….
    Sambil lempar LPG 3kg….

  30. Kang_OmprenX permalink
    22 Juli 2011 18:03

    ya pantes distribusinya beda.
    kalau yamaha DKI itu jabodetabek sedangkan honda DKI+tangerang doank.
    pantesa distribusinya yamaha kelihatan banyak.
    Om Edo biar gak bias gmn kalau penjualan DKI+ jabar digabung.
    siapa yg menang,.

  31. Mangkurondo permalink
    22 Juli 2011 22:56

    Yamaha Mampuuuuussss aja daahhhh…

    Salesnya Mulutnya bauuuu, mampusss aja Loeeee…

  32. Ghost permalink
    24 Juli 2011 11:34

    FbH dari dulu buyut2nya mpe cicit cangah2nya kalo kompetitor lain meraih Prestasi kok hatinya tu benci, gak kayak kompetitor macam Yamaha, Suzuki, Kawasaki, etc, kalo kompetitor lain raih prestasi pasti kasih ucapan Selamat…
    Fakta bukan OPINI.tor lain meraih Prestasi kok hatinya tu benci, gak kayak kompetitor macam Yamaha, Suzuki, Kawasaki, etc, kalo kompetitor lain raih prestasi pasti kasih ucapan Selamat…
    Fakta bukan OPINI.

  33. hendro permalink
    24 Juli 2011 11:49

    klw wa sih pilih yamaha dari segi harga lumayan murah…dan kualitas ga malu-maluin…itu brother….ga usah saling memaki……mau harga seken jual tinggi atau anjlok wa ga tertarik….

Trackbacks

  1. Kenapa New Honda Blade diimingi-imingi cash back…??? | Teras Belitong Blog

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: