Lanjut ke konten

Nggak Nyalain Lampu Kena Operasi Patuh Jaya

16 Juli 2011

INI cerita tentang seorang teman saya. Dia terjaring Operasi Patuh Jaya yang digelar Polda Metro Jaya, 11-24 Juli 2011. Pasal yang dipakai terkait dengan kewajiban pemotor menyalakan lampu utama pada siang hari.
”Saya kena persis saat dari arah Kampung Melayu menuju ke Cassablanca,” tutur bro Keenan, begitu aja kita menyebutnya, saat berbincang dengan saya Kamis (14/7/2011) malam.
Dia ingin tahu tentang denda maksimal atau sanksi apa yang dikenai bagi pemotor yang tak menyalakan lampu utama. ”Kalau ikut sidang kena denda berapa yah Pak Edo,” tanyanya.
Saya bilang, kisaran denda di pengadilan negeri (PN) Rp 50-70 ribu. Walau dalam Undang Undang No 22/2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ) disebutkan bahwa sanksi maksimal Rp 100 ribu atau kurungan badan maksimal 15 hari.
Tapi ada yang menarik. ”Saya tadinya mencoba menawarkan jalan damai, tapi ternyata ditolak oleh petugas karena sedang operasi,” ujar dia.
Selama empat hari sejak 11 Juli 2011, Operasi Patuh Jaya menindak sekitar 24.779 kasus pelanggaran lalu lintas jalan. Sebanyak 67,80% nya, atau sekitar 16.802 kasus adalah pelanggaran sepeda motor. (edo rusyanto)

11 Komentar leave one →
  1. ricthofen permalink
    16 Juli 2011 05:38

    wah tumben jalan damai di tolak oleh “polisi”

  2. Pengamat permalink
    16 Juli 2011 06:36

    Polisi lg ngumpulin duit bwt persiapan ramadhan, haha..

  3. 16 Juli 2011 06:57

    Lg rame razia dmn2.. Tmn kmrn kena 2x sehari,knalpot gx standar.. Damai

  4. 16 Juli 2011 08:01

    yang 32% lagi mobil apa angkutan umum pak?

  5. 16 Juli 2011 08:06

    katanya belum ada ppnya?
    kok bisa ditilang?

    yg bener mana nih?

  6. Tukang Ngibul permalink
    16 Juli 2011 09:18

    berarti kalo sedang ngga opersai bisa damai dong……

  7. 16 Juli 2011 10:01

    Saya yang termasuk kurang setuju dengan aturan ini, karena jika kondisi memang sudah terang di siang hari, untuk apa menambah terang. Jika terjadi kecelakaan saya kira itu karena kekurang awasan kita atau ya memang musibah.

    Saya berharap aturan ini sebenarnya ditinjau kembali, diadakan penelitian yang benar-benar teruji dan ilmiah oleh mereka yang berkompetensi di bidang ini. Karena kalau ternyata memang tidak perlu, berarti kita bisa menghemat pemborosan.

  8. Arus Liar permalink
    16 Juli 2011 20:41

    Sebetulnya damai itu indah, tp knp harus mbayar wkwkwkwk ironi!

  9. Rollerman permalink
    16 Juli 2011 22:00

    ibaratnya bulan Ramadan,setan2 lagi d kurung

    begitu pula Operasi Patuh Jaya,”Jalan Damai” sementara d tutup.hehehehe

    pdhal kalo gak Operasi pst sikat tuhh

  10. uci sanusi permalink
    20 Juli 2011 17:37

    sebetulnya cuman karena lampu…orang miskin di sidang gak beli beras deh..cari duit kan lagi susah harusnya gmn bagusnya atasi masalah ini….

  11. 31 Januari 2012 20:53

    kalau sedang razia susah damai gan,banyak sih soalnya polisinya wkkwkwk…salam kenal gan 🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: