Lanjut ke konten

Hari Ini, Polda Metro Jaya Mulai Gelar Operasi Patuh Jaya 2011

11 Juli 2011


foto:edo

WAJAH lalu lintas jalan Jakarta terkenal karut marut. Terutama di jam-jam puncak kesibukan, seperti pagi dan sore hari. Saking semrawutnya, jumlah pelanggaran lalu lintas jalan tercatat sekitar 68 kasus per jam.
Guna menekan angka pelanggaran lalu lintas jalan, Polda Metro Jaya menggelar Operasi Patuh Jaya 2011, mulai Senin (11/7/2011) hingga 24 Juli 2011. Kita tahu bahwa sasaran operasi di antaranya mencakup penertiban mobil pribadi, sepeda motor, angkutan umum, parkir liar, pejalan kaki dan penyeberang jalan.
”Targetnya agar pengguna jalan lebih patuh terhadap aturan lalu lintas sehingga keselamatan di jalan lebih terjamin,” tukas Dirlantas Polda Metro Kombes (Pol) Royke Lumowa, saat berbincang dengan saya, Minggu (10/7/2011).


foto:tmcpolri

Dia berharap masyarakat memahami bahwa disiplin berlalulintas harus dilakukan secara sadar dan iklas. ”Bukan karena takut ditilang. Bilapun kena tilang harus dipahami bahwa itu adalah tindakan penyelamatan polantas terhadap pengguna jalan untuk terhindar dari bahaya kecelakaan lalu lintas,” tegas dia.
Operasi yang berlangsung selama 14 hari itu bakal didukung oleh sekitar 4.092 personel. ”Kalau hanya 14 hari pasti tidak signifikan untuk mampu menurunkan angka kecelakaan, tapi paling tidak dapat meredam untuk jangka panjang,” kata Royke.
Bagi kita para pemotor, beberapa hal yang mesti diperhatikan terkait Operasi Patuh Jaya di antaranya: menyalakan lampu utama pada siang hari, membawa SIM dan STNK yang masih hidup, berhenti di belakang garis setop, tidak naik ke trotoar jalan, tidak menerabas lampu merah, tidak menyeberang di jembatan penyeberangan orang (JPO), dan tidak melawan arus kendaraan. (edo rusyanto)

6 Komentar leave one →
  1. Vyzex permalink
    11 Juli 2011 08:00

    Setuju…

    Kalo nilang mobil pejabat berani nggak?

    (kayaknya sih enggak..hehehe)

  2. 11 Juli 2011 10:46

    tilang aja pak yg masuk jalur busway, biar kapok… ndag ada sadar”nya mereka

  3. 11 Juli 2011 11:25

    berbicara masalah disiplin berlalulintas memang diperlukan kesadaran dari semua masyarakat pengguna jalan, mari kita dukung operasi patuh jaya 2011 semoga dgn 14 hari bisa menurunkan angka kecelakaan. Tapi alangkah baiknya jika operasi ini rutin digelar paling tdk sebulan sekali guna meningkatkan kesadaran masyarakat ttg disiplin berlalulintas & menurunkan angka kecelakaan secara signifikan.

  4. dara permalink
    11 Juli 2011 12:38

    Mantap. Setuju………..
    Pas hari pertama sekolah.. ABG dapet mobil dan motor baru…
    Mobil2 buat anter anak diparkir dipinggir jalan…
    Makin berasa aja macetnya jakarta….

  5. ahmad permalink
    11 Juli 2011 21:31

    bagus pak, tapi jangan melakukan penertiban dengan jalan melanggar aturan, seprti anda menghentikan kendaraan ditikungan dan perempatan jalan seperti yang hampir tiap hari menjelang makan siang dan waktu menjelang sore ditikungan 66 kuningan , ditikungan cawang, di bawah patung pancoran (terkesan melakukan perampokan ketimbang penertiban) krn anda mengabaikan PP 42 tahun 1999 utamanya pasal 12 – 17….tanpa atribut yg jelas selain seragam lalulintas yg melekat dibadan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: