Honda Beat Lewati Yamaha Mio CW
REKOR baru terukir. Sepeda motor skutik Honda Beat memimpin pasar motor skutik domestik pada Juni 2011. Bertahun-tahun pasar domestik digenggam oleh motor skutik Yamaha Mio cast wheel (CW), kini Beat mematahkan mitos tersebut.
Saya juga sempat kaget ketika mendapat informasi itu. Pada Juni 2011, Beat menguasai sekitar 23,10% pangsa pasar motor skutik, sedangkan Mio CW terpaut tipis, yakni sekitar 22,67%.
Volume penjualan Beat pada Juni 2011 naik sekitar 16,85% jika dibandingkan Juni 2010 yang sekitar 65 ribuan unit. Sedangkan jika dibandingkan Mei 2011, Beat naik sekitar 8,93%.
Sementara itu, Mio CW yang terpaksa menyerahkan mahkota kekuasaan di segmen skutik, memang mencatat penurunan signifikan jika dibandingkan dengan Juni 2010. Mio CW anjlok sekitar 21,33% pada Juni 2011, jika dibandingkan Juni 2010 yang masih bercokol dikisaran 94 ribuan unit.
Kedua produk tersebut memang menjadi andalan pabrikan masing-masing di segmen skutik. Kita tahu, Yamaha mengusung Mio CW sudah lebih dari tujuh tahun. Mio CW selalu teratas. Sedangkan Beat baru masuk ke pasar Indonesia sekitar empat tahun lalu.
Walau dominasi Beat hanya pada Juni 2011 saja, boleh jadi ini sebagai sebuah isyarat bagi Yamaha. Tanpa inovasi dan kreatifitas yang lincah, desakan varian skutik Honda bisa melumpuhkan produk Yamaha. Kita tahu, secara keseluruhan segmen skutik, Yamaha sudah ditaklukan. Baru pada Juni 2011, secara individual tiap varian, Honda Beat mampu mengecoh Yamaha Mio CW. (edo rusyanto)
1
akhirnya konsumen kita udah mulai cerdas.
tidak gampang diiming-imingi berbagai hadiah undian 2 M, umroh, emas, dll.
produk yg terbaik dgn value terbaiklah yg akan dipilih konsumen.
salam,
One HEART.
belagu ente yaa Merk one heart,,, UDH KAYA MEREK SEPAT GAN
salam,
yamaha
konsumen mulai cerdas???berarti pke Yamaha,SUzuki,Kawasaki berarti hanya ORANG BODOH Yahh???
wahh ternyata SOMBONG yaahh KONSUMEN HONDA,beli motor selain HONDA aja langsung d CAP kurang CERDAS.ckckckc
bukan karena mereknya kali bro yg dimaksud bro paidjo tapi cerdas karena gak gampang termakan iklan dan iming2 hadiah itu.
nah itu lebih cocok masbro 🙂
memang harus diakui, kalau cara2 undian memang tidak cerdas, tapi penaklukan Yamaha ini juga bukan hanya karena peningkatan kecerdasan masyarakat, tapi juga strategi promosi Honda (tanpa undian2 dan hal2 lain yang bersidat iming2 hadiah), serta konsep iklan yang saya rasa cukup baik dan simpatik, serta lebih berkelas. Bandingkan saja iklan Beat dan Mio, keliatan kan beda kelasnya?
ya begitulah adanya,,,,,,,,,,,,,,
harusnya bukan cuma 2 Miliar bro tapi 2 Triliun mungkin akan bisa mempengaruhi konsumen.
Yeah
Nah lho!
Padahal udh pake jurus undian milyaran om?
kan secara nggk langsung undian mengajak berjudi……. betul nggk
kasihan amat Yamaha padahal udah banyak hadiah2nya tapi tetep aja gak laku.
nasib kalau jualan produk jyadul yg gak kompetitif lagi ya begini….
Kebanyakan minum obat batuk bisa tewas
Walahhhhh…
Bebek beregu dan perorangan sudah dipegang
Matic beregu dan perorangan juga sudah digenggam
Tinggal sports aja dong kalo gituuuu???
Hmmm…kompetitor harus kerja ekstra keras nih
kalo dah begini …
Akhirnya lengser keprabon,spacy memainkan peranya dengan cantik.sesuai prediksi sebelumnya,,jika gak bisa menaikkan market share beat,ya mio yang harus turun.
Sekarang tinggal gimana merontokkan nama sang first mover agar tidak bangkit lagi.
analisa yang cerdik.. setuju dah..
setujuh………………….
pikirin ajh dolo secara terang-terangan mio dah ngalahin beat selama 4 th berturut2,..
jgn bangga dolo lwatin dolo tuh rekor mio,……
ex; mio merah B 6322 EVR sllallu strong d dpn lawan,………
xixixi FBY
klo Yamaha susah payah dulu baru ngalahin Honda sebentar, klo Honda kalah bentar tapi pasti nyalip lagi. Itu udah biasa.
Klo analisis pasar gini jgn bawa2 tunggangan pribadi masbro. Klo tunggangan saya sih memang pasti tidak diunggulkan, wong ATPMnya budegh gak ketulungan.
mingkemm klekebbb….
Begitulah kalau produk jadul di pelihara, bakan oleh FBY sendiri di agung2kan, orang ingin produk baru dan kaya inovasi malah di halang-halangi ya beginilah jadinya
Yang jadul makin ditinggalkan
YMKI…YMKI dableg sih gak dengarkan konsumen
xixixi, gak terlalu jadul sih dibandingin AHM yang pake C100 series dari Astrea Star sampe jaman Astrea Supra X 100 dan basis C100 di NF100 aka Supra Fit sampe Revo 100…..
untungnya mreka udah sadar, tinggal tunggu nih lengsernya si legenda jadul GL series dan si NF125 yg udah berdinas dari jamannya Kirana. Tp overall mesin yg satu ini sih masih reliable..
congrat buat beat…. ymki hrs bercermin 🙂
Ayo para fby beri masukan ke ymki soal mio
akhirnya…
Disinyalir kenaikan Xeon untuk mengisi kekosongan produksi yang ditinggalkan Mio CW yang berkurang… may be yes, may be no…
ha hay, honda pelan tapi pasti ya masarinnya 😀
http://tonyworkers.wordpress.com/
kemenangan dari perbedaan persentase penjualan yang tipis. masih terlalu dini untuk bangga mengalahkan yamaha yang 7 tahun bisa bertahan di pasar skutik…
lihat saja bung,… biasanya kalau sudah anjlok,.. akan anjlok terus..
lihat tuh suzuki….kalau muncul varian baru, baru bisa narik konsumen
tenang aja Yamaho …itu AHM cuma beruntung koq… 😀
yaaa.. memang antara untung dan rugi, antara kalah dan menang…
mau apa loe
perasaan tagline yang lain “semakin pasrah” kayanya udah gk kedengaran lagi…kenapa yaa? apa karena YMKI dah semakian pasrah dengan keadaan penjualannya saat ini……..,
yaaaa.. memang yamaha semakin pasrah
hahahaahahahaaaaa…
nais impoh kang Edo.,dah lama saya tunggu moment beginian…
tahta matic trlaris d indonesia rekor 5 juta unit, R U N T U H.
Akhirnya waktu jg yg menjawab….godbye mio
Yamaha hrs segera berbenah neh, konsumen jg sdh jenuh dgn mio. ayoo YMKi segera facelift mio-nya. Buat Honda selamat dgn strategi beregunya akhirnya bisa meruntuhkan dominasi mio.
facelift… semakin ngikutin dong…
mulai tenggelam nih mio cwnya.
xwon bisa melewati scoopy……………
He he he….
Salam robot ompong..
Wow mantab,motor afgan dan cinta laura smakin laris manis,hehe
akhirnya…….
runtuh juga singgahsana mio cw.
diluar perkiraan sy kl secepat itu.
dalam waktu segitu u bilang cepet,….. woooooyyyy bangun kmne jae lau kmren2
selama 7 TAHUN berturut-turut mio dah memegang gelar nya bro,…..
7 TAHUN tong, 7 TAHUN u bilang cepet,… gila u kalahin dulu tuh rekor baru u boleh bangga,……………
ex; mio merah B 6322 EVR sllallu strong d dpan lawan,…….
emosi bener lu bro FBY
semakin pasrah…
akhirnya mio semakin pasrah…
Akhirnya… Si cungkring mengalahkan mio… Berarti terbukti datangnya Spacy bukan makan market share beat tapi makan market share mio!!!! Strategi jenius dr AHM…Spacy bukan makan market share beat tapi makan market share mio!!!! Strategi jenius dr AHM…
setubuh
Agan skalian ane pernah tanya ama temen yg punya matic,knapa ga pilih mio,brikut jawabannya:
mio boros,bahkan dia dulu juga punya mio trus dijokul,celakanya dia cerita dan 2 temen ane lainnya dnger dan mengiyakan.Agan skalian ane pernah tanya ama temen yg punya matic,knapa ga pilih mio,brikut jawabannya:
mio boros,bahkan dia dulu juga punya mio trus dijokul,celakanya dia cerita dan 2 temen ane lainnya dnger dan mengiyakan.
setubuh, dan proteksinya gak seaman beat (honda). padahal konsumsinya banyakan untuk cewe/perempuan. yaa harus kudu safety lah
yah gela w bawain jga neh catetan perbandingan mio am beat biar u semua pemakai honda beat tau ap ajh kelemahan motor u semua,…..,…… w ajh nyesel punya beat ,………
ex; mio merah B 6322 EVR sllallu strong d dpan lawan,……
BEat ngalahin Mio….?, strategi cantik AHM dgn menelorkan Spacy untuk memalingkan konsumen dari Mio…. tinggal tunggu pasar Sport-nya untuk menelorkan pesaing Vixion…
tunggu CBR indonesia
yamaha g gentar,…… u bru d kuarin vixion ajh dah klabakan ap agy tar yamaha R15 am yamaha R6 kuar,…….. langsung good bye u semua,….
honda sllallu panik mengahdapi lawan nya,….
AHM mungkin tau klo susah ngalahin YMKI di pasar sport, makane AHM mati matian bergerak di bidang matik dan Bebek…………………… hehehe Beat Abang Mbranang
menyimak..
tinggal sport aja ni…
ayo AHM keluarkan Honda Speed Pro 6 speed 16 dk…
tunggu tanggal mainnya
honda baru pd mw bikin yamaha udah tersebar d dunia,….
sayang ajh d indonesia lom kuar
u tunggu tar 2012 yamaha r15 klo kg r6 kuar siap2 ajh dolo,………
(JANGAN PANIK) hahahahahaha
ex; YAMAHA SEMAKIN D DEPAN,,,,, YANG LAIN SEMAKIN GUBRAK,…….
bulan kemarin sodara ane beli beat ko indent 2 minggu baru diantar.. harusnya kan gak inden. secara kapasitas produksinya kan lebih besar dibanding matik honda yang lain
jangan seneng dulu..siapa tahu YMKI lagi ngerem distribusi bahkan produksi Mio CW karena sedang siap2 meluncurkan matic baru..
iya lg ngerem distribusi, soale stok lama masih banyak menumpuk di diler hahaha
wkwkwkwkwkwk……. bisa aja ente..
lagi ngerem… ngerem untuk selamanya…hahahah
wew,,,skrng sama donk dgn giliran lorenzo yg ngejar point stoner,,,mantap dah,,motogp pengaruhi market R2 indonesia kyx….et R2 indonesia kyx….
harusnya ymki menyadari efek dari scoopy dan spacy ini.ngga perlu gengsilah di bilang pengekor keluarin fino untuk tahap awal maka market yamaha akan naik lagi ❗
kasian para karyawannya kalo marketnya terus turun ❗
Ha ha ha inilah postingan yang sangat ditunggu fbh, setelah seminggu terakhir pada puasa bicara … gara-gara 33 jeti dan mugello …
mooosookkk 😀
untuk beberapa saat lagi sang raja baka digantikan oleh adipati Spacy..
kalo sampe beat di ganti spacy..gua kirimin elu gratis cbr250 plus pcx 😀 😀
plus Mobil Kiat ESEMKA hahahaha
harusnya YMKI jangan berdiam diri saja
mio di obral aja biar laris jangan kasih undian uadah gak mempan soale
spacy kok masih rendah ya… padahal semua matic ada di spacy…
hmmm… apa kegemukan trus anak2 muda ga suka? di cap sbg motor ibu2 buat belanja? hmm… knapa ya?
warning – warning abg alay low intelligent detected 😀 😀
motor spacy u tuh model nya ngikutin org,…. u pratiin aje,…. lampu belakang kyk kimko, lampu depan kyk spin,….. badan kyk gajah,…….. hahahahahahahaha
jujur aja sih, bro, hampir gak ada mirip2nya sama 2 merek yang di atas
emang Spacy itu jurus ampuh nya AHM buat mendepak MIO dari singgasana raja MAtic masbro………………….. bapak bapak dan ibu ibu yang dulu pake MIO CW, milih jual Mio nya buat beli Spacy yang bagasi nya bisa buat wadah Bayi….. wkwkwkwkwkkw
wah, ditunggu nih fiore ama fino nya yamaha
sdh kalah model sama Scoopy……. baguasan Scoopy..
wew distribusi motor matic nya masih kurang,tingkatkan ya biar penjualanya makin rame
Dilihat dari segi inovasi emang beat lebih oke…kyanya mio mesti berubah secara revolusioner ato kehilangan market..
haha…ramalan semalam benar ya eyang…artikel ini pasti rameee
akhirnya konsumen kita udah mulai cerdas.
tidak gampang diiming-imingi berbagai hadiah undian 2 M, umroh, emas, dll.
produk yg terbaik dgn value terbaiklah yg akan dipilih konsumen.
salam,
One HEART.
kasihan amat Yamaha padahal udah banyak hadiah2nya tapi tetep aja gak laku.
nasib kalau jualan produk jyadul yg gak kompetitif lagi ya begini…
MIO
GW
END !
Mio diskon 50% pasti laris manis
go beat go…
http://otobizz.blogspot.com/2011/07/video-2011-honda-ruckus-nps50-cute.html
Bentar lg giliran spacy yg nyalip xeon wkwkwk… Semakin parah…
Bentar lg giliran spacy yg nyalip xeon wkwkwk… Semakin parah…eh salah mas tapi mio soul..ing… Hehehe
YAMAHA bagi2 hadiah milyaran,coba duitnya dari mana……..? Pasti ngambil dari harga motornya secara halus,dan ujung2nya konsumen jg yg dirugikan, karena harga motornya jadi lbh tinggi tapi gak keliatan.Janganlah terpancing oleh hadiah milyaran,kalo produknya hi-tech knp mesti ada embell2hadiah/ undian………? Padahal undian itu medidik orang untuk bermimpi dan menghayal dan menjadikan orang jadi pemalas. Buat yamaha apa gak ada cara lain yg lbh bermanfaat dan tepat sasaran tanpa harus membuai konsumen dngn khayalan………? Misalnya dengan menurunkan semua harga motornya…….?
Dan mengapa dealer2 yamaha kebanyakan menggiring konsumenya untuk menjadi orang miskin………..? Lha iya kan masa mau beli motor cash gak dilayanin,malah kalo ngutang/kredit dilayanin. Kan kebalik ….. Wong pemerintah aja kerja keras mengentaskan kemiskinan ini malah kebalikanya.Ayo yamaha benahi dealer/salesnya kearah yang lebih baik. Dan tolong taglinenya diganti aja ke tagline yang lbh baik dengan mengutamakan safety riding soalnya banyak yg pakai produk yamaha dan gayanya persis iklannya.Terus kalau bikin slogan yang gak menyinggung lawan masa gak bisa……..? Nanti kalo lawannya benar2 ngamuk gimana…………….? Apa gak nyesel nanti ? Kalo menurut saya sih honda masih kalem2 aja lum marah betulan gt. Yang ditakutkan honda bener2 marah terus semua produk bagusnya didekatin harganya,misal honda mau ngancurin semua motor sport yamaha kan gampang tinggal harga cbr 150 diturunkan dikisaran harga 20-25 jt an apa gak hancur tuh byson yg indenya lama banget,vixion ama scorpionya. Kalo itu terjadi lengkaplah sudah tanda2 kehancuran……………..
ngimpi disiang bolong harga CBR 150 20-25jt wkwkwkk…bangun brooo..
ane dah nyumbang 1 loh, beli beat,,,lumayan
undian milyaran masih ndag mempan ya…
jos bang
salut buat Honda…. 🙂
strategi yg diluncurkan untuk menggelontorkan skutik yamaha, perlahan-lahan
menuai hasil.
nah, yamaha? akan gimanakah menanggapinya?
@ tiger69
wah…serem amat bro…
klo yamaha pengen menaikkan ratingnya …buat perubahan dlm hal keamanan dr pencurian khssny dr keamanan kunci kontak sprti produk honda…
SETUBUH….. < GUE GAK NGERTI MAKSUD KATA INI….
Bisa dilihat, skutik-skutik tipe segmented seperti Xeon (sporty, cc besar) dan Scoopy (retro) relatif terpuruk. Padahal pada waktu launching scoopy yang beli ngantri, eh sekarang ketinggalan ama beat yang modelnya relatif standar