Lanjut ke konten

Mengenal RUNK 2011-2035 (Bagian 2): Hapus Ego Sektoral

1 Juli 2011


foto:edo

MASYARAKAT para pengguna jalan bisa merasakan adanya ego sektoral dari para pemangku kepentingan terkait keselamatan jalan. Kadang, kebijakan instansi A tidak sinkron dengan instansi B. Masyarakat dibuat kebingungan.
Dokumen Rencana Umum Nasional Keselamatan (RUNK) Jalan mengakui lemahnya koordinasi dan sinergi dari para pemangku kepentingan tersebut. Laporan Asian Development Bank (ADB) Tahun 2004 menjelaskan bahwa salah satu kelemahan dari penyelenggaraan keselamatan jalan di Indonesia adalah buruknya koordinasi dan manajemen. Koordinasi merupakan kunci sukses bagi tercapainya keselamatan jalan di suatu negara. Oleh karena itu, fokus utama Pemerintah adalah memastikan penyelenggaraan keselamatan jalan sebagai tanggung jawab bersama yang harus dilaksanakan secara selaras dan terkoordinasi dengan menerapkan prinsip-prinsip orkestra.


foto:dok rsa

Pemerintah memandang perlunya pengarusutamaan keselamatan jalan sehingga Pemerintah dituntut lebih serius dengan menjadikannya sebagai prioritas nasional. Guna mewujudkan hal tersebut, masing-masing pemangku kepentingan yang terkait dengan keselamatan jalan, yaitu: Kementerian Perhubungan, Kementerian Pekerjaan Umum, Kementerian Perindustrian, Kementerian Riset dan Teknologi, Kementerian Kesehatan, Kementerian Pendidikan Nasional, Kementerian Komunikasi dan Informatika, Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Keuangan dan Kepolisian Republik Indonesia bersama dengan masyarakat dan dunia usaha, harus memastikan bahwa program-program kerjanya mengutamakan keselamatan dan mensinergikan semua potensi yang ada. Penyusunan dan pelaksanaan program dilakukan secara terkoordinasi dalam semangat kebersamaan dengan menghilangkan ego sektoral.

Penyusunan visi RUNK Jalan Tahun 2011-2035 menggunakan kata kunci, yaitu: terbaik, Asia Tenggara, dan koordinasi.
Guna mendukung visi di atas, aspek-aspek yang harus diakomodasi dalam misi RUNK Jalan, yaitu: prioritas nasional, mengutamakan keselamatan, serta mensinergikan segala potensi.

Apa Visi dan Misi RUNK Jalan?

Pemerintah menyatakan bahwa visi dan misi Penyelenggaraan Keselamatan Jalan Indonesia 2011-2035 mencakup, Visi : “Keselamatan Jalan Terbaik di Asia Tenggara melalui Penguatan Koordinasi.”
Dan, tiga misi yaitu, pertama, mengarusutamakan keselamatan jalan menjadi prioritas nasional; Setiap pihak menyadari besarnya kerugian ekonomi nasional akibat kecelakaan, untuk itu berkomitmen menjadikan isu keselamatan jalan menjadi pokok bahasan dalam penetapan kebijakan, program dan kegiatan pembangunan.


foto:edo

Kedua, membudayakan penyelenggaraan lalu lintas jalan yang mengutamakan keselamatan; Semua pihak terlibat aktif dalam mengupayakan pengutamaan keselamatan diseluruh mata rantai penyelenggaraan lalu lintas jalan dan pengguna jalan;
Ketiga, mensinergikan segala potensi guna memaksimalkan kinerja keselamatan jalan; Pemberdayaan peran Pemerintah, Dunia Usaha, dan Masyarakat untuk menggali sumber daya dalam rangka peningkatan keselamatan nasional. Usaha mensinergikan dimulai dari perencanaan
sampai pelaksanaan yang selalu mengacu kepada kebersamaan yang terkoordinasi secara harmonis dan selaras. (edo rusyanto)

5 Komentar leave one →
  1. softech_niQ permalink
    1 Juli 2011 09:19

    ngisi dl

  2. ash permalink
    1 Juli 2011 09:56

    waaaaah…..artikel keren niiich…..

  3. Mercon C Part 3 permalink
    1 Juli 2011 10:13

    Tulisannya mantepp,,,

    oiya Om edo, gak bikin rangking blog alexa kah??

  4. 1 Juli 2011 11:40

    muacet poooooooooooooooolllllllllll…….

  5. 1 Juli 2011 19:23

    sip Mbah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: