Lanjut ke konten

Bakal Rame Nih Pasca Piaggio Bangun Pabrik

1 Juli 2011


foto:edo

KABAR Piaggio Group bakal bangun pabrik di Jawa tahun 2011 kian santer. Gak tanggung-tanggung yang ngomong Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Gita Wirjawan. Kita tahu, BKPM adalah institusi pemerintah yang ngurusin soal investasi di Indonesia.
“Dia (Piaggio) kan sudah punya pabrik di Vietnam. Tahun ini, rencananya Piaggio membangun pabrik di sini, di Jawa,” ujar Kepala BKPM Gita Wirjawan, seperti dilansir koran ekonomi Investor Daily, Selasa (28/6/2011).
President Piaggio Group Roberto Colaninno, seperti dikutip Investor Daily, mengatakan, pihaknya akan menunggu perkembangan penjualannya di Indonesia hingga satu tahun sebelum membangun pabrik di Tanah Air. “Jika penjualan tidak lebih dari 40-50 ribu unit tahun ini, kami tidak akan membangun pabrik perakitan motor di Indonesia,” ujar Colaninno, usai peresmian PT Piaggio Indonesia di Jakarta, pertengahan Juni 2011.


foto:edo

Menurut dia, target tersebut juga diterapkan ketika membangun pabrik di Vietnam. Piaggio telah investasi US$ 30 juta di negara tersebut untuk membangun pabrik perakitan pada 2009.
Artinya, jika satu lagi pemain bisnis sepeda motor yang buka pabrik di Indonesia, persaingan bakal bertambah sengit. Peminat produk Piaggio masih tetap ada, walaupun kini eranya skuter matik (skutik) Jepang. Kita tahu, pangsa pasar skutik asal Jepang terus mendominasi pasar.
Awal Juni 2011, Piaggio Group telah meresmikan pengaktifan kembali agen tunggal pemegang merek (ATPM) di Indonesia, yakni PT Piaggio Indonesia. Piaggio Group menargetkan pendapatan sekitar 1 miliar euro di pasar Asia dalam kurun waktu empat tahun ke depan.
Sebelum membentuk PT Piaggio Indonesia, Piaggio Group bekerja sama dengan PT Sentra Kreasi Niaga. Hingga 2012, perusahaan itu akan membangun 100 dealer yang terbagi atas 45 dealer pada 2011 dan 55 dealer pada 2012. (edo rusyanto)

10 Komentar leave one →
  1. softech_niQ permalink
    1 Juli 2011 12:25

    ngisi lg aaah

  2. 1 Juli 2011 14:38

    Jawa lagee ??
    Kenapa gak di Sumatra ?? kan growth lagi tinggi di Sumatra…
    atau pulau lain kek…

    emang Indonesia cuma Jawa…

  3. Toro permalink
    1 Juli 2011 16:00

    Menggembirakan…, investor sekelas piagio berani membangun pabrik disini, ekonomi ikut terangkat, lapangan kerja bertambah walau masih terkosentrasi di satu wilayah, setidaknya Indonesia bukan cuma jadi lahan pemasaran saja.

    Memprihatinkan…., perusahaan2 luar negeri berbagi kue besar market di Indonesia, merasa produk mereka bagian dari milik kita, hingga kita lupa untuk membangun produk sendiri.

  4. ash permalink
    1 Juli 2011 16:52

    mantaaaap neh………

  5. ken arok permalink
    1 Juli 2011 18:56

    mmmm… Pasar utama kendaraan roda 2… Cina, india, indonesia,eropa… Hanya di indonesia yg industri motor lokalnya mati total….

  6. ken arok permalink
    1 Juli 2011 18:59

    padahal kue ratusan triliun tiap tahunnya…..

  7. 1 Juli 2011 23:23

    yup pak edo . . . ada syaratnya . . . ada treshold angka penjualannya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: