Lanjut ke konten

Yamaha Masih Dominasi Kalimantan

27 Juni 2011


Suasana lalu lintas di kota Pontianak, Kalimantan Barat. (edo)

KALIMANTAN masih punya Yamaha. Penguasaan pangsa pasar sepeda motor Yamaha di Kalimantan masih teratas. Januari-Mei 2011, pangsa pasar Yamaha sekitar 44,29%.
Kompetitor utama Yamaha, yakni Honda menempati posisi kedua dengan pangsa pasar sekitar 44,09%. Jarak di antara keduanya memang kian menipis pada lima bulan pertama 2011.
Padahal, pada periode sama 2010, rentang raksasa di bisnis motor itu masih cukup lapang bagi Yamaha. Saat itu, Yamaha mengantongi sekitar 47,81%, sedangkan Honda sekitar 39,86%.
Sementara itu, di posisi ketiga masih ditempati Suzuki, yakni sekitar 10,12%, atau menurun dibandingkan 2010 yang sekitar 10,98%.
Melambungnya pangsa pasar Honda sebagai imbas melonjaknya volume penjualan, yakni sekitar 56,58% pada Januari-Mei 2011, dibandingkan periode sama 2010. Sedangkan pada periode sama, Yamaha hanya mampu meningkatkan volume sekitar 31,15%.
Geliat Honda di Kalimantan tersebut rupanya disokong oleh lonjakan penjualan di kawasan Kalimantan Barat yang mencapai sekitar 133,79%. Hampir di seluruh provinsi di Kalimantan, volume penjualan Honda meningkat. Namun, di Kalimantan Barat itulah yang lonjakannya super fantastis.

Menguat
Volume penjualan motor di Kalimantan pada Januari-Mei 2011, naik sekitar 41,57% dibandingkan periode sama 2010. Sebuah angka peningkatan paling tinggi dibandingkan pulau-pulau lain di Indonesia. Boleh jadi menguatnya harga-harga komoditas dan sumber daya alam menjadi pemicu meningkatnya daya beli konsumen.
Dari sudut pangsa pasar, Kalimantan menguat pada lima bulan pertama 2011. Jika pada lima bulan pertama 2010, baru sekitar 7,57% dari total penjualan motor di Indonesia, saat ini menguat menjadi sekitar 9,27%.
Volume penjualan motor di Indonesia pada Januari-Mei 2011 sekitar 3,4 juta unit. Menguat, dibandingkan periode sama 2010 yakni sekitar 2,9 juta uni. (edo rusyanto)

11 Komentar leave one →
  1. 27 Juni 2011 10:11

    mungkin bulan depan YAMAHA dah dilewati HONDA.. 🙂

  2. Pino Kio permalink
    27 Juni 2011 10:18

    kayaknya gak lama lagi juga bakal kesalib tuh spt nasib skutiknya.

  3. Virus permalink
    27 Juni 2011 10:20

    xixixixixi…kota ane Pontianak (Kal-Bar)…foto di atas ane sering wara-wiri lewat situ xixixixixi…

  4. softech_niQ permalink
    27 Juni 2011 10:28

    kok cm 3 merk aja
    yg dbahas,,,???yg lain mn nih,,kn member aisi lbh dr 3,,,,? hehehe…

  5. Edo Rusyanto permalink*
    27 Juni 2011 10:32

    @virus: betul bro, ane potret beberapa waktu lalu saat tugas ke pontianak. salam

    @ softech: data yg lain segera menyusul deh, hehehe…trims atensinya yah, salam.

  6. 27 Juni 2011 11:05

    yamaha memang luar biasa…

    • Kang_OmprenX permalink
      27 Juni 2011 11:39

      bener bro luar biasa yamaha… market sharenya bisa turun terus….!!

  7. Kang_OmprenX permalink
    27 Juni 2011 11:36

    yamaha semaki lemes……..!!

  8. 27 Juni 2011 14:50

    Harusnya judulnya begini, Yamaha Mulai Kritis di Kalimantan. Wong dari 47,81% turun ke 44,29 %. Sebaliknya Honda dari 39,86% melonjak ke 44,09%. Jarak keduanya tinggal 0,2%. Kritis kan?

  9. 27 Juni 2011 18:24

    wah dua tiga bln lg kelewat tuh… suzuki ayo semangat…

    http://otobizz.blogspot.com/2011/06/video-motogp-assen-2011-incident-marco.html

  10. ngukur dalan permalink
    27 Juni 2011 21:57

    nggak disana-nggak disini pada sirik aja..tho mas..mas….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: