Lanjut ke konten

Kok Iklan Revo Tanpa Pesan Helm?

27 Juni 2011

SUDAH lebih dari dua minggu saya sebenarnya mau menulis soal ini. Rasa penasaran atas tayangan iklan Honda Absolute Revo di siaran televisi yang dibintangi band Nidji.
Setahu saya, dalam iklan terdahulu, terselip pesan keselamatan jalan di penghujung iklan. Masih ingat kalimat yang kira-kira bunyinya, ‘ Jangan Lupa Pakai Helm Yah.’
Nah, dalam iklan yang belakangan ditayangkan para stasiun televisi, kalimat ajakan memakai helm saat bersepeda motor sudah tak terdengar lagi. Kenapa yah?
Seorang rekan saya yang bekerja di PT Astra Honda Motor (AHM), ketika saya tanya juga belum bisa menuntaskan rasa penasaran saya. Justeru kebalikannya, dia juga bertanya, iklan yang mana?
Pada Minggu (26/6/2011) iklan itu muncul lagi di sela-sela acara Pas Mantab, di stasiun tv Trans 7. Dalam tayangan sekitar pukul 21.27 WIB tersebut, tetap tak ada kalimat ajakan memakai helm.
Padahal, setahun belakangan setahu saya, iklan Absolute Revo tergolong yang peka soal ajakan keselamatan jalan secara verbal. Belum ada iklan produk motor yang lantang mengingatkan perilaku bersepeda motor yang aman, nyaman, dan selamat. Kenapa yah kalimat ajakan memakai helm dihilangkan dalam iklan Absolute Revo? (edo rusyanto)

32 Komentar leave one →
  1. 27 Juni 2011 11:47

    ini namanya HOT HOT DUCK SH*T

    alias

    HANGAT-HANGAT TAHI BEBEK..

    :mrgreen:

  2. softech_niQ permalink
    27 Juni 2011 11:48

    klik dl helmx

  3. 27 Juni 2011 12:22

    Menurut saya sich terlalu terburu2 kalau kita komen seperti apa yang mas benny komen.

    Setahu saya sich dalam pembuatan iklan, itu ada beberapa versi durasi waktunya,
    ada yang full 90 detik, ada yang 60 detik, ada yang 45 detik dsb…
    dan juga ada spot2 yang di jual oleh stasiun TV calon dimana iklan tersebut muncul…

    mungkin pihak AHM juga menilai impact dari acara tsb pas ilkannya muncul di acara tertentu..
    sang pengiklan akan menentukan durasi apa yang cocok untuk acara yang punya impact tersbut.

    Nah tentunya akan ada scene yang diedit atau dipotong sehingga mungkin nggak muncul…
    Jadi bisa jadi yang ada kata2 “jangan lupa pake Helm” nya ada di spot lain…

    Lah kalo nggak ada juga?

    Bisa jadi spotnya yang habis…
    Lah kalo Spotnya ada gimana?
    Bisa jadi iklan tersebut udah jadi iklan sekunder dan digantikan iklan motor tipe baru…

    • 27 Juni 2011 12:29

      Makasih inputnya bro. Salam

    • 27 Juni 2011 12:30

      iklan rokok mau panjang atau pendek tetep aja ada peringatan pemerintah

    • 27 Juni 2011 12:34

      Bener juga sih soal durasi, tapi sayangnya yang diilangin adalah Part yang penting..

      CMIIW ya…

      • Pino Kio permalink
        27 Juni 2011 12:40

        lho inikan bukan iklan helm.
        kalau yg ditongolin iklan “jgn lupa pake helm”-nya entar hasil yg diharapkan gak akan terealisasi.
        entar yg nyantol dibenak pemirsa justru helmnya bukan abs revo-nya…

        • soemarlien permalink
          27 Juni 2011 14:21

          kalo mas pino ini tukang bikin iklan, coba waktu itu ikut mata kuliah creatif and critical thingking, sama pak yulius dah, pasti mas tau kenapa ini bisa terjadi 😀

    • 27 Juni 2011 14:21

      analisis yg detail, mantep bro

  4. ricthofen permalink
    27 Juni 2011 12:28

    wah aku terbodohi

  5. 27 Juni 2011 12:35

    kalo gak salah sebenernya iklan ini ada ajakan itu “Jangan lupa pake helm, ya.” Tapi mungkin saja bagian itu di potong karna terbentur durasi seperti yang dibilang cumasatudotcom.

    Kalo terbentur masalah durasi, kenapa bagian yang penting itu yang harus dipotong?

    • Edo Rusyanto permalink*
      27 Juni 2011 12:37

      sayang banget kalau kalimat itu terpotong, duh….

  6. Hery permalink
    27 Juni 2011 13:08

    Sy dukung bang benny … jd ketua komisi UU Peyiaran …. biar bisa memberantas … semua yg tidak sesuai dng hati n pikiran bang Benny …!!!

  7. 27 Juni 2011 13:54

    hangat:warm not hot

  8. 27 Juni 2011 14:15

    okey dikoreksi:

    ini namanya WARM WARM DUCK SH*T

    alias

    HANGAT-HANGAT TAHI BEBEK..

    :mrgreen:

  9. soemarlien permalink
    27 Juni 2011 14:17

    menurut saya mas ben ini kan pemirsa, yang menangkap apa yang ada di tayangan ini, soal iklan di potong atau ada beberapa versi 45, 60, 90 detik mana mau tau bang ben, kalo itu mah urusan bagian adpeNGISINGnya aja

  10. 27 Juni 2011 17:30

    Setuju mungkin ada pemotongan durasi. Tapi memang agak sayang yang dihilangkan bagian yang mengajak safety. Secara umum masih baguslah tidak ngajak alay

  11. 27 Juni 2011 19:44

    Kalau semua blogger mau berteriak tentang safety riding, salah satunya dengan cara mengangkat/menyorot ATPM yang kurang peduli safety bahkan sebaliknya, saya yakin konsumen akan semakin sadar pula. IMHO blogger adalah salah satu panutan atau acuan para konsumen.

  12. 28 Juni 2011 00:47

    Buat para agan2 yg punya pembantu mesti hati2 kadang pembantu atau baby siter kejam terhadap buahati kita, jagan sampai terjadi kaya ini cekidot full video
    http://absoluterevo.wordpress.com/2011/06/27/kejamnya-pembantu-full-video-cekidot-gan/

  13. 28 Juni 2011 00:48

    Wahlah

  14. Pino Kio permalink
    28 Juni 2011 06:53

    kalau iklan yg ngajakin kebut2an di jalanan itu gmn ya Om?

  15. ash permalink
    28 Juni 2011 09:48

    sebenernya kalo masalah durasi bisa diakalin,,,,kan ada desainer multimedia,,,kalau alasannya karena syutingnya dah kepake buat 90 detik atau 60 detik, bisa diakalin pake pemakain kata2/banner tertulis,,,,sehingga masyarakat yg kritis tetap bisa melihat…sini bawa kekantor ane aja….hahahahaha…kaya ada iklan tetangga yg teteup pemotongan durasi tetapi harganya tetep ditonjolin…jadi tetep sekali dayung 2-3-4 pulau terlewati…

  16. 28 Juni 2011 10:05

    durasi mas. iklan yg panjang semakin banyak modalnya.. hhahahh

  17. Fansboy permalink
    28 Juni 2011 12:01

    Iklan motor yg keren tuh yang ngebut,rambut acak2an,baju sobek2,jembatan hancur, hajatan bubar.
    Bhuahahaha

  18. 28 Juni 2011 14:56

    @mas benny: wakakak..yo wes ben…
    @all : tengkiyu…mampir ke blog gado gado campur baut…

    http://www.cumasatu.com/otomotif/yamaha-dan-honda-bakal-perjuangkan-motogp-digelar-di-indonesia.html

  19. say no to BC permalink
    28 Juni 2011 18:08

    gampang saja emang menyikapinya, alasan durasi masuk akal, iklan motornya tujuan utama,pemakain helm pesan plus nya (ya seperti ada yg bilang “ini mau ngiklan motor bukan jual helm”helm hanya pesan safety ny), memang sayang jika terpenggal..tapi overall langkah yg pernah diambil dlm beriklan termasuk baguslah secara sambil kampanye safety,mungkin pabrikan lain kurang getol dalam beriklan masalah safety atau bahkan cenderung kebalikannya dalam menonjolkan ajakan kebut2tan dalam membangun image kencangnya… So disini yang berperan penting adalah sutradara pembuat iklan itu, harus bisa memilah mau diarahkan kemana pesan iklan tersebut, jika mau menunjukkan irit/techn/fitur/kencangny tentu background tampilan/tempatnya ada penyesuainnya masing2.

  20. 28 Juni 2011 18:32

    Strategi marketting tuh, iklan pertama memberikan kesan baik, makanya ditambah ‘Jangan Lupa Pakai Helm Yah’
    iklan2 berikutnya gak perlu lagi,, iklan mahaaaaal 😀 yg penting persuasif awal yg seolah2 menyerukan safety sudah tertanam di benak pemirsa…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: