Lanjut ke konten

Edan, Penjualan Motor di Sumatera Melejit 37%

22 Juni 2011


foto:dok ymki

PASAR sepeda motor di Jawa sudah jenuh? Masa sih? Lantas, apa indikatornya? Tiga pertanyaan itu menggelayut di pikiran saya belakangan ini. Pasalnya, saya kok melihat belakangan ini tren peningkatan penjualan motor di Jawa tak sekinclong di Sumatera.
Pada periode Januari-Mei 2011, volume penjualan motor anggota Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (Aisi) di wilayah Sumatera melejit sekitar 37,41%. Angka itu diperoleh dari hasil perbandingan dengan volume penjualan periode sama tahun 2010.
Coba bandingkan dengan tren pertumbuhan penjualan di Jawa yang hanya sekitar 4,6%. Wajar kan kalau kemudian muncul pertanyaan, apakah pasar motor di Jawa sudah jenuh?
Pasti ada yang menjawab, Jawa belum jenuh. Namun, melihat tren para perusahaan pembiayaan alias multifinance yang agresif membuka kantor cabang di luar Jawa pada 2011, rasanya bisa dibaca sebagai bakal terjadinya pergeseran pasar motor.

Lihat saja periode lima bulan 2011, penyerapan pasar Jawa melemah menjadi sekitar 51,68%. Padahal, pada periode sama 2010, penyerapan pasar Jawa terhadap total penjualan motor mencapai sekitar 57,07%.
Membaiknya harga sejumlah komoditas diduga sebagai pemicu meningkatnya daya beli masyarakat di kawasan Sumatera. Pada akhirnya, mendorong konsumen untuk membeli sepeda motor. Selain, tentu saja, jika semakin banyak kantor perusahaan multifinance yang beroperasi bakal lebih memudahkan konsumen membeli motor. Nah, bagi para pabrikan sepeda motor kondisi seperti itu tentu menjadi celah pasar yang menggiurkan.

Honda Dominan
Lantas, siapa yang paling kinclong penjualannya pada Januari-Mei 2011 di Sumatera. Ini dia, berdasarkan info yang saya peroleh, kira-kira gambarannya seperti ini. Honda masih mendominasi dengan penguasaan pangsa pasar sekitar 48,64%. Sekadar informasi, angka itu membaik dibandingkan periode sama setahun sebelumnya yang sekitar 47,10%.

Posisi kedua masih ditempati Yamaha. Bedanya, pangsa pasar Yamaha sedikit melemah, yakni dari sekitar 44,93% menjadi sekitar 44,03%. Begitu juga dengan sang pemilik pasar nomor tiga, Suzuki. Pangsa pasar Suzuki melemah dari sekitar 6,58% menjadi sekitar 6,02%.
Sedangkan Kawasaki yang berada di posisi keempat, justeru mencatat pertumbuhan pangsa pasar. Untuk periode lima bulan pertama 2011, Kawasaki memperbaiki pangsa pasar dari sekitar 0,81% menjadi sekitar 1,01%.
Ngomong-ngomong, melihat melejitnya penjualan motor di Sumatera tersebut, rasanya hambatan penyeberangan di pelabuhan Merak, Banten menuju ke Bakauheni, Lampung, tidak terlalu berimbas yah? Jangan-jangan, jika tidak ada hambatan penyeberangan yang menimbulkan antrean truk hingga berkilo-kilometer di Merak, volume penjualan motor di Sumatera bakal lebih meroket. Benar gak? (edo rusyanto)

11 Komentar leave one →
  1. kentung permalink
    22 Juni 2011 12:58

    seiring harga karet dan sawit yg terus naik mbah

  2. 22 Juni 2011 13:51

    Yamaha masih sangat baik sekali penjualannya di Sumatra.
    Kayaknya setelah Jawa dibabat baru giliran pasar Sumatra yang dibabat Honda. 😀

  3. 22 Juni 2011 14:04

    selain komoditi yg mulai membaik, yg menyebabkan meningkatnya penjualan motor di sumatera adalah perpindahan penduduk dari daerah luar sumatera jg sdh mulai banyak mbah. yg akan mendorong mereka utk membeli motor.

  4. 22 Juni 2011 14:44

    Ini sesuai dengan orientasi para ATPM yang akan terus melakukan penetrasi penjualan ke luar pulau Jawa. Pernyataan ini pernah keluar saat ada rumor pembatasan R2 di Jakarta dulu.

  5. 22 Juni 2011 19:46

    lha kok TVS mlempem di Sumatera….

  6. 22 Juni 2011 20:13

    mangstabf juga Honda , wekeke eamng seharusnya mangstabf

  7. 23 Juni 2011 01:59

    P. Jawa udah penuh mongtor,apalagi Jakarta :mrgreen:

    Nitip Lapak MasBro
    http://rexraider.wordpress.com/2011/06/22/enaknya-tinggal-di-jakarta/

  8. 23 Juni 2011 10:21

    orang sumatra sekarang pada kayya semua mbah..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: