Lanjut ke konten

Vixion Digoyang, Tetap Teratas

14 Juni 2011


Yamaha Vixion putih mejeng di PRJ 2011. (foto:edo)

RIVALITAS di segmen sepeda motor sport cukup sengit. Tengok saja penguasaan pangsa pasar tiap varian milik anggota Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (Aisi) pada Mei 2011. Sang pemimpin pasar, Yamaha Vixion, terus didesak kompetitor terdekat. Sekalipun masih nomor wahid, Vixion terus dirongrong.
Sekadar gambaran, pada Mei 2010, Vixion masih menggenggam sekitar 46,08%, namun pada Mei tahun ini anjlok menjadi sekitar 39,38%. Tahun ini, rival terkuat adalah Honda New Megapro yang masuk ke pasar pada Agustus 2010. Motor sport produksi PT Astra Honda Motor (AHM) itu, pada Mei 2011 mengantongi pangsa pasar sekitar 27,64%. Pada Mei 2010, sang senior, yakni Megapro 160cc, hanya mengantongi sekitar 19,59%. New Megapro tampaknya bisa lebih banyak berbicara ketimbang sang kakak yang kini sudah diskontinyu.

Vixion dan New Megapro adalah pemilik posisi nomor satu dan nomor dua di segmen motor sport. Termasuk untuk periode Januari-Mei 2011. Bedanya, untuk periode lima bulan pertama 2011, penguasaan pangsa pasar Vixion sedikit menciut yakni sekitar 36,71%, sedangkan New Megapro sekitar 29,10%. Tampaknya, PT Yamaha Motor Kencana Indonesia (YMKI) mesti ekstra keras untuk menjaga singasana penguasa motor sport. Butuh inovasi dan kreatifitas yang tajam.
Kita ingat, saat Vixion masuk pasar pada Mei 2007, atau tepat empat tahun lalu, Vixion harus berhadapan dengan sang pemimpin pasar yakni Honda Megapro, Honda Tiger, dan Suzuki Thunder. Sebagai pendatang baru, Vixion hanya mampu menguasai pangsa pasar sekitar 7% pada 2007. Padahal, ketiga pemimpin pasar itu masing-masing menguasai sekitar 33%, 14%, dan 30%. Inovasi yang dilakukan YMKI dengan meluncurkan Vixion kemudian berbuah manis pada tahun-tahun selanjutnya, hingga hari ini. Tentu saja ukurannya adalah penguasaan pangsa pasar.

Kita juga semua tahu bahwa pada 2007, YMKI tertatih-tatih di segmen motor sport dengan mengandalkan Yamaha Scorpio dan Yamaha RX King. Scorpio saat itu menggenggam dikisaran 6%, sedangkan RX King hanya sekitar 3%.
Akankah YMKI bakal melakukan terobosan signifikan pada tahun ini? Semua pasti ingat, saat itu, maksudnya tahun 2007, YMKI melakukan terobosan dengan meluncurkan motor sport dengan sistem injeksi, Vixion. Kita tunggu saja. (edo rusyanto)

23 Komentar leave one →
  1. softech_niQ permalink
    14 Juni 2011 10:01

    goyangan pertamaxxx,,,,hajar bleeh….

  2. softech_niQ permalink
    14 Juni 2011 10:10

    mantab,,,dtunggu untuk penghuni grid 2 & selanjutx….apkh akn ada tjadi overtake….???

  3. yahonsuwakanja permalink
    14 Juni 2011 10:50

    nasibnya bisa sama dgn matic..bila tidak ada pnambahan kapasitas produksi utk mnghilangkan indent Byson dan persiapan kelahiran R-15.
    Strategi kroyokan Honda di matic terbukti ampuh.
    atau Yamaha akan merelakan…? ? ?

  4. EXYBAND permalink
    14 Juni 2011 10:53

    vixion terus melorot ya om?

    biarin deh…, klo tetep laris entar r15 gak brojol2.

  5. lae togar anak medan permalink
    14 Juni 2011 10:59

    semakin lama ymki diam semakin mazuk angin bro.

  6. 14 Juni 2011 11:20

    vixion gag ada matinya..

  7. 14 Juni 2011 12:11

    Hi, maaf nih mau kasih saran saja kalau sedang cari info jual-beli-sewa rumah, tanah, apartemen, villa, ruko, dll – silahkan kunjungi – http://persegi.com – Semoga sukses ya

  8. 14 Juni 2011 12:13

    Hi, maaf nih mau kasih saran saja kalau berkenan data rumah nya silahkan di posting di __persegi.Com__ supaya dapat dilihat oleh lebih banyak orang dan cepat laku – Semoga sukses ya

  9. wong ndeso permalink
    14 Juni 2011 12:14

    wah berarti trend menggerogoti juga menjangkit segmen sport…

  10. Pino Kio permalink
    14 Juni 2011 12:29

    pantesan melorot terus bisanya cuma gonta-ganti stripping doank sih…

  11. Jonas permalink
    14 Juni 2011 16:06

    Wah Ninja 150 bisa mengalahkan tiger? Kalau dijalanan sih sering tapi ini dipenjualan. Keren.

  12. yellowduck permalink
    14 Juni 2011 18:01

    masih mampu tahan berapa lama lagi ya dari gempuran pasukan honda…

  13. yonk permalink
    14 Juni 2011 21:12

    Striping dan perpaduan warna striping vixion yg warna putih kok hampir sama dg Vario techno,,,,apa mungkin vixion nyontek??????

    • Pino Kio permalink
      15 Juni 2011 07:31

      oh iya, ane baru sadar bro..
      bener2 mirip coraknya

  14. topa permalink
    15 Juni 2011 03:28

    ternyata masih banyak jg penggemar Ninja…..

  15. 22 Juni 2011 21:43

    lama bgt tp indent nya….

  16. 5 Juli 2011 11:33

    Vixion ok banget…….mau dong.

  17. gotaufik permalink
    8 Juli 2011 22:39

    aduhhh kyak nya gk da harapan bakalan punya vixion,,

  18. RYO FLORENTINO permalink
    26 Oktober 2011 23:25

    coba yamaha VIXION .. tahun brikutnya dngn warn biru n striping motif tribal,, pasti kren,,,???????? kayk satria f biru 2010 .. mudh mudhan di thun berikutnya vixion dgn wrn biru n striping tribal … past kren buuuuuaaangeet daaaahhh

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: