Lanjut ke konten

TVS Terus Meninggalkan Kawasaki

11 Juni 2011


TVS Neo X3i andalan TVS di segmen motor bebek. (dok tvs)

DI LINI satu segmen sepeda motor bebek boleh saja Honda tak mampu digoyang pesaing terdekat. Tapi di lini dua, kondisinya berbeda. TVS anggota Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (Aisi) paling bungsu, justeru mampu menumbangkan Kawasaki. TVS kini menempati posisi keempat yang selama ini digenggam oleh Kawasaki.
TVS yang diproduksi oleh PT TVS Motor Company Indonesia (TMCI) tampak amat serius menggarap segmen motor bebek. Produsen yang memiliki kapasitas terpasang sekitar 300 ribu unit di Cikarang, Bekasi itu, mengandalkan TVS Neo X3i untuk merangsek segmen bebek. Memang masih ada dua peluru lagi, yakni Rockz 125 dan yang paling buncit, Tormax 150. Ketiga varian motor bebek TVS tersebut membidik pasar yang berbeda, yakni kelas 110cc, 125cc, dan 150cc.

Sepanjang Januari-Mei 2011, TVS mencatat tren peningkatan volume penjualan, sebaliknya justeru dialami Kawasaki. Pada periode itu, TVS mengantongi pangsa pasar sekitar 0,58%. Naik tipis dibandingkan periode sama 2010 yakni sekitar 0,46%.
Sebaliknya, Kawasaki merosot menjadi sekitar 0,36% dari 0,62%. Penurunan Kawasaki di segmen bebek salah satunya karena varian Blizt nyaris sudah tak ada lagi, kecuali pada Februari 2011 yang masih terjual 84 unit. Sedangkan varian yang lain yakni Edge, Athlete, dan ZX VR relatif melandai.
TVS menjadi satu-satunya produsen motor asal India yang bermain segmen motor bebek. Sedangkan pemain motor asal India lainnya, yakni Bajaj, hanya konsentrasi di segmen motor sport dan belum masuk Aisi. (edo rusyanto)

14 Komentar leave one →
  1. Pino Kio permalink
    11 Juni 2011 15:14

    kawak ada apa denganmu?
    padahal hadi wijaya sering menang IP lho…

  2. Karis permalink
    11 Juni 2011 16:10

    Kawak turuu..

  3. softech_niQ permalink
    11 Juni 2011 16:22

    3S TVS masih minim dborneo…jd msh blm minat beli motor tvs.

  4. smashrider permalink
    11 Juni 2011 16:42

    Kalo bebek suzuki diurutan ke berapa, Om Edo? 😀

  5. 11 Juni 2011 17:51

    sip lah TVS.. bisa ngalahin pabrikan jepang 😀

    nitip ya http://cicakmerah7.wordpress.com/2011/06/11/inilah-pcx-merah-versi-ahm/

  6. topaa permalink
    11 Juni 2011 18:36

    kawasaki kan udah identik dengan motorsport….,jadi pasar motor bebek gak terlalu di perhitungkan……

    tapi kapasitas produksi pabrik kawasaki berapa pak edo…?

  7. agoey permalink
    11 Juni 2011 18:45

    athlete harus dinaikin lagi tuh mesinnya, pake punya KLX mungkin….

    http://agoey.wordpress.com/2011/06/11/seandainya-diproduksi-suzuki-gsx-150r-dan-gsr-150/

  8. 11 Juni 2011 20:45

    wadaw… kawak kelewat ama motor indihe… nehi….

    video update :
    http://otobizz.blogspot.com/2011/06/video-picture-and-spesification-nissan.html

  9. yellowduck permalink
    11 Juni 2011 22:25

    blum ada diler TVS di kota ku

  10. 11 Juni 2011 23:34

    Wih makin melejit aja tvs makin terus terus dan terus……!! Mantap…!

  11. Kidna permalink
    16 Juni 2011 14:23

    TVS boleh juga bro, X3i gw baik-baik aja tuh

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: