Lanjut ke konten

Satu Juta Komitmen Keselamatan Jalan

11 Juni 2011


Seorang warga Bogor sedang menandatangani Surat Komitmen. (edo)

SATU juta orang bakal berjanji untuk komit terhadap keselamatan lalu lintas jalan. Mereka menandatangani surat yang berisi janji untuk selamat kembali ke rumah. Apa artinya bagi kita semua?
”Commitment letter atau surat komitmen adalah upaya untuk mengajak orang banyak untuk ingat keselamatan jalan,” ujar CSR & Corporate Communication Dept Head PT Asuransi Adira Dinamika, Ernita Sari, selaku penggagas surat tersebut saat berbincang-bincang dengan saya di Bogor, baru-baru ini.


Nita dua dari kanan. (edo)

Setiap orang yang menandatangani surat tersebut, pihak Adira Insurance bakal mengeluarkan Rp 5.000 sebagai dana kampanye keselamatan jalan. Dana tersebut dipakai untuk kegiatan penyuluhan dan donasi berupa kaki palsu kepada para korban kecelakaan. ”Tujuannya agar para korban kecelakaan tersebut dapat produktif kembali,” tukas Ernita yang akrab disapa Nita.
Kita tahu, beberapa tahun terakhir, di Indonesia ada puluhan ribu orang setiap tahun yang luka dan tewas akibat kecelakaan lalu lintas jalan. Tahun lalu, setiap hari tak kurang dari 84 jiwa yang tewas sia-sia di jalan.
”Surat komitmen ini bukan cuma janji, tapi kami harapkan bisa dipraktikan,” jelasnya.
Nita bercerita, gerakan surat komitmen tersebut menjangkau seluruh lapisan masyarakat. Pada akhir 2010 terkumpul sekitar 77 ribu surat. ”Hingga awal Juni 2011 sudah bertambah menjadi sekitar 82 ribu surat,” papar dia. Artinya, jika 82 ribu dikali Rp 5.000 sudah ada dana sekitar Rp 410 juta. Luar biasa!

Sebagai sebuah penggalangan dana untuk kampanye keselamatan jalan, langkah Adira tersebut patut diacungi jempol. Tak banyak perusahaan yang berkomitmen pada kampanye keselamatan jalan di Indonesia pada saat ini. Khususnya, yang memakai jurus menerbitkan surat komitmen untuk selanjutnya mengeluarkan dana cukup besar.
”Pada 2011 ini, kami juga menggandeng Dompet Dhuafa, untuk penyuluhan, penyebarluasan surat komitmen, dan pelatihan para pengraji kaki palsu. Kami juga yang akan membeli kaki palsu tersebut,” tutur Nita.
Melihat geliat Adira yang agresif, rasanya patut diikuti oleh perusahaan-perusahaan swasta atau BUMN yang peduli keselamatan jalan. Andai gerakan satu juta komitmen terwujud, artinya bakal ada dana terkumpul sekitar Rp 5 miliar. Cukup berarti untuk menyebarluaskan kesadaran berkendara yang aman dan selamat.
”Pencanangan gerakan Satu Juta Komitmen akan kami gelar pada 18 Juni 2011 di Polda Metro Jaya,” tutup Nita. Selamat dan terus semangat Mbak. (edo rusyanto)

3 Komentar leave one →
  1. 11 Juni 2011 06:05

    mantab! penyebaran surat komitmennya gimana pak? harus lewat acaranya Adira atau asal semua orang yang lewat atau gimana pak?

    http://kangmase.wordpress.com/2011/06/10/pulsar-220-full-fairing-pengeeeeeen/

    • 11 Juni 2011 07:41

      Setahuku sih, siapa saja bisa mengisi surat tersebut. Hanya saja, penyebaran surat biasanya pada acara2 formal mereka. Trims

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: