Lima Motor Skutik Paling Laris
SEPANJANG mata memandang di jalan raya bakal dengan mudah melihat sosok sepeda motor skutik. Motor tipe otomatis ini menjadi pilihan banyak konsumen. Coba lihat saja data penjualan para anggota Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (Aisi) Januari-Mei 2011.
Anggota Aisi yang kini aktif ada enam perusahaan. Tiga di antaranya, yakni Honda, Yamaha, dan Suzuki bermain di segmen motor skutik. Kontribusi motor skutik sekitar 49,76%, sedangkan motor bebek yang semula paling moncer tinggal sekitar 42,49%, selebihnya motor sport. Pada lima bulan pertama 2011, total volume penjualan motor sekitar 3,43 juta unit.
Lima motor skutik paling laris sepanjang Mei 2011 ternyata masih didominasi muka lama. Posisi paling atas adalah Yamaha Mio cast wheel (CW) yakni sekitar 26,95% dari total volume penjualan. Lalu, Honda Beat CW (19,85%), Honda Vario Techno (15,32%), dan Yamaha Mio Soul (11,10%). Hanya satu muka baru, yakni Honda Spacy yang langsung menempati posisi kelima, yaitu sekitar 7,78%.
Spacy membuat kejutan. Motor skutik yang dibanderol Rp 11,75 juta per unit dan Rp 12,55 juta per unit tersebut, langsung tancap gas. Sebuah prestasi ketika mampu menggeser Honda Scoopy dari lingkaran lima besar.
Peluru andalan Yamaha, yakni Mio CW, tampaknya masih terlalu kokoh bagi para kompetitor. Sekalipun Mio CW tetap kuat, secara akumulasi, Yamaha belum mampu menempati singasana yang direbut Honda untuk segmen motor skutik.
Honda nampaknya super serius membidik segmen skutik. Lihat saja, selain merogoh kocek hampir Rp 2,5 triliun untuk mengembangkan kapasitas produksi skutik menjadi sekitar 2,5 juta unit per tahun, Honda juga terus menambah varian. Saat ini, Honda memiliki enam varian, yakni Beat, Vario CW, Vario Techno, Scoopy, PCX 125, dan Spacy. Sedangkan Yamaha masih tenang dengan empat peluru, yakni Mio CW, Mio Soul, Mio, dan Xeon.
Januari-Mei
Sementara itu, untuk akumulasi Januari-Mei 2011, Scoopy menempati posisi kelima. Spacy yang diluncurkan Mei 2011, tentu saja belum mampu menggeser Scoopy untuk penguasaan pangsa pasar akumulasi lima bulan.
Untuk posisi satu hingga empat mirip dengan posisi bulan Mei. Posisi lima paling laris sepanjang lima bulan pertama 2011 adalah Mio CW, Beat, Vario Techno, Mio Soul, dan Scoopy.
Untuk akumulasi, jarak antara Mio CW dan Beat lebih tipis ketimbang pada Mei 2011. pada Januari-Mei 2011, Mio CW menguasai sekitar 27,56%, sedangkan Beat sekitar 23,67%. Coba bandingkan dengan penguasaan pangsa pasar Mei 2011. (lihat tabel)
Kelima merek tersebut menguasai sekitar 81,67% pangsa pasar motor skutik sepanjang Januari-Mei 2011. Pada lima bulan tersebut volume penjualan motor skutik tercatat sekitar 1,7 juta unit. (edo rusyanto)
pertamaaax…..
mio cw semakin asik…selisih ama beat cmn 4% yah…berapa ribu tuch…….
manthab ulasannya kang…
ha…..?????
masih Mio…?
maunya opo tho…?
Jd masih MIO jawaranya skutik……????? Betul2 hebat nich MIO walaupun udh diserang habis2an dgn black campanye olh para fb dr kanan-kiri, atas-bawah, depan-belakang, juga digempur dgn produk2 unggulan kompetitor tetep aja gak tergoyahkan. Mio tetep Semakin Asyik………
apakan perolehan beat menguat atau malah melemah dibanding april…?
beat kok malah kemakan spacy ya. berarti udh pada pinter.
matic yang kata fbh, jadul lemot dan inferior dan bagasi sempit mio…., ternyata masih sangat perkasa di singasana-nya……
ane juistru kasihan aja sama yg beli mio.
pasti yg beli gak tau motor.
lha motor udah ketinggalan jaman spt itu masih aja dibeli.
mio semakin dijelekin FBH makin moncer. mereka lupa ini indonesia.
udah di kasih motor beat yang sangat superior, vario yang sangat hitech, scoopy yang sangat modern, spasi yang bagasinya muat 1 orang…..
tetap aja pada masih beli mio…..
maunya opo tho….?
*gus tri.com hahahahahaha……
Mungkin karena semua motor yang disebutkan di atas, STARTERNYA bikin gak pede. Suka MENGEZUTKAN orang sedunia xixixixi…..
muosokkkkk..?
Wow…. selamat buat Mio yg masih berjaye, lumayan lah itung2 buat penghibur FBY yg resah-gelisah-&-pasrah….ha.ha.ha
nyangkut euy…tp lumayan lah buat menghibur hati para FBY yg sedang resah-gelisah-&-semakin pasrah xixixixi 😀
Muosoookkkk!! Wkwkwkwkwk
semester 2 semakin dekat, refreshment yamaha untuk mio pasti keluar, semakin sexy, semakin asyik, tetangga semakin geregetan, hehehe
nahhh, kan . . . minjem datanya pak edo 😀
Silakan kang, salam.
saya juga pinjam datanya omm
(tapi buat apa ya ??…wekekekek)
Nice info Kang Edo. Thanks.
buwakakakakakak…FBY berpesta…
*disinyalir mio emang proporsi ny pas utk abg-abg yg emang berukuran imut…
M I O —> Manies Imuwt Orangnya <— asli ane baca sticker ini pas ketemu pengendara mio (ditempel di spakbor belakang ny) dan emang cewe manies + seksi pula yg pake nya hehehehe…
d32s.wordpress.com
wajar aja sich ymki brojolin mio sebanyak-banyaknya ke dealer, wong dia tulang punggung skutik, soul ama xeon ndak terlalu laku, jadi yach produksinya di rem.
dah jarang yg pake soul baru.
xixixii…. pada keluar zemua dari zarangnya. hehehehe….
hehehehehe ngga masalah sich,tetep ajah demandnya menurun.tinggal tunggu nyungsepnya hehehehehehehehe 😆 🙄 😆
Kang Edo memang baik hati, menyediakan tempat untuk FBH berpesta disini merayakan kejayaan Mio.
Ayo yang semakin pasrah, silakan berpesta di sini. 😀
memang kualitas tdk bisa dibohongi.
tetapi selama juga, hondes dg 6 skutiknya jd penjual terbanyak skutik, mengalahkan 4 skutik.
Dgn khadiran spacy disinyalir, gap penjualan beat dengan mio semakin jauh……. So, mio semakin superior.
FBY bernafas lega, setelah dag dig dug nunggu laporan Bung Edo. Mio masih kuat secara perorangan.
mio masih moncer pertanda orang indonesia masih banyak yang bodoh…
tapi tidak se-bodoh komentarmu….
knapa mio masih paling banyak? Karna tidak ada pilihan laen dr yamaha yg seharga Mio.
Kalo skutik honda terpecah karna banyak varian shg masing2 prosentase perolehannya lbh kecil
joss
waduch,motor berbahan bakar minyak bumi makin banyak aja.cepet habis donk minyaknya?
kasihan anak cucu kita nanti,gak bisa ngrasaik galaknya energi minyak bumi.
heran juga…iklan irit nggak ngaruh….
Manusia tercipta, secara naluri akan survive
jaman dulu sebelum dieksplore minyak bumi, toh pada survive… entar kalo minyak bumi habis pasti ada jalanlah untuk mencari energi alternatif lainnya.
Gak usah terlalu kuatir… mari kita minum minyak bumi…. mumpung belum punya cucu….wekekekek
hiiiii banyak sales yamaha…..
wow,mio masih eksis,…ck ck ck…salut.
Makin mirip moto gp nih persaingan r2 indonesia,secara konstruktor,honda megang,secara klasemen rider hohehorenho masih juara,
@om edo,suwun om.terus berkarya.
sama2 bro, salam.
Cuma kenapa yg beli MIO tuh norak n kamseu ya ridernya??? Apalagi baru turun…walah tambah norak aja….Bikin ilfil ngeliatnya…
Tapi ridernya Mio kebanyakan OBPM (Orang Baru Punya Motor) ya? Norak dan bikin ilfil…
yg jelas dgn meroketnya ms spacy, ms beat langsung drop.
cuma ane heran aja, mio yg udah ketinggalan jaman spt itu masih aja laku.
apa gara2 undian hadiah 2 M, umroh, emas itu?
hehehe
saatny fby berpesta setelah lama ngumpet..
sampai saatnya mio diskontinue, beat tidak akan pernah bisa menyalip-nya…..
kayanya beat yg mau diskontinue diganti spacy hehehe
yimm&yimmwj 3hr stop
line,karyawan diliburin..
Isu menyebar dikarenakan
ribuan produk motor yamaha
NG bisa lolos ke
konsumen&bany…ak konsumen
yg complaint atas produk yg
dibelinya.
Ada apa dngan yamaha?knpa
bs bgini,kami sbg karyawan ikt
diliburkan..hikss.hikss……
FBH singatan dari apaya
Fan Boy Hoax…….. 😀
FBH singkatan dari apaya
mio menang karna punya culture,dia lah yang babat hutan matik.walau kimko lebih dulu,tapi gak seperti mio,.butuh effort yang ruar biasa,.dan melihat pasar yang semakin melemah,ada kemungkinan sang raja lengser juga.karena kerajaanya dan jatuh di tangan honda.dan adipati yamaha lain,tidak sanggup membantu sang raja.hanya maslah waktu.
@revo
FBH: Fans Berat HokBen.
spacy bakalan naik terus ni..
ckckckck…pengen ketawa lihat komentar2 diatas……yg ngebanggain produk yahama, pdhl dirmh cuma ada motor 1 merk yahama heheheheee…..dasar ndeso smuaaaa !!!!!! pantesan indonesia gak maju2 lah orangnya aja kayak katro smua huuuuuhh !!!!