Lanjut ke konten

Lima Motor Skutik Paling Laris

9 Juni 2011

SEPANJANG mata memandang di jalan raya bakal dengan mudah melihat sosok sepeda motor skutik. Motor tipe otomatis ini menjadi pilihan banyak konsumen. Coba lihat saja data penjualan para anggota Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (Aisi) Januari-Mei 2011.
Anggota Aisi yang kini aktif ada enam perusahaan. Tiga di antaranya, yakni Honda, Yamaha, dan Suzuki bermain di segmen motor skutik. Kontribusi motor skutik sekitar 49,76%, sedangkan motor bebek yang semula paling moncer tinggal sekitar 42,49%, selebihnya motor sport. Pada lima bulan pertama 2011, total volume penjualan motor sekitar 3,43 juta unit.
Lima motor skutik paling laris sepanjang Mei 2011 ternyata masih didominasi muka lama. Posisi paling atas adalah Yamaha Mio cast wheel (CW) yakni sekitar 26,95% dari total volume penjualan. Lalu, Honda Beat CW (19,85%), Honda Vario Techno (15,32%), dan Yamaha Mio Soul (11,10%). Hanya satu muka baru, yakni Honda Spacy yang langsung menempati posisi kelima, yaitu sekitar 7,78%.
Spacy membuat kejutan. Motor skutik yang dibanderol Rp 11,75 juta per unit dan Rp 12,55 juta per unit tersebut, langsung tancap gas. Sebuah prestasi ketika mampu menggeser Honda Scoopy dari lingkaran lima besar.
Peluru andalan Yamaha, yakni Mio CW, tampaknya masih terlalu kokoh bagi para kompetitor. Sekalipun Mio CW tetap kuat, secara akumulasi, Yamaha belum mampu menempati singasana yang direbut Honda untuk segmen motor skutik.

Honda nampaknya super serius membidik segmen skutik. Lihat saja, selain merogoh kocek hampir Rp 2,5 triliun untuk mengembangkan kapasitas produksi skutik menjadi sekitar 2,5 juta unit per tahun, Honda juga terus menambah varian. Saat ini, Honda memiliki enam varian, yakni Beat, Vario CW, Vario Techno, Scoopy, PCX 125, dan Spacy. Sedangkan Yamaha masih tenang dengan empat peluru, yakni Mio CW, Mio Soul, Mio, dan Xeon.

Januari-Mei
Sementara itu, untuk akumulasi Januari-Mei 2011, Scoopy menempati posisi kelima. Spacy yang diluncurkan Mei 2011, tentu saja belum mampu menggeser Scoopy untuk penguasaan pangsa pasar akumulasi lima bulan.
Untuk posisi satu hingga empat mirip dengan posisi bulan Mei. Posisi lima paling laris sepanjang lima bulan pertama 2011 adalah Mio CW, Beat, Vario Techno, Mio Soul, dan Scoopy.

Untuk akumulasi, jarak antara Mio CW dan Beat lebih tipis ketimbang pada Mei 2011. pada Januari-Mei 2011, Mio CW menguasai sekitar 27,56%, sedangkan Beat sekitar 23,67%. Coba bandingkan dengan penguasaan pangsa pasar Mei 2011. (lihat tabel)
Kelima merek tersebut menguasai sekitar 81,67% pangsa pasar motor skutik sepanjang Januari-Mei 2011. Pada lima bulan tersebut volume penjualan motor skutik tercatat sekitar 1,7 juta unit. (edo rusyanto)

58 Komentar leave one →
  1. ash permalink
    9 Juni 2011 09:18

    pertamaaax…..

  2. ash permalink
    9 Juni 2011 09:19

    mio cw semakin asik…selisih ama beat cmn 4% yah…berapa ribu tuch…….

  3. ajie permalink
    9 Juni 2011 09:21

    manthab ulasannya kang…

  4. Nobita permalink
    9 Juni 2011 09:26

    ha…..?????
    masih Mio…?
    maunya opo tho…?

  5. Top permalink
    9 Juni 2011 09:27

    Jd masih MIO jawaranya skutik……????? Betul2 hebat nich MIO walaupun udh diserang habis2an dgn black campanye olh para fb dr kanan-kiri, atas-bawah, depan-belakang, juga digempur dgn produk2 unggulan kompetitor tetep aja gak tergoyahkan. Mio tetep Semakin Asyik………

  6. Nobita permalink
    9 Juni 2011 09:30

    apakan perolehan beat menguat atau malah melemah dibanding april…?

    • vegadeth permalink
      10 Juni 2011 07:12

      beat kok malah kemakan spacy ya. berarti udh pada pinter.

  7. Nobita permalink
    9 Juni 2011 09:33

    matic yang kata fbh, jadul lemot dan inferior dan bagasi sempit mio…., ternyata masih sangat perkasa di singasana-nya……

    • Racing_Spirit permalink
      9 Juni 2011 18:30

      ane juistru kasihan aja sama yg beli mio.
      pasti yg beli gak tau motor.
      lha motor udah ketinggalan jaman spt itu masih aja dibeli.

      • vegadeth permalink
        10 Juni 2011 07:10

        mio semakin dijelekin FBH makin moncer. mereka lupa ini indonesia.

  8. Nobita permalink
    9 Juni 2011 09:40

    udah di kasih motor beat yang sangat superior, vario yang sangat hitech, scoopy yang sangat modern, spasi yang bagasinya muat 1 orang…..
    tetap aja pada masih beli mio…..

    maunya opo tho….?

    *gus tri.com hahahahahaha……

    • binladeen permalink
      9 Juni 2011 15:59

      Mungkin karena semua motor yang disebutkan di atas, STARTERNYA bikin gak pede. Suka MENGEZUTKAN orang sedunia xixixixi…..

  9. yahonsuwakanja permalink
    9 Juni 2011 09:55

    muosokkkkk..?

  10. OrGil permalink
    9 Juni 2011 10:08

    Wow…. selamat buat Mio yg masih berjaye, lumayan lah itung2 buat penghibur FBY yg resah-gelisah-&-pasrah….ha.ha.ha :mrgreen:

  11. OrGil permalink
    9 Juni 2011 10:12

    nyangkut euy…tp lumayan lah buat menghibur hati para FBY yg sedang resah-gelisah-&-semakin pasrah xixixixi 😀

  12. New Supra-1 permalink
    9 Juni 2011 10:12

    Muosoookkkk!! Wkwkwkwkwk

  13. 9 Juni 2011 10:14

    semester 2 semakin dekat, refreshment yamaha untuk mio pasti keluar, semakin sexy, semakin asyik, tetangga semakin geregetan, hehehe :mrgreen:

  14. 9 Juni 2011 10:20

    nahhh, kan . . . minjem datanya pak edo 😀

  15. 9 Juni 2011 10:26

    Nice info Kang Edo. Thanks.

  16. Virus permalink
    9 Juni 2011 10:27

    buwakakakakakak…FBY berpesta…
    *disinyalir mio emang proporsi ny pas utk abg-abg yg emang berukuran imut…
    M I O —> Manies Imuwt Orangnya <— asli ane baca sticker ini pas ketemu pengendara mio (ditempel di spakbor belakang ny) dan emang cewe manies + seksi pula yg pake nya hehehehe…

  17. d32s permalink
    9 Juni 2011 10:42

    d32s.wordpress.com

  18. nr 1908 permalink
    9 Juni 2011 11:00

    wajar aja sich ymki brojolin mio sebanyak-banyaknya ke dealer, wong dia tulang punggung skutik, soul ama xeon ndak terlalu laku, jadi yach produksinya di rem.
    dah jarang yg pake soul baru.

  19. lae togar anak medan permalink
    9 Juni 2011 11:00

    xixixii…. pada keluar zemua dari zarangnya. hehehehe….

  20. 9 Juni 2011 11:10

    hehehehehe ngga masalah sich,tetep ajah demandnya menurun.tinggal tunggu nyungsepnya hehehehehehehehe 😆 🙄 😆

  21. 9 Juni 2011 11:18

    Kang Edo memang baik hati, menyediakan tempat untuk FBH berpesta disini merayakan kejayaan Mio.
    Ayo yang semakin pasrah, silakan berpesta di sini. 😀

  22. adira permalink
    9 Juni 2011 12:24

    memang kualitas tdk bisa dibohongi.

  23. adira permalink
    9 Juni 2011 12:26

    tetapi selama juga, hondes dg 6 skutiknya jd penjual terbanyak skutik, mengalahkan 4 skutik.

  24. Top permalink
    9 Juni 2011 12:30

    Dgn khadiran spacy disinyalir, gap penjualan beat dengan mio semakin jauh……. So, mio semakin superior.

  25. 9 Juni 2011 13:02

    FBY bernafas lega, setelah dag dig dug nunggu laporan Bung Edo. Mio masih kuat secara perorangan.

  26. pai permalink
    9 Juni 2011 13:14

    mio masih moncer pertanda orang indonesia masih banyak yang bodoh…

    • Nobita permalink
      9 Juni 2011 23:46

      tapi tidak se-bodoh komentarmu….

  27. rahmats permalink
    9 Juni 2011 13:20

    knapa mio masih paling banyak? Karna tidak ada pilihan laen dr yamaha yg seharga Mio.
    Kalo skutik honda terpecah karna banyak varian shg masing2 prosentase perolehannya lbh kecil

  28. 9 Juni 2011 13:51

    joss

  29. 9 Juni 2011 14:15

    waduch,motor berbahan bakar minyak bumi makin banyak aja.cepet habis donk minyaknya?
    kasihan anak cucu kita nanti,gak bisa ngrasaik galaknya energi minyak bumi.

    • yahonsuwakanja permalink
      9 Juni 2011 14:25

      heran juga…iklan irit nggak ngaruh….

    • Awakku_1927 permalink
      9 Juni 2011 14:43

      Manusia tercipta, secara naluri akan survive

      jaman dulu sebelum dieksplore minyak bumi, toh pada survive… entar kalo minyak bumi habis pasti ada jalanlah untuk mencari energi alternatif lainnya.
      Gak usah terlalu kuatir… mari kita minum minyak bumi…. mumpung belum punya cucu….wekekekek

  30. ash permalink
    9 Juni 2011 15:20

    hiiiii banyak sales yamaha…..

  31. arsenal permalink
    9 Juni 2011 15:55

    wow,mio masih eksis,…ck ck ck…salut.
    Makin mirip moto gp nih persaingan r2 indonesia,secara konstruktor,honda megang,secara klasemen rider hohehorenho masih juara,

    @om edo,suwun om.terus berkarya.

  32. Anna permalink
    9 Juni 2011 15:59

    Cuma kenapa yg beli MIO tuh norak n kamseu ya ridernya??? Apalagi baru turun…walah tambah norak aja….Bikin ilfil ngeliatnya…

  33. Anna permalink
    9 Juni 2011 16:02

    Tapi ridernya Mio kebanyakan OBPM (Orang Baru Punya Motor) ya? Norak dan bikin ilfil…

  34. Racing_Spirit permalink
    9 Juni 2011 18:31

    yg jelas dgn meroketnya ms spacy, ms beat langsung drop.

  35. Racing_Spirit permalink
    9 Juni 2011 18:36

    cuma ane heran aja, mio yg udah ketinggalan jaman spt itu masih aja laku.
    apa gara2 undian hadiah 2 M, umroh, emas itu?

  36. yellowduck permalink
    9 Juni 2011 20:09

    hehehe
    saatny fby berpesta setelah lama ngumpet..

  37. Nobita permalink
    9 Juni 2011 23:54

    sampai saatnya mio diskontinue, beat tidak akan pernah bisa menyalip-nya…..

    • vegadeth permalink
      10 Juni 2011 07:20

      kayanya beat yg mau diskontinue diganti spacy hehehe

  38. darojat permalink
    10 Juni 2011 01:05

    yimm&yimmwj 3hr stop
    line,karyawan diliburin..
    Isu menyebar dikarenakan
    ribuan produk motor yamaha
    NG bisa lolos ke
    konsumen&bany…ak konsumen
    yg complaint atas produk yg
    dibelinya.
    Ada apa dngan yamaha?knpa
    bs bgini,kami sbg karyawan ikt
    diliburkan..hikss.hikss……

  39. 10 Juni 2011 03:18

    FBH singatan dari apaya :mrgreen:

  40. 10 Juni 2011 03:18

    FBH singkatan dari apaya :mrgreen:

  41. arsenal permalink
    10 Juni 2011 11:26

    mio menang karna punya culture,dia lah yang babat hutan matik.walau kimko lebih dulu,tapi gak seperti mio,.butuh effort yang ruar biasa,.dan melihat pasar yang semakin melemah,ada kemungkinan sang raja lengser juga.karena kerajaanya dan jatuh di tangan honda.dan adipati yamaha lain,tidak sanggup membantu sang raja.hanya maslah waktu.

  42. arsenal permalink
    10 Juni 2011 11:28

    @revo
    FBH: Fans Berat HokBen.

  43. raden wijaya permalink
    11 Juni 2011 08:47

    spacy bakalan naik terus ni..

  44. barongsai permalink
    18 Juni 2011 13:37

    ckckckck…pengen ketawa lihat komentar2 diatas……yg ngebanggain produk yahama, pdhl dirmh cuma ada motor 1 merk yahama heheheheee…..dasar ndeso smuaaaa !!!!!! pantesan indonesia gak maju2 lah orangnya aja kayak katro smua huuuuuhh !!!!

Trackbacks

  1. Market Yamaha Mio Tetap Tahan Banting « TMCBlog – Motorcycle News
  2. Mio CW: Dominasi Sang Ratu Skutik « karis mauyy

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: