Lanjut ke konten

Dan…Spacy Pun Menguasai 8% Pasar

8 Juni 2011


foto:ahm

HONDA memang cerdik. Buktinya, peluncuran sepeda motor skutik Honda Spacy, langsung nyantol di hati konsumen. Walau, belum semua satu hati, tapi pasar motor pada Mei 2011, memberi tempat sekitar 8% untuk Spacy.
Pada Mei 2011, pasar motor skutik anggota Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (Aisi) mencapai sekitar 351 ribuan unit. Dari total pasar tersebut, Honda yang dibesut PT Astra Honda Motor (AHM) menempati posisi paling atas, yakni sekitar 54,31%.
Kemampuan Spacy mencuri perhatian pasar tak terlepas dari harga dan tampilan motor tersebut yang dianggap cukup memikat. Dari segi harga, untuk tipe jari-jari, AHM membanderol Rp 11,75 juta per unit, sedangkan tipe cast wheel (CW) Rp 12,55 juta per unit. Sebuah rentang harga yang terjangkau bagi kebanyakan konsumen motor di Indonesia.
Prestasi Spacy yang langsung menghentak pada bulan pertama masuk pasar, juga prestasi terbaik jika dibandingkan Honda Scoopy dan Yamaha Xeon. Honda Scoopy yang masuk ke pasar pada Juni 2010, debutnya hanya sekitar 3%, sedangkan Yamaha Xeon yang masuk pasar pada Mei 2010, dibuka dengan sekitar 1,2%.
Di tubuh AHM, kontribusi Spacy juga cukup lumayan yakni sekitar 14,3% terhadap total volume penjualan Mei 2011. Sudah pasti, suatu prestasi paling moncer dibandingkan kontribusi Scoopy saat pertamakali merangsek pasar. Apalagi, jika dibandingkan Honda PCX 125.
Bagaimana kelanjutan nasib Spacy pada bulan-bulan selanjutnya? Cuma konsumen yang bisa memutuskan. (edo rusyanto)
foto:ahm

35 Komentar leave one →
  1. BramX permalink
    8 Juni 2011 12:38

    pertamax

  2. BramX permalink
    8 Juni 2011 12:39

    spacy langsung ngacir….!!
    gak heran sih karena dgn harga segitu udah dapet fitur2 yg jauh lebih mewah dibanding kompetitor yg dibanderol jauh lebih mahal.
    siapa yg gak ngiler coba?

  3. 8 Juni 2011 12:50

    Harga murah dapat motor gede. Gede bodyne, gede bagasine, lengkap fiture. Pokoe mantaaaaab.

  4. 8 Juni 2011 13:10

    ngga heran kang edo ane amat sangat yakin kombinasi beat n’ spacy akan mampu menghancurkan meong jyadul.kalo yamaha mengeluarkan yamaha fino dominasi matik AHM akan sedikit tertahan,terutama penjualan scoopy akan langsung anjlok 😆 :0

  5. YAMAHAL permalink
    8 Juni 2011 13:38

    memang mangstab tuh spacy valu for money nya paling top dengan harga merakyat
    bandingkan dengan mio series keliatan banget OVERPRESS ya….

  6. Pino Kio permalink
    8 Juni 2011 13:43

    pantes

  7. Pino Kio permalink
    8 Juni 2011 13:44

    motor murah meriah dgn fitur berlimpah ruah

  8. kucrut_bike's ƪ(˘⌣˘)┐ ƪ(˘⌣˘)ʃ ƪ(˘⌣˘)┐ ƪ(˘⌣˘)ʃ permalink
    8 Juni 2011 14:19

    gak heran.. kalo spacy di debut nya dibawah 5% justru itu patut dipertanyakan.. 😆

  9. Nobita permalink
    8 Juni 2011 14:41

    cara efektif memenangkan angka distribusi memang dengan terus membuat varian baru setiap bulan.
    spasy menguasai 8% dari 351.000 unit = 28.000-an unit pada bulan mei.
    distribusi spasy pada bulan mei masih merupakan pembuatan stock di dealer, belum mencerminkan serapan pasar.
    serapan pasar matic honda yang sebenarnya adalah kurang lebih 54,31% – 8% atau kurang lebih 46, 31%.

    last……
    sementara Yamaha melaju seiring pertumbuhan pasar yang wajar, honda tumbuh fantastis di angka distribusi sumbangan dari pembuatan stock bagi produk2 barunya..

    • Pino Kio permalink
      8 Juni 2011 16:11

      komen yg penuh dgn isyarat kepanikan

    • nha permalink
      8 Juni 2011 17:09

      Keong Master dari bulan kemaren komennnya itu itu mulu ngak mutu. Menumpuk stock, taroh kata cuma 50.000 unit itu artinya ada duit mandek +/- 500 M apalagi kalau dikali 5 bulan, perusahaan besar ngak akan mau kondisi ini ntong.

      Prediksi tahun ini peningkatan market 12% dari tahun atau sekitar +/- 900.000, nah kalau peningkatan itu semuanya di ambil AHM artinya wajar bila peningkatan rata penjualan bulanan dari tahun kemaren 285.000 + 75.000 (peningkatan tahun ini) menjadi 360.000,- perbulannya. Lah dimana penumpukan stocknya? apalagi kalau misalnya perusahaan kompetitor mengalami penurunan demand wah bisa bisa angka distribusi AHM masih dibawah permintaan pasar sehingga jangankan kelebihan stock bisa bisa kekeurangan. .

  10. Toro permalink
    8 Juni 2011 15:33

    Matic gambot dgn bagasi besar mulai bisa diterima pasar Indonesia, Bagaimana dgn Hayate yang lebih dahulu hadir dibanding spacy dengan bandrol harga yg lebih tinggi, apa penjualan di bulan pertamanya jg bagus?

  11. 8 Juni 2011 16:11

    @ Nobita
    Seperti yang sudah-sudah, data yang diambil dari AISI adalah data distribusi ke dealer. Kalau motor baru tentu tidak menggantikan dari barang yang sudah laku(kosong) tetapi mengisi ruang yang benar-benar kosong. Tentu barang baru ini harus dihitung sekarang juga. Kalau dihitung bulan depan, lalu bagaimana distribusi yang bulan depan? Toh kalau produk yang diluncurkan tidak diterima pasar, distribusi bulan berikutnya pasti direm. Kesempatan bagi kompetitor naik persentasenya. Dan akan semakin naik kalau ditambah peluncuran produk baru. Makanya luncurkan produk baru sebelum mindset konsumen terhadap matic berubah. Tapi kata Mas3 sudah berubah.

    • Nobita permalink
      8 Juni 2011 17:19

      diatas hanya sebuah hitungan kasar yang langsung mengurangi prosentase sumbangan angka dari spasi….

      yup…., sangat benar. jika produk tidak di terima pasar maka jelas akan menurun….
      tapi perlu di ingat bahwa 1-3 atau 4 bulan kedepan, produk masih akan di pengaruhi spike, angka distribusi kemungkinan akan tetap, baru setelah itu di rem jika pasar tidak benar2 menerima.
      nah… apakah pengereman ini akan menyebabkan penurunan MS…? bisa iya, bisa juga enggak….
      tergantung apa yang dilakukan 3 atau 4 bulan ke depan…..
      jika tidak ada produk/varian baru lagi yang di luncurkan, maka kemungkinan turun, tapi jika ada produk baru lagi, maka akan sama saja…produk baru tersebut tentunya akan di distribusikan juga untuk membuat stock dan juga akan mengalami spike dalam beberapa bulan.

      makanya diatas saya katakan ” cara paling mudah untuk memenangkan angka distribusi atau MS adalah dengan meluncurkan produk baru setiap bulan”

      nah….apakah honda sanggup meluncurkan produk setiap bulan…sampai bebarapa tahun kedepan…?
      mungkin bisa saja…..
      tapi harus di ingat bahwa dengan terlalu sering meluncurkan produk baru, maka life cycle produk akan semakin pendek…

      • Kang_OmprenX permalink
        8 Juni 2011 18:36

        udaaaahh….
        kamu sih apke si jyadul mio aja sono.
        kalau ane sih dikasih mio juga ogah.
        daripada bikin malu.

      • 8 Juni 2011 20:55

        tumben nobita jadi waras….

      • arsenal permalink
        8 Juni 2011 22:36

        maaf,…alasan klise,dan anda tak bisa buktikan.

  12. 8 Juni 2011 16:18

    Skutic yang lebih banyak dipakai ibu-ibu yang akan banyak termakan.

  13. ash permalink
    8 Juni 2011 18:07

    vario, vartec, skywave, xeon…….abiiiisssssssssssss………spacy..skutik besar harga relevan….parbet…

  14. ßϊķęЯ 46 permalink
    8 Juni 2011 18:53

    ada yg ngeles cuma bikin stok baru,hahahahahahaha jualan kok malah di kira bikin stok baru asli lucu berarti dari dulu ahm cuma numpuk barang hihihihihihi komen yg aneh

  15. 8 Juni 2011 19:49

    hmmmm

  16. 8 Juni 2011 19:54

    setuja

  17. 8 Juni 2011 20:04

    Itulah mahalnya mengubah atau membentuk mindset. Seperti yamaha dulu dengan Vega R dan Jupi Z-nya berhasil membentuk mindset konsumen dengan motor murah tapi gak murahan, dan terbukti ampuh. Ditambah lagi dengan produk baru, skutik. Makin moncerlah. Sayang semua itu tidak bisa dipertahankan, baik kualitas, harga maupun inovasinya. Yamaha tidak bisa mempertahankan reputasi vegaR dan JupiZ, ditambah harga yang kurang bersaing. Mio pun tidak kunjung direfresh. Konsumen menjadi bosan dan tidak ada kebanggaan lagi memakainya. Sekarang apakah honda akan mampu mempertahankan keberhasilannya atau tidak. Kita lihat saja.

    • Nobita permalink
      9 Juni 2011 04:47

      kalau ini saya setuju……
      terlalu banyak mengeluarkan varian dalam waktu yag berdekatan akan membuat life cycle sebuah produk akan pendek, dan itu sangat merugikan dari segi financial….
      tapi hal positif yang didapat adalah mindset konsumen bahwa produk merk ini sangat banyak, bervariatif dan dengan model yang selalu fresh….

  18. landap permalink
    8 Juni 2011 22:05

    nhd ………
    saya rasa honda akan mampu bertahan, karena produk baru yg dibuat, dapat sekaligus mengganti produk lama yg secara berlahan2 produksinya di kurangi kemudian diganti dengan produk baru yg terus digenjot produksinya, contohnya mega pro 160 & vario cw ……….. jadi jangan takut tahun depan honda ga ada produk baru …….. pasti akan ada terus produk baru minimal 2 varian baru …… 4 refresh produk …….

  19. arsenal permalink
    8 Juni 2011 22:32

    wah,,data yang matik papan atas di tunggu om,terima kasih ats infonya,blog yang sangat berinformasi.

  20. 9 Juni 2011 01:55

    jadi bingung dulu kutawari scoopy istri gamau karena setelah lihat iklan spacy..istri suka spacy..
    setelah spacy beredar didealer liat motornya langsung eh malah gamau spacy..alasan kegedean.
    sekerang malah suka scoopy merah.hehhe kemauan jabang bayi kali.
    jujur aku sendiri suka dua2nya.butuh bagasi luas tapi juga suka retro antik…

    • ash permalink
      9 Juni 2011 09:20

      yang merah emang keren mas…….bener2 menarik…tapi plng retro warna baru biru muda….

  21. 10 Juni 2011 11:04

    padahalbaru diluncurkan lho…

  22. 10 Juni 2011 14:45

    Bagus motornya. Tapi sayangnya semua desain dan fitur2nya udah ada duluan di Kymco Free LX yg udah wira-wiri di jalan lebih dari 6 tahun lalu :D.

    * emang gak salah gw dulu milih kymco … hehe

Trackbacks

  1. Spacy sang tandem Beat mulai menggigit | Teras Belitong Blog

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: