Lanjut ke konten

Mei, Honda Pertahankan Tradisi

7 Juni 2011

HONDA masih terlalu kokoh digoyang oleh para kompetitor. Pada Mei 2011, Honda masih teratas dengan penguasaan pangsa pasar sekitar 53,24% dari total pasar sekitar 709 ribuan unit. Praktis, secara akumulasi, Januari-Mei 2011, Honda tetap kokoh dengan membukukan sekitar 1,73 juta unit.
Sementara itu, kompetitor utama yakni Yamaha harus puas mengantongi sekitar 39,76% atau setara dengan sekitar 281 ribuan unit. Di antara seluruh anggota Asosiasi Industri Sepeda Moto Indonesia (Aisi), Honda dan Yamaha menguasai total pangsa pasar sekitar 93% pasar motor Mei 2011.
Di luar Honda dan Yamaha, pemain bisnis motor yang cukup kuat adalah Suzuki. Pada Mei 2011, Suzuki mengantongi sekitar 5,62%. Selebihnya, yakni Kawasaki, TVS, dan Kanzen, harus puas menikmati pangsa pasar kurang dari 2%.

Tradisi
Tradisi Honda menguasai pasangsa pasar motor di Indonesia nampaknya terus dipertahankan. Mengintip volume penjualan periode Januari-Mei, prestasi Honda pada 2011 merupakan tonggak tertinggi sepanjang lima tahun terakhir.
Periode lima bulan pertama 2011 jika dibandingkan periode sama tahun lalu, Honda tercatat naik sekitar 26,54%. Memang, lebih kecil jika dibandingkan kenaikan tahun 2010 yang mencapai sekitar 44,85%. Tapi, kenaikan tahun 2010 amat wajar, mengingat pada 2009, tentu untuk periode lima bulanan, Honda sempat anjlok siginifikan yakni sekitar 17,34%.
Sementara itu, kompetitor utama yakni Yamaha, untuk periode lima bulan pertama 2011, sekalipun naik tipis, tapi belum mampu mencetak prestasi terbaik seperti pada 2009 dan 2010. Pada 2009, jarak antara Yamaha dengan Honda terpaut amat tipis, demikian juga pada 2010.
Akankah tradisi Honda menguasai pasar masih terjaga hingga akhir tahun? (edo rusyanto)

52 Komentar leave one →
  1. 7 Juni 2011 11:49

    pertamax yes

  2. 7 Juni 2011 11:50

    langsung klimaxx.. ahaha

  3. AoiTsuki83 permalink
    7 Juni 2011 11:51

    saya kok kawatir dengan angka penjualan yang naik gini ya…potensi kredit macetnya nambah ga?

    • 7 Juni 2011 11:59

      kemarin, maksudnya, Senin (6/6/2011), saat bincang2 dgn ketua Aisi, mencuat soal ini. ada kekhawatiran jika konstan volume penjualan seperti Januari 2011, boleh jadi bakal tembus 9 juta unit. di sini dikhawatirkan terjadi kondisi tidak sehat, yakni meledaknya NPL alias kredit macet. trims atensinya bro. salam

      • AoiTsuki82 permalink
        7 Juni 2011 12:32

        Sebagai pegawai di perusahan otomotif, saya senang kalo produksi naik..tapi saya jauh lebih senang jika pasarnya itu stabil dan berkelanjutan..masih khawatir sebenarnya ada potensi NPL yang diakibatkan sistem “beli kredit – bayar angsuran 1x – nunggu ditarik”…

      • vyzex permalink
        7 Juni 2011 14:18

        saya pernah baca di mas tri, nplnya FIF masih kecil…kalo nggak salah ingat, masih di bawah 5 persen..cmiiw

        kalo gitu kan masih untung ya…
        rate kreditnya FIF aja di atas 20 persen per tahun

  4. vyzex permalink
    7 Juni 2011 11:57

    Pangsa pasar yamaha dah kepala 3 tuh..
    Akankah pangsa pasar yamaha mencapai kepala 2?

    Akankah undian yamaha ditambah jadi 3 miliar?

    Apakah komstir bang edo udah oblak? (Bencanda kang)
    Hahaha

    • 7 Juni 2011 12:00

      hahahahaha…konstir ku memang dah oblak, kan sudah ditulis oleh bro nadhi alias alonrider di blognya. seingat saya, juga sudah selipkan dalam tulisan beberapa waktu lalu. salam

      • vyzex permalink
        7 Juni 2011 14:14

        o iya bang edo…
        sukses terus

  5. 7 Juni 2011 12:00

    One heart…mana nih yg katanya semakinn didepan jangan2 semakin pasrahhhh…

  6. 7 Juni 2011 12:11

    ayo…maju terus

  7. Top permalink
    7 Juni 2011 12:28

    Selamat buat honda yg rasa-rasa,

    laki pilih yamaha……..! 😉

    • New Supra -1 permalink
      7 Juni 2011 13:53

      laki kok pasrah? hoax ah

    • Yudakuzuma permalink
      7 Juni 2011 15:03

      mio itu laki? malah kayak nano-nano, banyak rasa 😀

  8. lae togar anak medan permalink
    7 Juni 2011 12:34

    selamat lah buat pemenang. tak ada perlawanan dari kompetitor dekatnya.

  9. rony permalink
    7 Juni 2011 13:01

    mantap hnda,smg produk mkn dtngktkn kualitasnya..d jalanan ud sering n bnyak liat si gndud spacy berkeliaran..

  10. Osee permalink
    7 Juni 2011 13:07

    banyak banget jualannya, congret buat ahm 🙂
    ayo ikut bertelor ymki

  11. 7 Juni 2011 13:10

    Apalgi tpt all new cub dr ahm dh kluar.

  12. 7 Juni 2011 13:14

    Akankah tradisi Honda menguasai pasar masih terjaga hingga akhir tahun? (edo rusyanto)
    =====================
    Akan. Hehehe

  13. 7 Juni 2011 13:21

    Semakin banyak motor baru di jalan, kepedulian ATPM dalam kampanye safety riding harus ditingkatkan pula. Ini salah satu bentuk tanggung jawab terhadap konsumen, disamping penyematan fitur safety. Dukung safety riding, lawan alay riding terutama di jalan umum.

  14. 7 Juni 2011 13:28

    kalo ga cepat bertindak, bisa tambah lebar tuh gapnya..

    http://otobizz.blogspot.com/2011/06/video-and-review-all-new-honda-jazz.html

  15. ash permalink
    7 Juni 2011 13:45

    honda feat yamaha rakus amat yah…93%…ck…ck…ck….gak kasian ama suzi ama kawasaki apa…….

  16. 7 Juni 2011 13:48

    Ada yg mengatakan kalah modal, varian lbh byk, pabrik besar….
    Lah honda dimulai jg dr krisis modal, yg kolap bhkn pabrik baru dibangun dibomb di PD2. Tp lambat laun mulai bangkit dan jd no.1 didunia.

    Ank FBY yg berkoment spt diatas menunjukan seseorg yg frustasi atw pasrah aja. Yaa klo bgt trz bkalan terseok2.

  17. mr. e permalink
    7 Juni 2011 13:52

    nice info gan.. lanjut…, ane tunggu per segmentnya gan….

  18. Nobita permalink
    7 Juni 2011 13:55

    mudah2an yamaha gak ikutan latah dan tidak terjerumus kedalam pasar yang tidak sehat….
    stabil di angka 250-300 ribu perbulan, sebesar itulah permintaan yang riil dari pasar.

  19. 7 Juni 2011 13:55

    sepeda nambah banyak, tapi lebar jalan tetep… jadinya macet deh…. kekeke

  20. topa permalink
    7 Juni 2011 14:00

    kl terjadi krisis kredit macet.,bisa berdampak buruk buat perekonomian indonesia…….spt terjadi di amerika thn kemaren…

  21. nangke permalink
    7 Juni 2011 14:02

    ahm juara = sudah tradisi :mrgreen:

  22. 7 Juni 2011 15:52

    apa menurut mbah yang membuat Yamaha tak seagresif beberapa waktu lalu

    • 7 Juni 2011 16:29

      mungkin bukan tidak agresif, tapi kalah cepat dan kalah tangkas dalam penetrasi pasar. tapi, boleh jadi ada alasan lain yah, kita tidak bisa tahu lebih dalam isi dapur para pabrikan. salam

  23. arsenal permalink
    7 Juni 2011 15:54

    coba di itung di motor tarikan leasing,motor merk apa yang paling bersinar,apa sebab nya motor itu jd top lelang karena paling banyak nangkring.trus merk apa yang paling di cari 2nd nya.

    • Awakku_1927 permalink
      7 Juni 2011 17:10

      yo itungen dhewe dul…

      • arsenal permalink
        7 Juni 2011 22:57

        kapan kapan mas bro,tak coba lihat di lelangan alto

    • Nobita permalink
      7 Juni 2011 19:40

      sebenarnya mungkin gak etis untuk memposting di blog tapi tidak apa-lah..
      saya bekerja di sebuah instansi bernama DJKN.
      motor tarikan pada umumnya di lelang.
      dalam tahun ini saja, telah beberapa kali kantor-kantor di bawah instansi tempat saya bekerja, melaksanakan lelang kendaraan bermotor atas permohonan dari balai lelang.
      motor2 tersebut merupakan hasil tarikan leasing dari para konsumen yang wanprestasi, kemudian diajukan untuk dilelang melalui balai lelang.
      salah satu contoh, bulan april kemarin, di bandar lampung di lelang 380 motor hasil tarikan leasing…
      dan lebih dari 300 unit motor tersebut adalah merk honda dari berbagai varian (abs revo paling banyak), sedangkan yamaha cuma beberapa puluh dan suzuki beberapa unit.

      http://www.djkn.depkeu.go.id/content/berita/lelang/lelang-400-a.html

      jenis dan merk motor bisa anda lihat dari model head lamp-nya.

      http://www.djkn.depkeu.go.id/content/berita/lelang/kpknl-bima-l.html

      • arsenal permalink
        7 Juni 2011 23:01

        maaf mas nobita,linknya susah di buka

  24. raya permalink
    7 Juni 2011 18:00

    mungkinkah ada orang pada beli (kredit) yamaha cuma tergiur undian 2 miliar.. giliran gak dapet angsuran gak dibayar..

  25. Kang_OmprenX permalink
    7 Juni 2011 18:40

    Yamaha sekarang OVERPRESS sih…

  26. Kang_OmprenX permalink
    7 Juni 2011 18:43

    spacy gmn prestasinya Om?

    • 7 Juni 2011 18:50

      hemmm…mesti nyari2 dulu neh, smoga cepat terkumpul infonya, salam.

  27. 7 Juni 2011 18:55

    Nobita permalink
    7 Juni 2011 13:55
    0
    0

    Rate This

    mudah2an yamaha gak ikutan latah dan tidak terjerumus kedalam pasar yang tidak sehat….
    stabil di angka 250-300 ribu perbulan, sebesar itulah permintaan yang riil dari pasar.
    ==============================
    Muooosoook

  28. dendy permalink
    7 Juni 2011 19:48

    Mbah edo… Cbr 250R gmn penjualanya…. ?

  29. 8 Juni 2011 01:11

    @nobita
    ane pnh liat brita di mnctv leasing baf digrebek massa gara2 vegazr sipembeli gk byr 5 bln.dan ditarik paksa. 2x ane liat vegazr dan jupie mx lawas. Lgi2 BAF diamuk massa.

  30. 8 Juni 2011 01:17

    @nobita lgi
    seandainy ahm overstock pastinya akn spikez. Dr 340rb dibln kmrn jd 200rbn.tp nyatanya naik trz. 300 unit motor tu sdikit ntah tu bnr atw ini hny BC.

    Produsen yg kaya inovatiflah yg akn menang..
    Yg lain smakin pasrah

  31. landap permalink
    8 Juni 2011 07:04

    mari kita lihat secara logika, kalo suatu produk ga laku buat apa di buat banyak2, jadi bisa kita lihat dari data yg ada, masa dlm 5 bulan produknya naik terus, mau di tumpuk dimana tu ………. kalo yg naik turun itu yg bahaya, mungkin bln ini di produksi besar-besaran bulan depan dikurangi karena jaga stok yyg numpuk ……………..

    • Nobita permalink
      8 Juni 2011 09:58

      naik terus….?
      hahahaha……
      jumlah distribusi naik seiring dengan bertambahnya jumlah varian….
      karena varian baru otomatis akan di produksi dan didistribusikan ke dealer untuk membuat stock di dealer.
      gejala spike produk honda rata-rata 3-4 bulan pertama sejak produk brojol…

      lima bulan pertama dengan lima varian baru….
      jika dirata-ratakan setiap varian di produksi sekitar 20.000 unit/bulan, maka seharusnya jumlah distribusi pada bulan kelima meningkat 100 ribu dari bulan pertama……

      walaupun serapan pasar sebenarnya cuma 300 ribu/bulan…tapi distribusi akan berada di angka 380-400 ribu perbulan pada bulan kelima , karena yang 80-100 ribu merupakan varian baru yang didistribusikan untuk membuat stock di dealer.

      jika di bulan kelima distribusi hanya berada diangka 370an ribu, berarti varian lama udah mulai tergerus sebesar 10-30 ribu oleh varian baru terutama oleh varian baru di bulan pertama sampai ketiga tadi…

  32. rahmats permalink
    8 Juni 2011 11:04

    280rb itu aja jualnya susah, pake iming2 hadiah milyaran, untung konsumen udah pintar.

  33. arsenal permalink
    8 Juni 2011 11:47

    oh iya mas nobita,kalo yang terserap pasar sekitar 300rb perbulan,kok ahm dan yamaha malah ada rencana buat pabrik baru,ahm malah dah jadi tuh kayanya,.kalo masalah yang terserap pasar segitu,mas dapat data dari mana?apa nanya ke samsat.bisa jadi juga kan setiap pabrikan daya serap produk berbeda.logikanya gak mungkin nyetok terus tapi jualan mentok,malah mbuat pabrik baru,.
    Itu sih analisa saya,.

  34. kucrut_bike's ƪ(˘⌣˘)┐ ƪ(˘⌣˘)ʃ ƪ(˘⌣˘)┐ ƪ(˘⌣˘)ʃ permalink
    8 Juni 2011 15:29

    sudahlah itu semua kan hanya halusinasi dan pra sangka buruk dari Bro nobita saja.. maen dulu yuk sama Doraemon.. 😆

  35. landap permalink
    8 Juni 2011 18:09

    arsenal………. saya sangat setuju dgn sheringnya, masa kalo ga diserap pasar, mau bikin pabrik lagi ……….. aneh ??????????????????? …………

  36. 8 Juni 2011 21:06

    hmmmm

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: