Lanjut ke konten

Dulu Nyalain Lampu Ditilang, Kini Berbalik

24 Mei 2011

JUDUL tulisan di atas diambil dari curhat Pak Edi, seorang warga kota Bandar Lampung, Lampung. Pria beranak empat itu, bercerita sambil menemani kami dari Bandar Lampung ke Kalianda, Lampung Selatan, Selasa (24/5/2011).
“Peraturan itu aneh-aneh saja, dulu tahun 1990-an saya pernah ditilang karena lupa mematikan lampu utama. Petugas bilang, lampu saya menyilaukan mata,” sergah Pak Edi.
Sekarang ini, lanjutnya, justeru kebalikannnya. “Saya pernah lihat ibu-ibu ditilang karena gak menyalakan lampu siang hari. Kejadiannya di luar kota Bandar Lampung,” tutur dia.
Pria yang memiliki empat sepeda motor itu, bercerita bahwa di kotanya, setiap pagi petugas mengingatkan pemotor menyalakan lampu. Pemotor yang dia lihat sering melanggar aturan ketika kondisi lalu lintas macet.
Aturan wajib menyalakan lampu utama bagi pemotor mencuat dalam UU No 22/2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ). Bahkan, sanksi bagi pelanggar aturan tersebut sudah disediakan. Sanksi denda maksimal Rp 250 ribu atau sanksi kurungan badan maksimal satu bulan.
Oh ya, tahun 2010, di wilayah Polda Lampung terjadi 1.233 kasus kecelakaan lalu lintas jalan yang merenggut 600 nyawa manusia. (edo rusyanto)

15 Komentar leave one →
  1. Xeonerlamb permalink
    24 Mei 2011 18:46

    Sepi
    Embat dlu pertamax e

  2. 24 Mei 2011 18:49

    bensin miskin gpp deh..

  3. 24 Mei 2011 18:52

    ane dulu waktu kuliah pasti memberi kode kpda pemotor yg menyalakan lampu d siang hari supaya dimatikan. Entah itu pake kode tangan atau kode lampu jg. Mereka kayanya brtrmksh pdku, xixixi.. Dan mematikan lampunya..

  4. 24 Mei 2011 18:52

    isya dulu mbah

  5. 24 Mei 2011 19:03

    emang semakin membingungkan..

  6. 24 Mei 2011 22:19

    Ini akibat pemimpin dan wakil rakyat pada keblinger benar jadi salah salah jadi benar neraka jahaam menanti mereka yg suka dusta dan khianat terhadap rakyat.

  7. Top permalink
    24 Mei 2011 23:44

    Tetep…… AHO no, DRL yes !!!

  8. 25 Mei 2011 03:30

    sama persis mr edo, ini udah makanan sehari hari pengendara moge awal tahun 2000an inget jaman pake cagiva mito sama monster 600 dulu, gara gaea teknologi klik byarnya malah sering kena protes hehehe.

  9. 25 Mei 2011 07:50

    yang haram jadi halal n wajib… ya begtilah kehidupan…

    http://otobizz.blogspot.com/2011/05/video-and-pictures-new-vw-beetle-2011.html

  10. 25 Mei 2011 08:52

    ya.. apa boleh buat lagi.

    perlindungan hak paten jepara

  11. Awakku_1927 permalink
    25 Mei 2011 09:18

    hahahaha…. namanya juga aturan buatan manusia, pasti lekang oleh jaman… lain kalo aturan buatan sang pencipta… bisa berlaku dari awal sampai akhir jaman…

    Sayangnya hukum buatan sang kholiq sekarang malah sering diabaikan

  12. 25 Mei 2011 17:30

    gede banget gambarnya om xixixi…..
    Always nyalain lampu utama kok om, feel saya kendaraan yang didepan saya lebih ‘ngeh’, klo g ‘ngeh’ terpaksa diklaskon/dim/suara knalpot dikit.

    http://beckhem.wordpress.com/2011/05/25/pilih-pertamax-atau-shell-super/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: