Lanjut ke konten

Honda Perkuat Pangsa Pasar di Jawa

23 Mei 2011

JAWA adalah pasar sepeda motor paling gurih. Bayangkan, wilayah paling padat penduduk di Indonesia itu, mampu menyerap lebih dari 50% dari total penjualan motor di Indonesia.
Karena itu, para pabrikan sepeda motor bakal berlomba-lomba memperkuat penetrasi di Jawa. Maklum, seluruh pabrikan motor yang kini beroperasi di Indonesia, membangun pabriknya di Jawa.
Honda, merupakan pemain bisnis motor yang sadar betul akan hal itu. Pada Januari-April 2011, Honda memperkuat pangsa pasar menjadi sekitar 54,18% dibandingkan periode sama 2010 yang sekitar 47,50%. Pada empat bulan pertama 2011, pasar Jawa menyerap sekitar 1,4 juta motor atau setara dengan sekitar 52% dari total pasar motor Indonesia.
Buntut dari agresifnya Honda, pangsa pasar para kompetitornya pun pada keblingsatan. Yamaha misalnya, harus mencatat penurunan pangsa pasar dari sekitar 46,48% menjadi sekitar 39,95%. Demikian pula Suzuki yakni turun dari 4,65% menjadi 4,61%, lalu Kawasaki dari 1,23% menjadi 1,17%.

Daya gedor Honda yang diproduksi PT Astra Honda Motor (AHM) tak terlepas dari strategi produsen tersebut menggenjot penjualan di segmen motor skutik. Terbukti, kini AHM sudah menguasai pasar skutik, menggeser Yamaha yang selama ini dikenal menguasai motor otomatis itu.
Dari sisi volume, Honda mampu mendongkrak penjualan hingga sekitar 23%, sedangkan kompetitor paling dekatnya, yakni Yamaha, justeru turun tipis sektiar 7%.
Jawa memang masih terus memikat, walau trennya tak setinggi Sumatera. Pada Januari-April 2011, volume penjualan di Jawa hanya naik tipis yakni sekitar 8%, sedangkan di Sumatera bisa bertumbuh sekitar 36%.
Tak aneh, mengingat tren pembangunan transportasi massal umum di wilayah Jawa terus menggurita. Kecenderungan masyarakat memanfaatkan angkutan umum pun terus bertambah. Sepeda motor, sekalipun masih menjadi alternatif utama, cenderung bakal menurun. Tentu saja, ini sekadar analisis orang awam. Entah menurut para ahli, atau para pelaku bisnis itu sendiri. Kalau menurut Anda? (edo rusyanto)

13 Komentar leave one →
  1. 23 Mei 2011 05:38

    pertamax mbah

  2. 23 Mei 2011 05:39

    langsung klimaxx aja deh.. Ahihihi

  3. 23 Mei 2011 05:41

    inden vartech dan beAt t4ku msh mengular. Kalo sikupi mah bnyk mejeng d diler

  4. 23 Mei 2011 05:41

    mandi dulu ah, siap2 gawe.. Podium dah diamankan

  5. EXYBAND permalink
    23 Mei 2011 06:29

    wow podium disabet sama bro purnomo semua…

  6. arsenal permalink
    23 Mei 2011 07:23

    djava,java.jawa,jew,jewish

  7. Kakang ali permalink
    23 Mei 2011 09:15

    Setelah Jawa aman gantian Sumatera yang akan dilibas Honda.

  8. ncham permalink
    23 Mei 2011 10:41

    wah.wah.wah.ada yg kbakaran jenggot g y

  9. 23 Mei 2011 11:33

    salut salut

  10. agoey permalink
    23 Mei 2011 11:34

    kapan ya, pabriknya pindah ke sumatra… smua pembangunan terkonsentrasi di jawa…

    http://agoey.wordpress.com/2011/05/23/juni-suzuki-putuskan-masa-depannya-di-motogp/

  11. 23 Mei 2011 13:10

    wooow Yamamah gak berdaya banget tuch di Jawa….

    http://otobizz.blogspot.com/2011/05/video-highlight-f1-spanish-gp-podium.html

  12. softech_niQ permalink
    23 Mei 2011 18:13

    kl KTM pabrikx dmn ya,,??,,dealerx kuat bgt nih dbontang,tvs aja blm stahun udah tutup…bajaj msh tahan laah,tp cm majang satu motor doank,,,,yg pnting msh buka.

  13. 24 Mei 2011 14:57

    semua motor ada disini http://bursa88.com/category/motor-cycle/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: