Lanjut ke konten

Dua Jam Bersama Tim Elit Road Safety Pulsarian

15 Mei 2011

Situasi sharing road safety. (benny)

APA gunanya berkumpul dalam komunitas pesepeda motor? Jawabannya pasti beragam. Mulai dari sekadar mencari teman, menyalurkan hobi, hingga untuk kegiatan sosial.

Saya menduga, minim yang menjawab untuk meningkatkan penyebarluasan keselamatan jalan alias road safety. Di antara komunitas yang serius soal road safety adalah Pulsarian Community.

foto:edo

Saat saya diminta untuk berbagi dan memotivasi Pulsarian Safety Riding Team (PSRT) Pulsarian di Polresta Bogor, Kedung Halang, Bogor, Minggu (15/5/2011) pagi, sontak saya mengiyakan. Karena itu, meluncurlah saya menuju lokasi yang memakan waktu tempuh sekitar 45 menit dari Cipayung, Jakarta Timur.

Aroma keselamatan jalan amat kental di ruang aula milik Kepolisian Resort Bogor Kota, tempat penggodokan 22 anggota PSRT Pulsarian. Maklum, komunitas ini saya mengenal beberapa nama yang cukup concern terhadap road safety. Ada bro Benny, bro Ndee, dan bro Neman. Ketiganya cukup giat menyuarakan pentingnya keselamatan jalan, termasuk keselamatan bersepeda motor (safety riding).

foto:benny

Tim yang mengikuti PSRT Training Camp tahun 2011 ini berasal dari berbagai wilayah, mulai dari Jakarta, Bogor, Tangerang, hingga Bontang, Kalimantan Timur. “Mereka diharapkan bisa menularkan pengetahuan keselamatan jalan kepada sesame anggota hingga ke masyarakat,” ujar bro Ndee, ketua harian Pulsarian, saat berbincang dengan saya, Minggu pagi.

Mereka selama dua hari digojlok berbagai materi. Mulai dari soal safety riding, etika dan peraturan keselamatan jalan, praktik, hingga bagaimana berbicara di muka publik. “Konsep ini baru diterapkan oleh kami. Training kali ini adalah pilot project,” papar bro Herwin, chief PSRT.

Saat tanya jawab (foto:benny)

Penegakan Hukum dan Kultur

Bro Neman sempat menambahkan soal problem kultur masyarakat kita yang diwariskan oleh penjajahan para kolonial. Dia menduga, mentalitas bangsa jajahan yang negatif tercermin hingga kini, termasuk saat berkendara di jalan. “Mentalitas yang harus dipecut untuk mengubah perilaku,” sergahnya.

Saya bersama bro Neman. (foto:benny)

Saya yang didaulat menyampaikan soal etika dan peraturan terkait keselamatan jalan, membuka dengan mengajak peserta training untuk membeberkan apa saja problem road safety yang ada saat ini. Bermunculanlah komentar dari para peserta. Ada yang menyebutkan bahwa keselamatan jalan Indonesia sudah fase chaos. Lalu, ada yang menilai hal itu karena ketidakdisplinan para pengguna jalan. Tidak tertib, kurang sopan santun, penegakan hukum yang masih lemah hingga persoalan infrastruktur jalan.

Waktu terus bergulir. Sebagai penyegar, saya putarkan kartun mengenai etika berkendara. Ternyata cukup membuat suasana lebih cair. Terdengar suara tawa dan senyum. Diskusi kian interaktif memasuki babak tanya jawab.

Saya bersama bro Ndee. (foto:benny)

Perbincangan mengalir mulai dari soal kultur tadi hingga soal tips agar mudah mengajak orang untuk sadar tentang keselamatan jalan. Saya selalu menempatkan aspek pendekatan dampak dan manfaat berkendara yang aman dalam mengajak orang untuk lebih peduli dengan sesama pengguna jalan. Termasuk, memberi contoh, misalnya, memakai helm setiap bersepeda motor sekalipun untuk jarak di bawah satu kilometer.

Bro Herwin, saya, dan bro Edy Sunardi, saat menyematkan pin Pulsarian ke saya. (foto:benny)

Di tengah masih lemahnya penegakan hukum di jalan, serta belum maksimalnya sinergi stake holder lalu lintas jalan, peran masyarakat menjadi penting. Masyarakat madani menjadi mutlak. Masyarakat yang peduli dengan sesama pengguna jalan dengan konsep selalu disiplin dan tertib dalam berkendara. Muara semua itu adalah kian aman, nyaman, dan selamat saat berkendara. Jumlah dan fatalitas kecelakaan kian tereduksi.

Bro Herwin, saya, dan bro Edy Sunardi, saat penyerahan kenang-kenangan buku saya untuk Pulsarian. (foto:benny)

Oleh karena itu, kiprah Pulsarian yang membekali tim PSRT nya dengan pengetahuan aturan dan etika, serta keterampilan berkendara, menjadi langkah yang patut diacungi jempol. Pulsarian menjadi bagian dari masyarakat yang memberdayakan dirinya sendiri. “Syukur jika kami dapat menularkannya kepada komunitas yang lain,” kata bro Edy Sunardi, ketua umum Pulsarian, sebelum saya pamit kembali ke Jakarta. (edo rusyanto)

9 Komentar leave one →
  1. 15 Mei 2011 19:22

    hmmm…jadi pengen ikutan…

    mbok jadwal sampeyan mau ngisi dimana dipost juga pak edo….

    mo terbit nih:
    http://kangmase.wordpress.com/2011/05/15/3-premium-4-pertamax-plus-7-pertamax/

    • 15 Mei 2011 19:47

      siaappp…aku tulis di fb dan twitter mas bro, hehehehe…btw, trims atensinya yah. salam

  2. 15 Mei 2011 21:18

    Pak Edo Gimana kalau Kartun nya di Pasang di Youtube biar yang lain bisa akses juga, terimakasih..

  3. 15 Mei 2011 21:54

    Mantabs om eyang edo….
    Terimakasih om eyang edo yg telah membagikan sharing knowledge melalui sudut pandang yg berbeda…
    Maju terus om eyang edo…
    Salam safety attitude…
    Daniel #777
    Pra tangerang

  4. 15 Mei 2011 21:56

    update moto gp le mans 2011

    video insiden Pedrosa vs Simoncelli :
    http://otobizz.blogspot.com/2011/05/video-highlight-motogp-le-mans-2011.html

  5. 16 Mei 2011 02:58

    nitib :Striping baru Yamaha Byson: http://wp.me/p17zMT-cy

  6. Yan Marten permalink
    19 Mei 2011 11:07

    Alhamdulillaah semoga gak sia-sia patungan dana ama pak ketua buat ngeberangkatin 1 ranger muda buat embrio saf rid di bontang, makasih bro Edoo atas tulisannya……
    Yan Marten #1393 Pra Bontang a.k.a PITON

  7. untung suharto permalink
    9 Desember 2011 09:50

    wah syukurlah kalau sekarang ada wadah untuk biker yang mematuhi SAFETY RIDING ini sesuatu yang baru buat biker dan pengendara sepeda motor lainya…sudah sangat banyak kecelakaan karena kurang pengetahuan atau bahkan tidak tahu (tapi sok tahu) cara2 berkendara yang aman.kalau perlu untuk semua pengendara sepada motor harus punya dan dibekali pengetahuan tentang SAFETY RIDING ini saat mengurus SIM dan STNK dan saat membeli sepeda motornya.sekali lagi saya ucapkan SELAMAT para pengurus biker di Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: