Skip to content

Buruh dan Pemotor

1 Mei 2011

mudik1_david

BURUH dan pemotor. Bagi saya, keduanya berkaitan erat. Ada buruh yang bekerja di industri sepeda motor. Ada juga buruh yang menjadi pemotor alias memakai sepeda motor sebagai alat transportasi.

Di Indonesia, menurut data Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (Aisi), pada 2009, sedikitnya ada sekitar 308 ribu tenaga kerja alias buruh yang terlibat di industri motor. Mulai dari perakitan hingga bengkel-bengkel motor. (lihat tabel)

Di Indonesia juga, saat ini, sedikitnya ada sekitar 50 juta sepeda motor yang beredar. Kalau rata-rata satu orang memiliki dua motor, berarti ada sekitar 25 juta orang pemotor. Maksudnya, orang yang memanfaatkan motor sebagai alat transportasi.

Pemotor memanfaatkan roda dua untuk beragam keperluan. Mulai dari untuk mengantar anak sekolah, kuliah, bekerja, wiraswasta, berinteraksi sosial, hingga rekreasi.

Bagi saya lagi, para buruh yang bekerja di industri motor mendukung masyarakat untuk memenuhi kebutuhannya untuk bermobilitas. Sebaliknya, para pemotor yang membeli produk para buruh tadi, menghidupi para buruh dan keluarganya. Saling berkepentingan.

Bagaimana jika salah satu dari mereka itu berhenti? Konsumen tak sudi membeli motor? Atau, buruh motor tak sudi bekerja lagi karena kesejahteraannya tidak memadai?

Saya memperkirakan terjadi stagnasi yang lumayan mengganggu produktifitas para pekerja. Maklum, saat ini, angkutan umum massal belum mampu melayani seluruh kebutuhan mobilitas masyarakat. Motor menjadi alternatif.

Peran buruh menjadi penting bagi para konsumen. Dan, sudah pasti bagi para pemilik modal. Karena itu, hubungan yang harmonis di antara buruh dan pemilik modal yang diwujudkan dengan kesejahteraan yang memadai bagi buruh, menjadi dambaan banyak orang.

Hari ini, 1 Mei 2011, hampir diseluruh dunia merayakan Hari Buruh. Seperti dikutip dari Wikipedia, 1 Mei sebagai bagian dari mengenang perjuangan sekitar 400 ribu buruh di Amerika Serikat yang mengadakan demonstrasi besar-besaran untuk menuntut pengurangan jam kerja mereka menjadi 8 jam sehari. Aksi ini berlangsung selama 4 hari sejak 1 Mei 1886. Peristiwa kelam itu memicu ratusan orang tewas akibat ditembak penguasa di negeri tersebut dan para pemimpinnya ditangkap kemudian dihukum mati.

Dalam persfektif saya, kita semua saling membutuhkan. Bak mata rantai, satu saja terlepas, kondisinya bisa runyam. Walau di sisi lain, ada fakta bahwa risiko bersepeda motor juga menimbulkan sisi kelam yang bernama kecelakaan lalu lintas jalan. Di sini, peranan semua pihak, terlebih pemerintah menjadi dominan dalam mewujudkan sistem transportasi umum massal yang aman, nyaman, terjangkau, dan selamat. (edo rusyanto)

Iklan
9 Komentar leave one →
  1. softech_niQ permalink
    1 Mei 2011 07:53

    shell soeper

  2. softech_niQ permalink
    1 Mei 2011 07:55

    pertamaxxxxx racing

  3. softech_niQ permalink
    1 Mei 2011 07:56

    podium habis,,,,

  4. satriyabisniss permalink
    1 Mei 2011 16:42

    NUMPANG INFO YA BOS… bila tidak berkenan silakan dihapus:-)

    LOWONGAN KERJA GAJI RP 3 JUTA HINGGA 15 JUTA PER MINGGU

    1. Perusahaan ODAP (Online Based Data Assignment Program)
    2. Membutuhkan 200 Karyawan Untuk Semua Golongan Individu yang memilki koneksi internet. Dapat dikerjakan dirumah, disekolah, atau dikantor
    3. Dengan penawaran GAJI POKOK 2 JUTA/Bulan Dan Potensi penghasilan hingga Rp3 Juta sampai Rp15 Juta/Minggu.
    4. Jenis Pekerjaan ENTRY DATA(memasukkan data) per data Rp10rb rupiah, bila anda sanggup mengentry hingga 50 data perhari berarti nilai GAJI anda Rp10rbx50=Rp500rb/HARI, bila dalam 1bulan=Rp500rbx30hari=Rp15Juta/bulan
    5. Kami berikan langsung 200ribu didepan untuk menambah semangat kerja anda
    6. Kirim nama lengkap anda & alamat Email anda MELALUI WEBSITE Kami, info dan petunjuk kerja selengkapnya kami kirim via Email >> http://www.penasaran.net/?ref=cdizbb

  5. 1 Mei 2011 19:30

    saya salah satu penguna dan buruhnya

  6. 1 Mei 2011 20:39

    OOT dikit kang!
    coba bayangkan, semua sepeda motor pada gambar di atas secara bersamaan menghidupkan lampu, siang2, dg suhu berkisar antara 35-39 drajat celcius…. Apa yg terjadi????!!! Apakah akan berdampak pada pemanasan global??!!

    SAVE OUR EARTH!

  7. Tukang Ngibul permalink
    2 Mei 2011 00:47

    tadi siang ada konvoi “lumayan” besar lewat by pass….kirain rombongan mana nga tau nya rombongan One HEART…..ampun macetnya ngga ketulungan….

  8. 2 Mei 2011 12:37

    motor nasional gak berkembang tapi

  9. 3 Mei 2011 13:50

    hmmmm

    *mencoba memahami…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: