Lanjut ke konten

Yamaha Byson? Kenapa Gak?

22 April 2011

dok.ymki

WAJAH bro Jayadi berbinar-binar. Sesekali dia menyeruput minuman yang ada di depannya. Dia berseloroh bahwa suatu ketika dirinya dipersilakan memarkir tunggangannya di lobby.

“Dikiranya gue pakai

moge (motor gede),” kata bro Jayadi, suatu ketika disebuah cafe di Bogor, Jawa Barat.

Padahal, lanjut dia, saat itu yang menjadi tunggangannya adalah sepeda motor sport Yamaha Byson. Motor sport berkapasitas mesin 150cc dengan sistem karburator.

Pengalaman bro Jayadi boleh jadi tidak banyak. Namun, jika mau jujur, penampilan sang Byson memang cukup gagah. Menarik perhatian para pengguna jalan, khususnya para pemotor.

Saat menjajal pertamakali di sirkuit Sentul dan kedua kali di Bromo, Jawa Timur, motor sport yang dibanderol Rp 19,9 juta per unit itu, rasanya memang berbeda dibandingkan motor sport andalan PT Yamaha Motor Kencana Indonesia (YMKI) lainnya, yakni Yamaha Vixion. Ya jelas bedalah pak Edo, wong Byson ditargetkan untuk mereka yang gemar touring, sedangkan Vixion cenderung untuk sport ‘tulen’.

Di pasar Indonesia, tahun pertama diluncurkan, yakni pada September 2010, Byson terjual rata-rata per bulan sebanyak 5.800-an unit. Sebuah angka yang cukup bagus jika dibandingkan tahun pertama Vixion dipasarkan, yaitu 2007 yang hanya sekitar 3.500-an unit per bulan.

Namun, memasuki tiga bulan pertama 2011 atau memasuki tahun kedua, pergerakan Byson belum selincah tahun lalu. Lihat saja catatan kinerjanya yang hanya rata-rata sekitar 4.200-an unit. Bandingkan dengan Vixion yang tahun kedua langsung tancap gas dengan rata-rata penjualan per bulan mencapai sekitar 8.700-an unit.

Walau, dari sisi penguasaan pangsa pasar, Byson menorehkan catatan lumayan bagus yakni dari sekitar 4,49% pada 2010, menjadi sekitar 7,49% per triwulan pertama 2011.

Di sisi lain, Byson juga punya catatan menarik. Kontribusinya terhadap total volume penjualan YMKI cenderung meningkat. Pada 2010, kontribusinya baru sekitar 8,92%, ehh…pada 2011 melejit menjadi sekitar 15,94%. Sedangkan dua motor sport lainnya, yakni Vixion dan Scorpio Z, kontribusinya justeru menurun. (lihat grafik)


Berjalan Lamban

Mengapa Byson lebih lambat panas dibandingkan Vixion?

Jawaban paling atas, ini versi saya, ketatnya persaingan di segmen motor sport. Bagaimana tidak, selain bersaing dengan pesaing satu atap, yakni dengan Vixion, di kubu lain Byson harus berhadapan dengan motor sport anyar PT Astra Honda Motor (AHM), Honda New Megapro. Motor sport AHM tersebut, langsung menyedot minat konsumen. New Megapro yang bermesin 150cc itu, masuk ke pertamakali ke pasar domestik pada Agustus 2010 dan mampu meraih penjualan rata-rata per bulan sekitar 12.600-an unit.

Faktor lain, masih versi saya, dari sudut strategi pemasaran. Maksudnya, promosi via iklan televisi. YMKI tampaknya tidak menggenjot iklan Byson di televisi, sedangkan New Megapro langsung disokong oleh iklan yang cukup agresif di layar kaca kita. Jangan lupa, calon konsumen kita kerap menempatkan iklan televisi sebagai salah satu rujukan citra sebuah produk. Maklum, tipikal masyarakat kita juga suka tayangan audio visual. Oh ya, lewat iklan televisi pula pengenalan sebuah produk bisa menjangkau pasar yang lebih luas.

Hemmm….apalagi yah yang bikin sang Byson kurang lincah dalam merangsek pasar dibandingkan New Megapro? Ada yang tahu? (edo rusyanto)

43 Komentar leave one →
  1. Casper permalink
    22 April 2011 10:10

    Larinya ga segahar bodinya mungkin….

  2. 22 April 2011 10:19

    1.pabrik kecil
    2.masih banyak masalah, jadi masih disempurnakan.

  3. Dani Ramadian permalink
    22 April 2011 10:24

    Launch-nya cuman dari Sukapura ke Savana Bromo
    Beda dengan NMP yg dari Jakarta brani sampe ke Bromo

    xixixixi
    (meski nggak ada ayam dingin gpp)

  4. 22 April 2011 10:29

    @maskur: trims infonya mas bro. apakabar nih kilang minyak?

    @dani: ayam dinginnnnnnnnn….dudu dudu du du du….mengkeret deh…

  5. herimoko permalink
    22 April 2011 10:29

    Yng jelas indent nya lama….

  6. satriafu150 permalink
    22 April 2011 11:00

    Yang paling jelas line produksinya yang masih kurang mengakibatkan indent mengular panjang, saya yakin apabila line produksi setara Vixi maka bisa digenjot penjualannya. Semoga saja ini bisa terealisasi dengan penambahan pabrik Ymh yang baru.

  7. beckhem permalink
    22 April 2011 11:03

    kapasitas produksiny g sekenceng kompetitor,jd wajar g gt kenceng jualanny dan wajar jg indenny lama hehe:-)inden lama bikn g sabar dan bkn mindset produkny susah didapet,lha wong butuhny cepet,ya jadiny lari dh ke kompetitor:-)

  8. 22 April 2011 11:29

    @satriafu dan beckhem: artinya, YMKI harus tambah kapasitas produksi Byson yah?

  9. smashrider permalink
    22 April 2011 11:38

    Kalo saya cenderung melihat di faktor kalahnya kemampuan produksi byson terhadap permintaan pasar….konsumen kayaknya akan lebih memilih motor yang indennya lebih pendek guna secepatnya memenuhi kebutuhan tunggangan harian..ingat lo,masyarakat Indonesia menjadikan roda 2 sebagai tansportasi utama

  10. Arsenal permalink
    22 April 2011 11:39

    Kalau pendapat saya om,
    lagi lagi ini masalah kapasitas produksi ymki yg mentok,byson denger denger ada part yg impor dari hindihe .mungkin itu cukup mengerem prod byson,itulah sebbnya ymki tdk mengiklankan mtr ini.ymki tdk mau inden makin panjang.byson d plot sbg back up vixi.kalo penjualan vixi melemah,kran penjualan byson akan d buka dikit dikit.

  11. Topa Jatim permalink
    22 April 2011 13:04

    iya nich Byson harus di genjot produksinya biar pembeli gak berpaling arah ke NMP…….

    Moso’ mau beli motor inden sampe berbulan-bulan……….

    • 22 April 2011 13:26

      Sekarang ini indennya berapa bulan bro?

      • ImpreSSo permalink
        24 April 2011 10:38

        Ane pernah tanya ke dealer yamaha di purwokerto, inden bisa smp 4 bln……. salam kenal om dari wong penginyongan..

  12. Tukang Ngibul permalink
    22 April 2011 13:21

    tongkrongannya kaya kucing mao berantem…..!!!

  13. beckhem permalink
    22 April 2011 13:34

    betul om edo,YMKI kudu ningkatin produksi,biar bs ngimbangin demand produk ningkatin daya saing dgn kompetitor,jngn lupa jg aftersalesny jg ditingkatin,biar konsumen loyal:-)

    • masterXeon permalink
      22 April 2011 13:44

      klo masalah layanan aftersales saya setuju, honda jauh lebih baik….
      di tempat saya sekarang, pelayan purna jual yamaha sangat jauh dari memuaskan…

      kalau masalah ketersediaan spare part sih oke, banyak, tapi yang sangat kurang itu adalah manajemen dan pelayanan bengkelnya…jauh dari memuaskan.
      bayangkan, untuk servis pertama atau kedua aja (motor baru), yang palingan cuma ganti oli dan cek2 sedikit aja, konsumen kadang harus antri 3-4 jam…
      konsumen banyak mengeluh soal ini….

      • 22 April 2011 13:53

        kok bisa berjam-jam gitu yah?

        • masterXeon permalink
          22 April 2011 14:26

          mekaniknya cuma beberapa orang sedangkan antriannya banyak. (gak tau kenapa gak tambah mekanik)
          dan juga pelayanan servis gratis (1-4) tidak dipisah dengan pelayanan servis non garansi (bayar), jadi yang servis pertama pun harus ikut antri bersama yang servis non garansi (bayar). padahal yang servis non garansi itu biasanya memakan waktu lama, apalagi kalau servis besar, sedangkan yang servis pertama paling cuma 10-15 menit.

  14. masterXeon permalink
    22 April 2011 13:34

    lakunya cuma sedikit…, tapi susah dapat barangnya….
    gimana sih ini YMKI…?
    sepertinya gak niat jualan byson deh.., lebih niat jualan Scorpio…..
    scorpio kadang gak harus inden tuh….

  15. 22 April 2011 13:55

    Byson indent 3 bulan

  16. 22 April 2011 13:56

    Keburu New CBR150R brojol… Alamak bisa pindah kelain hati beta!

  17. anggi permalink
    22 April 2011 14:12

    byson lama indennya om edo…

    mas rudi triatmono inden byson berapa bulang gitu

  18. rony permalink
    22 April 2011 14:33

    iya..padahal byson bagus desainnya…saya meskipun penggemar honda, kesengsem juga liat byson ni..hehehe..
    tadi pagi waktu jalan2 liat pak polisi naik byson berplat dines polisi…
    kayaknya motor2 produk YMKI banyak yang dipake polisi ya…di daerah ane sekarang, kediri-jatim, ud sering liat pak polisi bermotor dines new scorpio n byson…

  19. 22 April 2011 14:56

    sya kira byson overprice.. hanya jualan tampang, but performa kurang… ato malah strategy ymki sendiri.. yang jelas kalo mo ngejar jualan NMP sangat sulitttt… tpi semua kembali ke konsumen.

    video bola update :
    http://bestsoccervideo.blogspot.com

  20. puff permalink
    22 April 2011 20:32

    mgkin setiap daerah beda ya peminatnya coz klo d jombang rata2 dealer yamaha pnya stok bison tp yg ad cm wrna putih ama biru

  21. satria_bajahitam permalink
    23 April 2011 00:19

    Mantap mbah artikelnya…heheh..

  22. icaq's permalink
    23 April 2011 01:21

    om edo….engine byson masih utuh dr india. yamaha india belom sanggup menyuplai permintaan yang lebih dr sekarang. mudah2an YIMM bs membenahinya dgn memproduksi sendiri engine itu. salam….

  23. wong ndeso permalink
    23 April 2011 06:28

    byson tertahan karena part2 nya masih gelondongan dari indihe…

  24. Pino Kio permalink
    23 April 2011 07:06

    larinya lemot kali Om….
    jadi penjualannya seret deh…

  25. Rollerman permalink
    23 April 2011 09:04

    yaaa selalu aja kalo melihat persaingan motor 150cc yg dliat NMP vs Byson,emgnya jagoan dr Yamaha cuman Byson aja???trus kmana Vixion???

    itulah fan boy,selalu mencari celah agar dirinya merasa menang,pdhal cuman 1 sisi aja

    • Purwanto permalink
      23 April 2011 23:45

      vixion ga usah diomongin, kan penjualannya udah paling bagus?
      Ini cerita soal byson dan scorpio yang notabene angka penjualannya
      masih jauh di bawah vixion, gitu kali ya??
      hehehe..numpang komen, biar ga jadi panas.

  26. 23 April 2011 19:02

    inden sudah hampir 5 bulan, mas tri dan pak haji taufik sudah bantu nyampein pada pak paulus tapi belum ada hasil, sudah email ymki tapi jawabannya standar prosedur, , , ,

  27. Rudy biker permalink
    23 April 2011 20:43

    sebenarnya saya pengen beli,tapi kok g punya duit..!!!!

  28. 24 April 2011 13:54

    udah sebulan nih nunggu byson yg udh dipesen….
    byson,aku masih setia menunggumu….
    mas-mas doain ya moga byson ane cepet datang….

  29. 24 April 2011 21:48

    Di goyang pake byson suruduk

  30. Hans permalink
    4 Mei 2011 10:56

    Mungkin YMKI memproduksi Byson terbatas melihat reaksi pasar dulu, klo banyak yg komplen terhadap Byson produksinya tidak diteruskan lagi, makanya konsemen harus hati2 jadi jangan menjadi uji coba YMKI

  31. Yamaha Mania permalink
    4 Mei 2011 23:38

    Ada barang abang sayang, g ada barang hati melayang….. kebiasaan yamaha klo ngeluarkan barang baru lelet…. apa kata dunia…

  32. jony juga permalink
    24 Agustus 2011 03:39

    amit-amit,ga ada tenaganya mas,,jual vixion ganti byson ahrghh…

  33. IWB permalink
    14 Oktober 2011 13:15

    BYSON TERHAMBAT KARENA PRODUKSI NYA YANG SEDIKIT DAN YANG INDEK BANYAK
    ADA YANG BISA SAMPAI 7 BULAN

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: