Lanjut ke konten

Jangan Terlena, Skutik Yamaha

31 Maret 2011

Yamaha Mio CW. (istimewa)


PADA Senin (28/3/2011) dan Selasa (30/2/2011), saya menulis tentang sosok sepeda motor skutik suzuki dan honda. Rasanya tak elok jika tak dilengkapi dengan sosok motor skutik yamaha. Ketiga pemain skutik ini merajai hampir 100% pasar skutik domestik.

Dari enam anggota Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (Aisi), ketiga pabrikan tersebut tergolong super serius menggarap pasar motor skutik. Dalam lima tahun terakhir, yamaha yang dibesut PT Yamaha Motor Kencana Indonesia (YMKI) menjadi pemimpin pasar. Memasuki 2011, kondisi berbalik, YMKI disodok oleh PT Astra Honda Motor (AHM), produsen motor skutik honda. Adakah YMKI terlena?

Persaingan di antara ketiga produsen motor skutik itu nyaris tergolong sengit pada awal 2011. Namun, siapa nyana, yamaha yang amat dominan sepanjang 2005-2010, harus tergeser pada 2011, setidaknya, pada periode Januari-Februari.

YMKI sempat melenggang sendirian pada 2005. Maksudnya, dari ketiganya, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) dan AHM belum melempar produk motor skutik ke pasar domestik. Praktis yamaha mendominasi penuh.

 

Gempuran Kompetitor

Kerasnya denyut gempuran dari produk kompetitor yamaha mulai terasa memasuki tahun 2010. Jarak antara YMKI dengan AHM di segmen motor skutik terpaut hanya sekitar 4%. Merupakan jarak terpendek sepanjang sejarah persaingan bisnis skutik dari rentang waktu 2006-2010.

Pada 2010 itu pula, AHM melengkapi peluru skutik menjadi empat merek dengan enam varian. Konsumen tinggal memilih mau tipe skutik konvensional, modern, hingga retro modern. Sedangkan YMKI bermain melalui tiga merek skutik dengan empat varian. Pada 2010 itu pula, YMKI menelorkan Yamaha Xeon, skutik berbalut mesin 125cc.

Sementara itu, SIS masih tenang-tenang saja dengan tiga mereknya. Pada 2010, SIS tak memiliki greget berarti. Justeru, memasuki akhir triwulan pertama 2011, persisnya 31 Maret 2011, SIS meluncurkan skutik Suzuki Hayate. Peluncuran ini tentu saja tak terlepas dari strategi SIS untuk merawat kesetiaan konsumen sekaligus memperbaiki penguasaan pangsa pasar di pasar domestik. Kita tahu, pada Januari-Februari 2011, SIS hanya mampu bermain di sekitar 3%.

Ya. Pada Januari-Februari 2011 ini pula, AHM menggeser YMKI dari singasana motor skutik. AHM menguasai sekitar 52%, sedangkan YMKI melorot menjadi sekitar 44%. Yamaha tertinggal sekitar 8%.

YMKI tak boleh terlena. Itu dengan catatan, jika ingin kembali merebut singasana motor skutik. Jangan lupa, saat ini, dari tiga tipe motor di pasar Indonesia, tipe skutik sedang naik daun. Pangsa pasar motor skutik telah melampaui motor bebek. Ini sejarah baru mengingat selama ini tipe bebeklah yang mendominasi pasar.

Artinya, pabrikan yang bisa merebut pasar skutik dan tentu saja didukung kekuatan di bebek, bakal bisa merebut tropy volume penjualan terbesar. Tak heran, jika hari ini, SIS meluncurkan Suzuki Hayate. (edo rusyanto)

22 Komentar leave one →
  1. JAFFAR_LEGEND OF THE CRAZY HORSE permalink
    31 Maret 2011 11:36

    yes pertamax dulu ❗

  2. JAFFAR_LEGEND OF THE CRAZY HORSE permalink
    31 Maret 2011 11:36

    sikat sekalian ach ❗

  3. JAFFAR_LEGEND OF THE CRAZY HORSE permalink
    31 Maret 2011 11:37

    kaya trio repsol nanti di jerez ❗

  4. 31 Maret 2011 11:43

    Kalo gak hati hati kepleset lho..

  5. 31 Maret 2011 12:07

    makasih data data nya pak edo, aku pinjem ya
    he he

  6. Suzuki Mania permalink
    31 Maret 2011 12:37

    Scoopy laris manis, Beat juga laku, Vario dan Vario Techno keren, PCX buat yg berkantong tebal. Suzuki coba menggebrak dengan amunisi baru Suzuki Hayate yg ditemani Spin, SkyD, dan SkyW. Dua merk ini coba melawan si Mio, Mio Soul, dan Xeon. Adu fitur, adu teknologi, bahkan saling menyombongkan diri. Siapa pemenangnya??

  7. BramX permalink
    31 Maret 2011 12:43

    YMKI udah jumawa duluan Om.
    merasa yg ada sekarang masih diterima pasar jd gak mau inovasi lagi.
    kalau udah begini baru tau rasa.
    sekarang jual mio aja susahnya minta ampun, harus kasih hadiah langsung, hadiah 2 M, umroh, emas, dll biar laku.

  8. thole permalink
    31 Maret 2011 13:47

    mio emang ga ada matinya, hahaha.. 😀

    handling mantab,
    performa mantab,
    bodi mantab,
    braking pun mantab,

  9. 31 Maret 2011 14:53

    sip dah

  10. Kakang ali permalink
    31 Maret 2011 15:14

    Koq warung Kang Edo tidak pernah kobong ya 😀
    Padahal kadang momennya ada 😀

  11. 31 Maret 2011 15:57

    Kayaknya dah saatnya tuh YMKI keluarin produk2 baru lagi terutama skutik…

  12. softech_niQ permalink
    31 Maret 2011 16:45

    thole,,,dah lama ga ke warung nih….

  13. Ftr permalink
    31 Maret 2011 18:55

    Tadi sore ketemu rombongan suzuki hayate, di pedongkelan mau ke arah kelapa gadin. Kok bikernya pada sruntulan ya??

  14. Ground zero permalink
    1 April 2011 07:45

    Haha,mio di bilang mantap.kalo mio nggak bangets,dari semua mtr yamaha ada 3 yg menurutku saru.pio-xeon-mio yg buncit.(walau jd best seller).
    Ayo yamha,saatnya inovasi,mio dah ketinggalan zaman.mari berubah.

  15. sekopati permalink
    1 April 2011 09:32

    wah sikupi ternyata bisa melibas xeon ya….

    • Caesar permalink
      6 April 2011 00:25

      Beda segmen lah… teknologinya aja beda juauh….

  16. AshleyzZzzz permalink
    1 April 2011 10:24

    mio trend nya menurun,,,pdhal kayanya banyak yg baru yah, malahan xeon jarang liat yg baru, tapi trendnya meningkat…mungkin didaerah laen yah….

  17. jonas permalink
    2 April 2011 19:01

    Seandainya xeon harganya 14,8jt pasti bisa bicara banyak. Udah telanjur jadi mending bikin xeon tanpa radiator seharga 14jt dg setting lebih ke kenyamanan daripada performa. Atau Soul diupgrade ke 125 tanpa radiator, atau mio pakai mesin fiore walau gak ngebut tapi irit. Atau…. Majesty 125

    • Caesar permalink
      6 April 2011 00:28

      Nah ini Baru usul yg bagus…. woey YMKI.. baca nih…

  18. www.prasetyojanjang.com permalink
    5 April 2011 09:42

    Bentar lagi bakalan kelibas juga tuh MIO nya.
    Coba dech dipikir2, dari dulu ampe sekarang apa sich yang berubah dari Mio kecuali lampunya?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: