Lanjut ke konten

Korban Kecelakaan Lalu Lintas Jakarta Meningkat

28 Maret 2011

KORBAN kecelakaan lalu lintas jalan di wilayah Polda Metro Jaya meningkat sekitar 7,5% pada 2010 dibandingkan 2009. Tahun lalu, total korban mencapai sekitar 10.346 orang, sedangkan tahun 2009 sebanyak 9.624 orang.

Dengan begitu, pada 2010, setiap hari ada 28 orang yang menjadi korban kecelakaan lalu lintas jalan di Jakarta dan sekitarnya.

Dari jumlah tersebut, pada 2010 jumlah korban meninggal dunia sebanyak 1.048 jiwa. Turun sekitar 2,14% dibandingkan tahun 2009 yang sebanyak 1.071 jiwa. Artinya, setiap hari ada tiga orang tewas akibat kecelakaan lalu lintas jalan di Jakarta dan sekitarnya.

Sementara itu, jumlah korban luka berat naik sekitar 2,5% dari 3.388 orang menjadi sebanyak 3.473 orang.

Korban terbanyak adalah mereka yang menderita luka ringan. Prosentase kenaikannya mencapai sekitar 30,48%, yakni dari 5.165 orang menjadi 5,825 orang.

Kenapa kecelakaan lalu lintas jalan meningkat? Data Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya menyebutkan, sekitar 90,92% kecelakaan di Jakarta disebabkan oleh faktor manusia.

Selebihnya, yakni sekitar 7,55% disebabkan faktor kendaraan dan sektiar 1,53% faktor jalan. (edo rusyanto)

10 Komentar leave one →
  1. 28 Maret 2011 09:22

    settong….!

  2. 28 Maret 2011 09:23

    tello’…!

  3. 28 Maret 2011 09:24

    babat habissss….

  4. Umar_abu_ihsan permalink
    28 Maret 2011 10:56

    Faktor manusia paling gede ya. Jadi inget dulu, karena dah sifat saya gak mau di belakang mobil yang bikin blank spot, balapan deh jadinya ma kijang lgx 120kpj malem2 di jln wates jogja. Pas nyampe rumah, baru nyadar, td kalau meleset aja, jadi apa saya.

  5. 28 Maret 2011 12:52

    kampanye safety riding kayaknya gak mempan om. harus ada straegi lain yang harus dipikirin polantas biar masjarakat pada djera

  6. Rollerman permalink
    28 Maret 2011 13:31

    yang paling sering bkin kecelakaan biasanya angkot yg tiba2 berhenti nurunin penumpang,ada orang yg ingin belok kanan tanpa menyalakan lampu sein

    paling sering tuh

  7. 28 Maret 2011 14:41

    bukan saja kesalahan ada pada pengendara, jalan yang hancur-hancuran jadi biang kerok…
    http://dewataspeedblog.wordpress.com/2011/03/28/blogger-yang-terbilang-senio-kok-komennya-kayak-blogger-newbie/

  8. 23 Agustus 2011 01:36

    sepertinya kecelakaan lebaran tahun ini masih tetap tinggi..mudahan2 saja semua berhati2 sehingga bisa mengantisipasi hal2 yang tidak di ingin kan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: