Lanjut ke konten

Pabrikan Motor Belum Terimbas Tsunami?

12 Maret 2011

Tsunami menyeret ribuan kendaraan di Jepang, Jumat (11/3/2011). (foto:istimewa)

 

PARA pabrikan sepeda motor di Indonesia yang berprinsipal perusahaan Jepang, mengaku belum terimbas bencana gempa dan tsunami di Jepang. Bencana alam yang terjadi Jumat (11/3/2011) siang waktu Jepang itu, meluluhlantakan wilayah pesisir timur Jepang.

Gempa berkekuatan 8,9 skala richter itu, menimbulkan tsunami yang imbasnya mencapai wilayah Indonesia bagian timur, seperti di Papua dan Maluku Utara.

“Tsunami rasanya tidak terlalu besar dampaknya, karena pabrik motor Honda ada di Kumamoto, sedangkan research and development lebih banyak urusan dengan Thailand,” tutur Sigit Kumala, senior manager marketing PT Astra Honda Motor (AHM), dalam pesan tertulisnya kepada saya, Sabtu (12/3/2011).

Selain Honda, manajemen Yamaha dan Kawasaki pun mengaku belum ada info lanjutan mengenai bencana tersebut terkait dengan proses importasi sepeda motor dari Jepang. “Masih belum ada penjelasan resmi mas,” papar Paulus S Firmanto, general manager PT Yamaha Motor Kencana Indonesia (YMKI), Sabtu.

Demikian pula dengan Freddyanto dari manajemen PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI). “Belum tahu nih informasi selanjutnya, belum ada meeting,” tukas dia.

Sementara itu, para produsen mobil di Jepang, yakni Toyota Motor Corporation, Honda Motor Company, dan Nissan Motor Company mengaku terimbas bencana tsunami.

Kompas.com menulis, juru bicara Toyota Motor Corporation (TMC), seperti dilansir bloomberg, Jumat (11/3/2011), mengatakan, seluruh kegiatan produksi Toyota dihentikan di Miyagi Prefecture, terhitung hari ini. Kapasitas pabrik ini mencapai 120.000 unit per tahun dan Toyota tengah memproduksi hatchback Yaris. Kondisi ini membuat TMC langsung menghentikan aktivitas ekspor Yaris, Scion Xb, dan Scion XD ke Amerika Serikat.

Toyota terus mengevakuasi pekerjanya di pabrik yang terkena dampak gempa bumi, termasuk perusahaan mitranya, Kanto Auto Works Limited dan Central Motors Company. “Sampai kini situasi masih bergejolak dan kami masih mengumpulkan informasi terkini,” ucap Dion Corbett seperti dilansir autonews, hari ini.

Selain TMC, beberapa pemasok komponen otomotif, termasuk Toyota Boshoku Corporation dan Denso Corporation (produsen komponen otomotif terbesar di Jepang) juga melakukan hal yang sama. Goro Kanemasu, juru bicara Denso Corporation, di Jepang mengatakan, pabrik yang masih dalam proses pembangunan di sebelah selatan Miyagi itu rusak. Namun, semua karyawan pabrik berhasil diungsikan ke lokasi yang aman. (edo rusyanto)

13 Komentar leave one →
  1. 12 Maret 2011 21:45

    sykurlah kalo gitu, mudah-mudahan WNI yang di sono juga aman. Amin

    • 12 Maret 2011 21:57

      kita doakan banyak yg diberi keselamatan dari bencana tersebut. amin

  2. 12 Maret 2011 22:07

    cepet nian mbah Edo datanya masuk redaksi heheh acung jempol lah.
    patut dicontoh nih.
    wes turut berdoa juga semoga everything gone be ok mbah!!!

  3. 12 Maret 2011 22:16

    apik apik apik biar ga da gejolak, perekonomian lancar meski padat merayap

    • 12 Maret 2011 22:18

      ya mas, smoga ekonomi terus bertumbuh, kemandirian rakyat juga kian kukuh. terpenting, kecelakaan lalu lintas jalan kian menurun. amin

  4. 12 Maret 2011 22:20

    aku ketar ketir.tempatku kerja vendornya nissan dan sumitomo .kabarnya nissan stop sementara.moga2 gak berdampak terlalu banyak.

    • 12 Maret 2011 22:32

      Smoga tidak berlarut-larut, Jepang punya sejarah panjang soal bangkit dari keterpurukan. Sebut saja salah satunya paska-bom atom.

  5. 12 Maret 2011 22:29

    insyaallah ngga akan mengganggu pabrik-pabrik yang ada di Indonesia

  6. Agus Setyobudi permalink
    12 Maret 2011 23:45

    INDONESIA siap MENJADI BASIS PRODUKSI YAMAHA,KL YAMAHA JEPANG KENA DAMPAK GEMPA DAN TSUNAMI!,
    DAN KALAU JADI PINDAH DI SINI,SEMOGA YAMAHA MEMPRODUKSI YZF R125,
    (NGIMPI,,,,,,,,,IIIIIIII).

  7. Kyoghi permalink
    13 Maret 2011 12:49

    untung pabriknya ada banyak selain di jepang ya, jadi masih bisa terus produksi, tapi tetep pray for japan…….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: