Lanjut ke konten

Menjajal CBR 250 R di Surabaya

11 Maret 2011

Numpak Honda CBR 250 R. (foto:tedy)

TERIK Sirkuit Kenjeran, Surabaya, masuk ke balik jaket kulit. Suhu ditaksir sekitar 28 derajat celcius. Rasa penasaran akan tarikan sepeda motor sport Honda CBR 250 R tipe anti-lock brake system (ABS) lunas sudah. Sirkuit pendek dengan banyak tikungan, menjadi ajang ideal menjajal sistem pengereman motor yang di Surabaya dibanderol Rp 49,57 juta per unit tersebut.
Akselerasi termasuk mantap dengan posisi kemudi ergonomis. Kamis (10/3/2011) siang menjadi pengalaman pertama saya menjajal kelegitan motor bermesin 250cc itu. Oh ya, karena pendeknya rute sirkuit dan nyali yang gak pede, tarikan maksimal hanya saya batasi tak melebihi 100 kilometer per jam (kpj) itu pun di track lurus. Walau sejumlah

Bro Satar, bro Taufik, dan saya. (foto. dok edo)

 

teman blogger lainnya seperti bro Satar, bro Taufik, bro Iwan, bro Rider Tua, dan bro Stephen, bisa mencapai 115 kpj dan 120 kpj. Kami menjajal motor yang sudah laku 264 unit pada Februari 2011 itu, bersama dengan sejumlah jurnalis di Surabaya.

Tarikan motor yang satu ini cukup memuaskan saya, di gigi dua saya sempat melaju di 60 kpj. Kalau di tikungan, sekalipun cukup nyaman, saya cuma berani berkisar 40-50 kpj. Hehehehe….Mungkin tak ada yang istimewa.
Nah soal pengereman ABS buat saya bisa menjadi pilihan sepeda motor yang aman dan selamat (safety) saat berkendara. Fungsi rem untuk mengurangi laju sepeda motor bisa lebih maksimal.

Suasana test ride Honda CBR 250 R di Sirkuit Kenjeran, Surabaya. (foto:edo)

Ngomong soal sistem ABS, memang memungkinkan pemotor untuk tidak terjebak dalam roda yang terkunci saat pengereman. Saat saya mencoba di sirkuit Kenjeran, Surabaya, Kamis, terasa sekali manfaat sistem ABS. Cukup pakem, ya iyalah wong saya mencoba dalam kecepatan sedang untuk ukuran sirkuit yakni 70-80 kpj. Apalagi, CBR 250 R memakai ban model telapak lebar di roda belakang yakni 140/70-17.
Tapi, saya belum coba di jalan yang licin dan dalam kecepatan tinggi yakni sekitar 90-100 kpj. Selain gak ada kesempatannya, belum punya nyali nyoba juga sih. Hehehehehe….
Guna meningkatkan rasa aman dan selamat saat berkendara, PT Astra Honda Motor (AHM), membanderol Rp 46,5 juta untuk motor CBR 250 R versi ABS. Artinya, selisih sekitar Rp 6,6 juta dengan CBR 250 R non-ABS yang dibanderol Rp 39,9 juta per unit. Harga tersebut tentu saja untuk wilayah Jakarta dan sekitarnya.

Sirkuit Kenjeran, Surabaya. (foto:edo)

Di sisi lain, motor berteknologi PGM FI alias motor injeksi, suara desingan mesinnya tergolong halus. Wah…jika untuk motor harian di jalan-jalan kota yang padat seperti Jakarta rasanya bakal berbeda. (edo rusyanto)

29 Komentar leave one →
  1. orang awam permalink
    11 Maret 2011 11:27

    pertamax

  2. LekSam permalink
    11 Maret 2011 11:28

    nyali ternyata penting juga ya om edo… 😀

  3. 11 Maret 2011 11:32

    aku keduax

  4. 11 Maret 2011 11:53

    saya jatuh cinta sama CBR250 pada pandangan pertama mas…

    http://motorbiru.wordpress.com/

  5. 11 Maret 2011 11:53

    buat entry rider, ABS paling cocok, buat advance rider, ABS gak ada gunanya
    nitip om..
    http://manadobiker.wordpress.com/2011/03/11/harga-minyak-dunia-naik-sepeda-motor-alternatifnya/

    • 11 Maret 2011 11:54

      makasih sharingnya bro, salam.

    • LekSam permalink
      11 Maret 2011 12:47

      padahal saya lebih berharap kalimatnya gini :

      “Harga minyak dunia naik, sepeda ontel alternatifnya…!!!”
      lebih idealis… 😛

      xixiixxi

    • supersamin permalink
      12 Maret 2011 13:48

      ABS akan sangat berguna saat Panic Braking.
      Gak ada urusannya beginner/advanced rider kalau sudah berhadapan dg panic braking.
      Emang kalo’ sudah merasa jago naek mtr, trus tiba2 nongol becak depan sampeyan.
      Bakal bisa melakukan kocok rem min 18x perdetik ???

  6. christo permalink
    11 Maret 2011 12:37

    wah kalah ma bebek underbone dong…

  7. 11 Maret 2011 12:50

    maaf pak edo saya ingkar janji kemarin… 🙂 mumpung disirkuit pak..kalau dijalan raya kan gak boleh (kalau gak ketauan )

    • 11 Maret 2011 12:55

      rider tua memang tobss deh…btw, aku lagi mau nulis soal sirkuit kenjeran nih, cuma datanya belum lengkap. ada foto rider tua bersama bro satar dan bro iwan, keren nih. hehehehe…

  8. raya permalink
    11 Maret 2011 12:50

    biar murah, orang surabaya harus beli cbr250 di jakarta?

    • AshleyzZzzz permalink
      11 Maret 2011 13:56

      mang selisih jauh yah bro…kalo dinaekin….ongkosnya murah kali yah,,,trus kalo naek kereta…mahal gak?….belom ganti nama..bea balik nama…

      • 11 Maret 2011 13:59

        selisihnya sekitar rp 3 juta per unit. trims

  9. Pino Kio permalink
    11 Maret 2011 13:07

    manteb manteb…..!!

  10. Pino Kio permalink
    11 Maret 2011 13:10

    bikin kepengen aja…
    sayang aja duit belum cukup, mau jual vixy jg nambahnya kebanyakan.
    ya udah sabar aja nungguin yg 150 cc moga aja gak lebih dari 27 jt.

    (nungguin doank, beli sih belum tentu)

  11. lufi permalink
    11 Maret 2011 13:18

    klo bahas rem jadi inget ada temen yg gara² rem mendadak karna ada anak sd yg main nyebrang sembarangan karna kecepatan tinggi yg dibonceng terlempar dan meninggal dan yg mengendarai masuk penjara dgn tuduhan kelalaian yg mengakibatkan kematian

    • 11 Maret 2011 13:21

      wah turut prihatin atas kejadian yg menimpa temanya bro. lantas bagaimana kabarnya saat ini? dia disidang di pengadilan mana bro? trims

      • lufi permalink
        11 Maret 2011 17:44

        udah aga lama mbah kejadiannya yg ironisnya kejadian tersebut terjadi seminggu sebelum KKN berakhir, kami KKN di kabupaten paser kaltim dan seluruh korcam dari berbagai wilayah paser ngumpul di kabupaten tuk sosialisasi persiapan berakhirnya masa KKN, nah sepulang dari pertemuan itu kecelakaan terjadi, yg bikin miris melihat orang tua almarhum saat melayat, yg membonceng walaupun lukanya tidak parah tapi akibat kecekaan tersebut dia masuk penjara, ironis gelar ga didapat malang menghampiri, berawal dari rem yg mengunci

  12. 11 Maret 2011 13:29

    lho, bukanya kemarin top speed paling tinggi – 100mph :mrgreen: … bahan bakar … lanjuuuut 😀

    • 11 Maret 2011 13:35

      wkwkwkwkwkwk…siapa tuh yg bisa tembus 120 kpj, hebat euy, saya mah gak punya nyali betot tali gas euy, cuma main di 90 kpj.

      • AshleyzZzzz permalink
        11 Maret 2011 13:57

        gak usah ikut2an mbah edo….tuch pembalap gak jadi….(kaakkakakakkbuuuuuuuuuuuuuuuer)

  13. alamsuro permalink
    11 Maret 2011 20:08

    Manteb om, udah nyobain aja nih hehehehe, klau yg 150 dah ada kabar blom Om kapan di luncurin AHM.

    Om, untuk harga nya di Surabaya beda ya OM ? 😀

  14. Pungky permalink
    27 Maret 2011 22:55

    wooww….mantabs sekali oms, diliat dari body gmana oms? klo accelerate sudah mumpuni ya? sudah ditest klo berboncengan?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: