Lanjut ke konten

Bebek Masih Punya Honda

14 Februari 2011

Honda Absolute Revo (foto:dok ahm)

 

RAJA sepeda motor bebek masih di tangan Honda. Para kompetitor yang berjuang habis-habisan, ada baiknya meramu strategi lebih jitu. Bagaimana tidak. Pada Januari 2011, pangsa pasar motor bebek Honda menguat menjadi sekitar 50,52% dari total pasar bebek 272,911 unit. Padahal, pada periode sama 2010, sempat melemah sepanjang lima tahun terakhir, yakni sekitar 46,24%. (lihat tabel)

Bagaimana bebek Honda yang diproduksi PT Astra Honda Motor (AHM) demikian tangguh di pasar domestik? Jawaban paling atas adalah sudah demikian mengakarnya merek Honda di benak konsumen motor bebek. Jargon paling atas adalah motor irit. Praktis, konsumen motor bebek terpincut hatinya.

AHM punya beragam produk di lini bebek yang menyasar segala lapis calon konsumen. Dari segi harga rentangnya Rp 11,8-16,5 juta per unit. Dari kapasitas mesin, mulai dari 110cc hingga 125cc. Semua tersedia, tergantung minat konsumen. Entry level, medium, hingga bebek premium yakni Honda Supra X 125 PGM FI, alias si bebek injeksi.

Keasyikan ngomongin bebek Honda, lupa melihat bebek kompetitornya nih. Kompetitor paling dekat Honda, yakni Yamaha, pada Januari 2011 harus mengakui keunggulan Honda. Yamaha menguasai sekitar 35,76%. Raihan ini melorot drastis dibandingkan 42,24% pada Januari 2010. Namun, pembukaan awal tahun 2011 masih tergolong lumayan dibandingkan 2008 dan 2009 yang masing-masing sekitar 34%.

Yamaha yang diproduksi oleh PT Yamaha Motor Kencana Indonesia (YMKI) bukannya tak mampu mencetak produk seunggul Honda. Hanya saja, seperti diuraikan diawal tadi, citra merek Honda demikian kokoh di benak konsumen. Butuh ekstra kerja keras dari awak YMKI untuk mampu membongkar dominasi bebek Honda.

Sementara itu, Suzuki menjadi sosok yang mengejutkan. Maklum, pada Januari 2011 mampu mendongkrak pangsa pasar menjadi sekitar 13%, dari sekitar 10% pada Januari 2010. Patut diacungkan jempol strategi meluncurkan Suzuki Axelo pada awal Januari 2011. Setidaknya, mampu mengangkat pangsa pasar sedikit. (edo rusyanto)

37 Komentar leave one →
  1. tiyo 2010 permalink
    14 Februari 2011 06:16

    pertamaxxx…di warung Eyang Edo.

  2. tiyo 2010 permalink
    14 Februari 2011 06:18

    Eyang edo, ada bocoran tempat HUT KOBOI ke 2 nanti dimana?

    • 14 Februari 2011 08:51

      pastinya di jakarta, hehehehe…cuma lokasi persisnya, sementara ini calonnya masih di buperta cibubur.

  3. 14 Februari 2011 06:44

    bebek

  4. 14 Februari 2011 06:58

    ia dnk om edo..honda gtoo

  5. uikjoss permalink
    14 Februari 2011 07:07

    Bebek bebekku…..

  6. lufi permalink
    14 Februari 2011 07:25

    menggeser bebek honda mang butuh kerja keras

  7. wahyu permalink
    14 Februari 2011 07:40

    AH* 2 – 0 Y*KI

  8. Kakang ali permalink
    14 Februari 2011 07:49

    Sang raja masih menduduki singasananya 😀

  9. Kakang ali permalink
    14 Februari 2011 07:50

    Ditunggu artikel selanjutnya Kang Edo, terutama segmen skutik yang sangat panas.

  10. tigerpiceks permalink
    14 Februari 2011 09:27

    bebek punya HONDA

    skutik punya HONDA…

    lha kepiye aku mantu … :hammer:

  11. tigerpiceks permalink
    14 Februari 2011 09:27

    ^^ lha kepiye aku manut *maksude- halah-

  12. powerpuffgirls permalink
    14 Februari 2011 09:51

    Bukan tanpa dasar ane sangat mencintai bebek Honda, bukan hanya diatas kertas tapi secara nyata ane ngerasain sendiri sisi fungsionalis dari bebek Honda dan teratas adalah konsumsi BBM yang teramat irit plus kenyamanan berkendara ala bebek yang ga ane temukan di kompetitor so Rajanya Bebek tetep Honda!

  13. 14 Februari 2011 10:24

    ada apa dengan mu yamaha….???
    http://dewataspeedblog.wordpress.com/2011/02/14/believe-it-150cc-200cc/

  14. JAFFAR_THE CRAZY HORSE permalink
    14 Februari 2011 10:30

    yaaach kalo yang ini jangan ngarep YMKI bisa menang.terlalu pede dengan model yang sporty dan elegan sampai melupakan sisi fungsionalitas dan fleksibilitas dari motor bebek.udah malah harganya mulai over price,liat aja N-JZ dan N-JMX.sekali ada yang murah jyadul abis seperti vega-zr.kalo ngga hati2 segmen bebek YMKI akan semakin pasrah,hehehehehehehe :):

  15. softech_niQ permalink
    14 Februari 2011 10:33

    kl handling&akselerasi,gw lbh suka jupe burhan krn lbh stabil,syngx msh krng kenceng(kn cm 110cc)& krng hemat bbm.
    kl suprax125 jg enak,tp kl nikung tllu miring,ban blkng jd ky oleng…beda dgn si burhan.
    tp pilihn gw ttp jtuh pd “TVS ROCKZ”,,mantaaabbe,,,,hehehe.

  16. AshleyzZzzz permalink
    14 Februari 2011 11:21

    pdhal gw g da yg suka bebek honda,,,, cmn cs oneng,,,,kalo meticnya lumayan memikat lah…

  17. 14 Februari 2011 12:34

    ko djnuari 2011 cma ymh yg mlorot suzuki mlah naik.
    knp it om?

    • 14 Februari 2011 12:41

      suzuki axelo mulai beraksi yah? hehehehe…

  18. 14 Februari 2011 12:51

    ayo AXELO
    tunjukin aksi lho

  19. richie permalink
    14 Februari 2011 13:24

    Keren Uy, Honda bener2 penguasa pasar domestik ….buktinya ga maen2 tahun demi tahun, bulan demi bulan terus2an naek, ….Gwa setuju dengan pendapat mas edo, pabrikan lain perlu strategi yang sangat jitu klo mo ngalahin Honda

  20. 14 Februari 2011 13:26

    inilah grand strategy honda, dimana berusaha utk mempertahankan segment bebek, kemudian bagaimana caranya berusaha utk menguasai segment matic. nampaknya honda mulai menuai hasil kerja kerasnya.

  21. 14 Februari 2011 13:29

    benar2 mantap neh honda,,,bisa mempertahankan segment bebeknya, kemudian menguasai segment matic. wah…benar2 strategy yg jitu neh.

  22. 14 Februari 2011 13:56

    Absen

  23. Rara permalink
    14 Februari 2011 14:59

    Ayo Honda…pertahankan prestasimu…baik bebek maupun skutik…harus jadi milikmu….

  24. Bedjo_Adjah permalink
    14 Februari 2011 19:11

    walah kasihan amat padahal januari YMKI udah ngeluarin New MX dan Lek Samiun.
    tapi knp MS-nya malah melorot?
    apa karena hargamotor2 yamaha sekarang semakin overprice?

  25. softech_niQ permalink
    14 Februari 2011 20:25

    @bedjo.
    kyx sih getoo..

  26. giant permalink
    14 Februari 2011 22:24

    kalo menurut saya, secara desain yamaha malah no. 1 dibanding honda, cuma satu kelemahan yamaha yg sampai detik ini belum terpecahkan, yaitu merubah mindset konsumen. Keberhasilan honda (ahm) mengembalikan kedigdayaan adalah merubah mindset konsumen dengan jargon produknya ” Irit tapi bisa lincah dan kencang”. Perlu kita ketahui pengalaman honda hampir dilibas yamaha (th 2005 s/d 2009) adalah andalan jargonya yang cuma mengandalkan “Irit doang” gak peduli desain, kecepatan dll. Kembali ke Yamaha (ymki), dari dulu sampai sekarang jargon yamaha adalah “Lincah dan Kencang” gak peduli boros dan kenyamanan berkendara , artinya yamaha belum bisa menyelesaikan PR utk mengubah mindset konsumen yaitu menghadirkan produk2 baru yg “Lincah, kencang tapi Irit”. Malah produk2 terbaru yamaha semakin mempertajam anggapan bahwa produk2 yamaha memang “BOROS BBM”, mau contoh? coba tengok New Jupiter MX, tarikan lebih garang, larinya kencang bodinya OK, tp bagaimana dgn konsumsi BBMnya? memang tambah kencang dan lincah dari versi sebelumnya, tp bisa irit gak (artinya bisa wajar gak konsumsi bbmnya)? asumsi konsumen pasti begini…….??, kalo motor dibikin boros ya sudah pastilah larinya kencang dan lincah…………..

  27. giant permalink
    14 Februari 2011 22:45

    yah artinya produk2 yamaha msh segmented banget, yg suka lari kenceng siapa??? ya rata2 pasti anak muda….laaa…

  28. New-Supra-1 permalink
    15 Februari 2011 00:26

    komeng semakin pasrahh

  29. Kodokz jambanz permalink
    15 Februari 2011 06:51

    Absolute revo bebek paling laris.

  30. 15 Februari 2011 16:40

    meski oe rider onta supra 125 tapi oe akui ke-keren&kenceng&mantep-an bebex si komenk alias jupi mx..tapi berhubung ini motor warisan jadi kudu dipelihara & dirawat 😳

  31. Viola permalink
    22 Februari 2011 13:19

    Setuju dgn Bro Edo….Bukti betapa powerful nya mindset…mengubah mindset membutuhkan effort yang besar dan waktu yang lama…Honda telah berhasil menanamkan mindset yang kuat bahwa motor bebek irit = Honda, bukan cuma dgn varian yang beraneka ragam, tapi desain yang semakin atraktif dan teknologi yang semakin canggih…Bravo Honda

  32. cub woman permalink
    24 Februari 2011 09:10

    Bebek motornya, irit bensinnya, HONDA merknya..kalimat itu pasti sudah melekat di hati para pencinta HONDA. Tetapi tentunya bukan itu saja kelebihan HONDA untuk tetap menjadi pilihan bagi konsumennya. Seperti kata Bro Edo, HONDA memiliki variasi harga, variasi type dan variasi CC. So…silahkan pilih sesuai selera!!!

  33. Lauren Zoo permalink
    24 Februari 2011 13:52

    Pasti lah Honda mah klo soal bebek no.1 dari dulu sampai sekarang ttp no.1…

    BMW aja msh ada yg pake, ga heran gw klo gini hasilnya..

    Salut bro

  34. proyubi permalink
    25 Februari 2011 17:09

    Kalau melihat bagaimana strategi promosi ATL ada perbedaan yang cukup unik antara Honda dan Yamaha di kategori motor bebek. Yamaha lebih cenderung bermain dengan iklan-iklan kecepatan dan celetukan “khas” ambasador yamaha komeng dkk. sedangkan Honda, iklan ditampilkan lebih menekankan pada teknologi dan edukasi konsumen, semisal iklan REVO dengan tek EFT. Bagi saya dalam memilih produk tentu konsumen terbantu dengan informasi benefits yang didapatkan dari komunikasi yang disampaikan. Salut untuk Honda….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: