Lanjut ke konten

Wisata Bikers: Ada Bee Pollen dan Sengat Lebah

16 Januari 2011

Taman Wisata Lebah. (foto:edo)

Keletihan usai bersepeda motor mutlak dipulihkan. Banyak caranya. Ada yang pernah coba sengat lebah? Silakan mampir ke Taman Wisata Lebah Madu Pramuka, Cibubur, Jakarta Timur. Murah meriah, menyehatkan.
Berlokasi sekitar tiga kilometer dari kediaman pribadi Presiden Republik Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono, ternyata ada areawisata yang menyegarkan. Wisata Lebah.
Pengunjung bisa melihat bagaimana proses lebah mengolah madu. Di taman area wisata itu ditempat sejumlah kotak tempat lebah membuat madu. Para penjaga area wisata tersebut bisa menjelaskan secara detail. Suatu tambahan ilmu pengetahuan sambil relaksasi.

Sabtu (15/1/2011) sore, berdua dengan sikecil saya menyambangi Taman Wisata Lebah. Lokasinya sekitar 30 kilometer dari pusat kota Jakarta. Hanya membutuhkan waktu sekitar 60 menit dengan bersepeda motor. Jika dari arah Bogor, jarak tempuh sekitar 40-an kilometer, dengan waktu tempuh tak berbeda jauh.
Memilih tempat parkir untuk sepeda motor tak terlalu sulit. Areal parkir berlapis aspal yang cukup luas membantu pemotor tak kerepotan memarkirkan sikuda besi.

Saya sempatkan berkeliling. Memang tak begitu luas seandainya dibandingkan area wisata pada umumnya. Cukup menghabiskan waktu tak lebih 30 menit, sudah bisa melahap seluruh area wisata tersebut.

Nah, buat pemotor alias bikers yang butuh terapi sengat lebah, di taman yang terletak di kompleks Wiladatika, Cibubur itu, sudah menanti sejumlah terapis yang akan memberi layanan penuh keramahan. Dalam brosur yang tersedia di gerai taman disebutkan bahwa terapi sengat lebah bisa menyembuhkan beragam keluhan dan penyakit loh. Mulai dari encok, nyeri punggung, nyeri otot telapak kaki, alergi udara debu, pegal-pegal, sakit kepala, masuk angin, sesak nafas, darah rendah, hinggga disfungsi ereksi. Soal yang terakhir itu, rasanya gak usah diulas yah.

Kita para pemotor tentu sering mengalami serbuan debu saat berkendara, pegal-pegal, hingga masuk angin, kalau ikut terapi sengat lebah, boleh jadi bisa mengurangi beban sehari-hari kita.

Aneka Madu

Rasanya tak lengkap kalau ke Taman Wisata Lebah jika tak mampir ke toko aneka madu. Saat menjejakan kaki ke toko yang berukuran cukup luas itu, kita sudah disambut anek madu yang berjajar di dalam rak kaca. Tinggal pilih. Ada bee poolen yang terbuat dari tepung sari bunga. Produk alami yang dikemas dalam bentuk kapsul ini, bisa dikonsumsi dua kali sehari. Faedahnya lumayan loh. Bisa meningkatkan daya tahan tubuh, meringankan asma, diabetes, sampai memperhalus kulit.

”Saya sering membeli madu di sini, khasiatnya terasa buat tubuh saya,” ujar seorang pria yang sore itu memborong empat botol madu ukuran besar.

Selain itu ada royal jelly, madu hutan, hingga madu super yang merupakan paduan madu, pollen, dan royal jelly. Madu super punya khasiat lebih seperti membantu menurunkan kadar kolesterol, memperbaiki sel tubuh yang rusak, juga bagus untuk penderita jantung.

Opppsss….ternyata harganya juga relatif terjangkau. Mulai dari Rp 40 ribu, Rp 45 ribu, Rp 50 ribu, hingga Rp 75 ribu. Tapi ada juga yang kelas jumbo, tergantung ukuran dan jenis madu yang akan diboyong pulang.

Seorang penjaga toko madu yang enggan ditulis namanya menuturkan, pada hari-hari biasa, omzet penjualan madu mereka bisa mencapai Rp 15-18 juta per hari. ”Kalau hari libur bisa Rp 20-30 juta per hari,” papar dia.

Bagi pemotor yang memilih untuk singgah menggunakan roda empat, bisa menjangkau Taman Lebah Wisata dari pintu keluar jalan tol Cibubur. Jaraknya dekat, hanya sekitar 100 meter dari pintu keluar tol Cibubur, untuk yang datang dari arah Cililitan.

Ngomong-ngomong, para pengunjung Taman Wisata Lebah tidak dipungut biaya apa pun, kecuali bayar parkir. Seikhlasnya. (edo rusyanto)

11 Komentar leave one →
  1. badboy permalink
    16 Januari 2011 06:46

    Pertamax dulu ah..

  2. 16 Januari 2011 06:52

    takut di entup..

    slamat pagi mbah..

    mingguan ke mana ni..

  3. arief permalink
    16 Januari 2011 07:27

    Klo sengat lebah biayanya berapa?

  4. 16 Januari 2011 07:51

    wah…bisa buat disfungsi ereksi xixi…emang dsengatx dmana th hehe…
    Nitip http://goo.gl/ZjU1n

  5. 16 Januari 2011 11:37

    iya tuh mbah untuk terapi sengatnya kira-kira berapa biayanya….?

  6. 16 Januari 2011 12:17

    bro, kemarin ane gak sempat menjajal sengat lebah, waktunya mepet banget. next time ane cariin daftar harga sengatannya deh. salam

  7. 16 Januari 2011 12:33

    sulit skarang bedain mana madu asli atau palsu, tapi beda dengan om edo yang dateng langsung…..
    http://dewataspeedblog.wordpress.com/2011/01/16/sarab-buat-mekanik-yang-mau-gila

Trackbacks

  1. Liburan Anak » Taman Wisata Lebah
  2. Taman Wisata Lebah « Dunia Anak Kreatif

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: