Lanjut ke konten

Lima Besar Motor Sport 2010

13 Januari 2011

Yamaha Vixion 2010. (foto:istimewa)

 

PASAR sepeda motor sport cukup legit, sekalipun kuenya hanya sekitar 7% dari total volume motor Indonesia pada 2010. Siapa saja pemimpin pasar motor sport pada tahun 2010? Usut punya usut, ini dia, lima sang raja motor sport tersebut.

 

Yamaha Vixion

Motor sport bermesin 150cc besutan PT Yamaha Motor Kencana Indonesia (YMKI) ini, tampaknya masih berkibar di posisi puncak. Rentang penguasaan pangsa pasar (market share) dengan para kompetitornya demikian menganga. Vixion menguasai sekitar 41% pasar motor sport anggota Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (Aisi). Jauh meninggalkan lawan-lawannya.

Vixion mampu terjual rata-rata 25 unit per jam. Luar biasa. Entah apa yang membuat motor yang pertamakali masuk ke pasar Indonesia pada Mei 2007 itu, laris manis bak kacang goreng. Mungkin karena tampilannya yang pas dengan selera konsumen, atau karena memiliki teknologi injeksi yang mendapat persepsi irit konsumsi bahan bakar minyak (BBM).

Pada 2010, Vixion mengalami fluktuasi yang tak terlalu dalam. Volume penjualan paling rendah terjadi pada Februari yakni sekitar 22 unit per jam. Setelah itu, cukup stabil bahkan menyentuh penjualan tertinggi pada April yakni sekitar 29 unit per jam. Fantastis.

 

Honda New Megapro

Inilah motor sport besutan PT Astra Honda Motor (AHM) yang langsung melejit sejak masuk ke pasar domestik pada  Juli 2010. Sepeda motor yang dibanderol Rp 19,5 juta per unit ini, memiliki pangsa pasar kedua terbesar di lini sport.

Honda New Megapro. (foto:istimewa)

 

Sepanjang 2010, New Megapro terjual rata-rata sekitar tujuh unit per jam. Sebagai sepeda motor anyar, prestasi itu tergolong luar biasa. Bisa dimaklumi karena AHM sudah cukup dewasa di pasar motor sport.

New Megapro yang merangsek pasar dengan dua tipe yakni tipe jari-jari dan tipe racing, ke depan tampaknya bisa mengatasi para kompetitor. Tentu saja dengan sejumlah tawaran yang memuaskan konsumen, salah satunya, layanan purna jual yang maksimal dan ketersediaan spare part yang memadai.

 

Honda Megapro

Megapro dibalut mesin 160cc dan terjual rata-rata sekitar enam unit per jam. Produk motor sport yang dibesut AHM ini, pada 2011, tampaknya sudah tidak diproduksi lagi. Megapro digantikan

oleh sang penerus, New Megapro. Ketika New Megapro masuk pasar pada Juli 2010, penjualan Megapro langsung turun drastis di bawah 1.000 unit per bulan. Padahal, sebelumnya minimal mampu terjual seribuan unit per bulan. Bahkan, pada 2010, sempat menyentuh sekitar 10 ribuan unit per bulan.

 

 

Kawasaki Ninja 150

Posisi keempat terbesar penjualan motor sport pada 2010 diduduki oleh Kawasaki Ninja 150. Inilah sepeda motor sport dua langkah yang masih bertahan dan mendapat tempat di hati konsumen.

Kawasaki Ninja 150 RR (foto:istimewa)

Setiap jam, Ninja 150 mampu terjual sekitar empat unit pada 2010. Sedangkan penguasaan pangsa pasarnya mencapai sekitar 7%. Dari empat merek motor sport Kawasaki yang dibesut PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI), Ninja 150 merupakan kontributor utama KMI.

Tiga produk KMI lainnya hanya memiliki pangsa pasar kurang dari 4%. Kontributor terkecil masih diduduki oleh KLX 250.

 

Honda Tiger

Tiger melengkapi jajaran motor sport Honda yang mampu menempati posisi lima besar sepanjang 2010. Motor sport yang satu unit sesungguhnya memiliki penggemar cukup loyal di pasar domestik.

Honda Tiger 2010. (foto:istimewa)

 

Pada 2010, pangsa pasar Tiger sekitar 7% dengan penjualan rata-rata sekitar unit per empat jam.

Tiger sempat mengalami beberapa kali penyegaran. Salah satunya adalah pengubahan dari model lampu utama tunggal menjadi lampu utama ganda, lalu kembali ke bentuk awal. Dari sisi penampilan, Tiger diminati banyak konsumen untuk dua kepentingan utama yakni untuk sport dan touring. Artinya, banyak pemotor yang terkesan pada keandalannya menjelajah ratusan kilometer saat touring. (edo rusyanto)

Iklan
25 Komentar leave one →
  1. 13 Januari 2011 06:29

    BYSON manaaaaaaaaaaaa

  2. F4zR permalink
    13 Januari 2011 06:39

    Byson gmana mbah?

  3. FBY permalink
    13 Januari 2011 07:07

    Vixie manteb dah! 😀

  4. Pino Kio permalink
    13 Januari 2011 07:09

    yamaha cuma 1 yg laris, honda 3 dan kawak 1.

  5. Pino Kio permalink
    13 Januari 2011 07:12

    Si Kebo Byson dan dan Si Klingon New Scorpio Z kemana mbah?

  6. 13 Januari 2011 07:22

    senopati sport yamaha berhasil menjungkal adipati adipati sport honda.. gila ga men? 😆

  7. 13 Januari 2011 07:48

    Pak Edo, selamat & sukses atas peluncuran bukunya. Maap saya gak bisa hadir…

  8. EXYBAND a.k.a EleX Yo BAND permalink
    13 Januari 2011 07:49

    kok byson dan nsz gak masuk lima besar om?

  9. 13 Januari 2011 08:01

    satria fu mana…??? masa suzuki ga lakuu??

  10. 13 Januari 2011 08:08

    selamat atas launcing bukunya Mbah, sukses slalu n keep safety ridding

    di 2011 gmana kira2 kans para adipati ini mbah, dmana ada Byson dan NSZ

  11. EXYBAND a.k.a EleX Yo BAND permalink
    13 Januari 2011 09:08

    usul om edo, besok2 jgn cuma lima besar doank, kasihan si kebo dan si klingon gak masuk.
    mungkin bisa dipertimbangkan agar membuat 20 besar motor sport indonesia biar keduanya masuk list.
    xixixixiiii…

    • redlight permalink
      13 Januari 2011 11:57

      mbak au ah bego nih. kan byson baru aja nongol. tahun 2011 pasti masuk 5 besar. gimana sih mbak-mbak

  12. harry32 permalink
    13 Januari 2011 10:13

    Honda ada dua nih. Tapi gue sih pegang CBR 250 kalau jadi masuk ke Indonesia.

  13. 13 Januari 2011 10:35

    dear all, untuk tipe lainnya segera menyusul yah, maklum masih mengais-ngais informasi. trims atensinya, smoga bermanfaat. salam

    • arif rakhman permalink
      14 Januari 2011 06:07

      untuk thunder 125 cc, disaranin disuntik mati aja pak. hehehe :mrgreen:

  14. JAFFAR_THE CRAZY HORSE permalink
    13 Januari 2011 11:27

    gue udah sedikit nebak,secara market byson bukan tandingan NMP,terlalu segmented pada penyuka motor fashionable ngga universal.Kalo AHM dapat menyadari kekuatan market motor Sport YMKI bertumpu pada vixie,harusnya AHM sudah menyiapkan senjata paling mematikan berupa CBR150r dengan harga sangat amat terjangkau.kalo ini terjadi wow :):
    soal klingon AHM ngga usah risau,marketnya sepertinya ngga akan berkembang alias stagnan.

  15. 13 Januari 2011 11:32

    salam kenal mas…. tumben berkunjung….
    http://dewataspeedblog.wordpress.com/2011/01/12/vw-bikin-motor-oeeiii/

  16. AAA permalink
    13 Januari 2011 11:34

    Honda laris 3 sayang aja penjualannya ndlozoor dibanding tahun 2009. Padahal CS1 dah diitung sport. Tahun 2007 aja masih lebih tinggi penjualannya

  17. 13 Januari 2011 11:34

    Vixion still the best, tapi tlong harganya jangan ikut dinaikin

  18. kripik permalink
    13 Januari 2011 12:27

    Byson? Ntar 2011 bakal No.1 geser Vixion… (itu terjadi kalo Vixion difacelift ogah-ogahan)
    Byson tu kayak Vixion di awal nongol. Produknya kayak naik gunung; naik naik naik ….. Lain NMP, kayak jalan ke puncak, naik turun …

  19. vegadeth permalink
    14 Januari 2011 06:25

    satu vixion aja ga bisa didekati 2 honda jadi satu. gimana 2 lawan 2. persis kaya metiknya.

  20. arief permalink
    14 Januari 2011 06:28

    New Mega Pro/Dazzler menyabet anugerah Motorcycle of The Year (MOTY) 2010 diberikan situs otomotif India motobeam.com (12/1/2011)
    http://otomotif.kompas.com/read/2011/01/13/15164038/Honda.New.Mega.Pro.Terbaik.di.India-12

  21. xxl123 permalink
    14 Januari 2011 06:29

    byson kalah karena kapasitas produksinya aja kalee 😀

Trackbacks

  1. Kawasaki Yang Kontradiktif, Sport Dipuja Bebek Dicela « Learning To Live

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: