Lanjut ke konten

Jupiter Z (Masih) Jadi Peluru Andalan Yamaha

9 Januari 2011

Jupiter Z. (foto:ymki)

 

Honda mampu mendongkrak pangsa pasar (market share) sepeda motor skutik pada 2010. Namun, harus kebobolan di lini motor bebek. Sebaliknya, Yamaha justeru mampu menaikkan market share bebek, sekalipun harus dibayar dengan penurunan skutik.

Tahun 2010 memang ketat. Para pabrikan motor berlomba merangsek pasar. Khusus di lini motor bebek, Yamaha yang dibesut oleh PT Yamaha Motor Kencana Indonesia (YMKI) berhasil memperbaiki pangsa pasar dari 38,18% menjadi sekitar 40,05%. Kebalikannya, Honda menurun dari 52,05% menjadi sekitar 48,37%. Pada 2010, total volume sepeda motor bebek di Indonesia mencapai sekitar 3,5 juta unit.

Peluru andalan Yamaha di lini motor bebek adalah Jupiter Z. Pada 2010, Jupiter Z berhasil memperbaiki posisi dari urutan keempat pada 2009, menjadi urutan ketiga. Di posisi pertama dan kedua masing-masing diduduki produk Honda yakni Absolute Revo dan Supra X 125.

Jupiter Z yang iklannya dibintangi Juara MotoGP Jorge Lorenzo, pada 2010, memiliki pangsa pasar sekitar 16,88%. Membaik dibandingkan setahun sebelumnya yang sekitar 14,54%. YMKI menggerojok pasar dengan tiga varian Jupiter Z dengan harga yang berbeda-beda. Untuk Jupiter Z standar Rp 13,75 juta per unit, lalu Jupiter Z cast wheel (CW) Rp 14,6 juta, dan Jupiter Z CW special edition Rp 15,185 juta.

Daya gedor Jupiter Z yang dibalut mesin 115cc itu, tergolong lincah dibandingkan dua produk bebek YMKI yang lainnya yakni Vega ZR dan Jupiter MX. Jupiter Z rata-rata terjual mendekati 50 ribu unit per bulan. Sekalipun, Jupiter Z masih kesulitan menembus dominasi Absolute Revo dan Supra X 125 milik Honda.

Dari ketiga produk bebek Yamaha, hanya Jupiter MX yang paling rendah volume penjualannya. Tak heran jika kemudian YMKI meningkatkan peforma bebek bermesin 135cc tersebut. Untuk yang tipe standar kini memiliki tarikan lima langkah dari semula empat langkah, sedangkan yang memakai kopling, tetap empat langkah. Peningkatan peforma tersebut tentu diharapkan mampu saling bahu membahu mendongkrak kekuatan lini bebek Yamaha pada 2011.

Namun, sebagaimana kita tahu, konsumen motor bebek lebih dominan di lini mesin 110cc seperti Absolute Revo. Di sisi lain, kita juga tahu, konsumen di-entry level sangat elastis terhadap harga. Tantangan bagi para pabrikan adalah bagaimana menciptakan produk yang memiliki harga terjangkau, namun berpenampilan yang cocok di hati konsumen. (edo rusyanto)

33 Komentar leave one →
  1. FBY permalink
    9 Januari 2011 10:04

    Pertamax…

  2. FBY permalink
    9 Januari 2011 10:08

    JupiterZ mang manteb om.. Design bebek ymh jauh lbh oke ketimbang pabrikan sbelah… Hihihi

  3. New-Supra-1 permalink
    9 Januari 2011 11:05

    PERTAMAXXX.. kabar hsx di th 2011 gmn om?

    • 9 Januari 2011 11:11

      kelihatannya masih bisa mempertahankan prestasinya. kita lihat saja januari ini bgm?

  4. masterXeon permalink
    9 Januari 2011 11:09

    dikatain lemot, kayak mocin, buntut jelek dll, tapi tetap aja laku……

    • Pino Kio permalink
      9 Januari 2011 11:15

      yg beli kemakan iklan Lorenzo bro.
      dikirain kalau yg naik lorenzo kenceng eh taunya malah lemot banget.
      wkwkwkwkkkkk………………………

      • masterXeon permalink
        9 Januari 2011 13:18

        hahahaha….
        masih mending-la daripada Losser with blade….
        model udah jelek, mahal, lemot lagi….
        pantas aja gak laku2….
        hidup tak mau matipun segan….

        • Pino Kio permalink
          10 Januari 2011 07:27

          hahahaaaa…
          salesnya yamaha kebakaran jenggot.

  5. Pino Kio permalink
    9 Januari 2011 11:13

    motor yg sangat2 overprice.
    motor 115 cc tapi malah lebih mahal dari Axelo yg 125 cc plus cakram belakang.

    • dosomuko permalink
      9 Januari 2011 13:06

      ya begitulah YMKI sekarang.
      udah lupa dgn slogan awal ‘murah tapi gak murahan”
      sekarang barang murahan dijual mahal.

  6. Joko permalink
    9 Januari 2011 11:33

    Cuma sebentar larisnya, liat saja di dealer waktu akhir tahun. Mio dan vega sudah habis, jupi z masih berderet2. Walau yg rame blundernya scorpio, jupi z adalah blunder ymki yg sebenarnya. Vega pelan masih dimaklumi krn memang murah, tapi nggak utk motor mahal ini.

  7. 9 Januari 2011 13:25

    Yupz Jupiter Z tetap mendapat hati di konsumen, sekalipun banyak yang mencibir 🙂

  8. 9 Januari 2011 13:35

    menurut saya New Jupiter Z adalah bebek paling valuable diantara bebek jepang yang lain.. saya yang termasuk merasakan nya..buktikan :mrgreen:

    banyak yang bilang lemot, tapi saat masuk gigi 1 grip gas diplintir, mesin sangat nyentakk.. akselerasi wuenakk.. handling sangat mantab, rem pakem, bagasi sangat luas (2 buah mantol jubah + sepatu ukuran 42 masuk), mekanisme kunci all in one, dashboard nya cekung manfaat bgt.. cover kolong mesin depan lebar, air ga terlalu nyiprat, bodi mantab.. bbm irit, after sales oke.. top deh :mrgreen:

  9. Paidjo_Padjah permalink
    9 Januari 2011 14:45

    Ikon Lorenzo berdampak luar biasa pada penjualan motor ini.
    meski secara produknya sendiri bia dibilang gak ada kelebihan apapun dibanding motor sekelas dan harganya yg paling mahal (lebih mahal dari Axelo 125 cc + RDB) tapi masih bia membius konsumen.
    Moga aja tahun ini Lorenzo bisa juara lagi, kalau enggak ya wasalam.

  10. 9 Januari 2011 15:03

    tumben ada koment perang dikit..ik..ik..
    ni perang juga http://triyantobanyumasan.wordpress.com/2011/01/09/perang-motor-sport-di-2011/

  11. Momod permalink
    9 Januari 2011 15:36

    Mbah kebalik mbah. Jupie mx yang standard masih 4percepatan sdangkan yang kopling manual 5 percepatan

  12. nick69 permalink
    9 Januari 2011 18:04

    Design lumayan oke meskipun pribadi msh suka headlamp mx.
    Yg bikin kurang sreg ma new jupiterz ini
    -power turun dr jupez sbelumnya.
    -harga paling mahal dikelasnya.
    -suara knalpot jelek bgt.
    Msh mending vega.r 102cc

    13,8jt di suzuki dah dpt axelo 125cc,velg racing,power lbh besar.
    New jptz baru dpt velg jari2 n cc115,power kurang.

    Intinya gak sesuai dgn uang yg dikeluarkan.

    Kalo new mx cocok ma harganya/sesuai.
    Smoga harga diturunin,paling tidak sama dgn harga jptz lama(burhan)

  13. nick69 permalink
    9 Januari 2011 18:08

    Sama2 beli ymh,
    Aku pilih jpt mx skalian.

  14. nick69 permalink
    9 Januari 2011 18:20

    Titan velg racing aja cm 12,95jt.

    Kenceng bisa irit bisa.
    Power gak kalah ma 125cc

  15. AAA permalink
    9 Januari 2011 20:49

    Dari grafik revo ama blade turun yaa dari 2009. Apa gara2 disuruh pake helm..??

    • wiro permalink
      9 Januari 2011 21:10

      ketahuan powernya gedhe di brosur doang. maks top speed cuma 90km/jam 😀

      • Pino Kio permalink
        10 Januari 2011 07:30

        sttttt……..
        jgn bilang2 brosur.
        entar yg punya byson ngamuk lho.
        byson dibrosur powernya sama dgn NMP tapi begitu dinaikin sangat jauh beda.
        top speed juga gak sampai 100 kmpj dan setelah dicek dgn dino powernya cuma 10 DK…….!!!
        ngibulnya keterlaluan.

  16. Pino Kio permalink
    10 Januari 2011 07:33

    @Wiro
    lha kalau bebek sih wajar, kalau motor sport 150 cc powernya cuma 10 dk dan top speed cuma 90 kmpj itu yg malu2in.

    Kondisi ……………………………. Max power ……………. Max Tourqe
    Standar ……………………… 10,35 dk / 7.750 rpm ….. 11.3 Nm / 5.000 rpm
    Cdi BRT + Knalpot std …… 10,87 dk / 7.500 rpm … 11,79 Nm / 4.600 rpm
    Cdi BRT + Knalpot Nob1… 11,32 dk / 7.500 rpm …. 11,59 Nm / 6.200 rpm

    Penulis/Foto: DiC / salim

    mosok motor sport 150 cc top speed 100 kmpj aja gak bisa.
    MEMALUKAN!!

    Hasil test
    0-60 km/jam 6,00 detik
    0-80 km/jam 11,02 detik
    0-100 km/jam tidak tercapai
    0-100 m 7,87 detik
    0-201 m 12,52 detik
    0-402 m 21,52 derik
    Konsumsi bahan bakar (L/Km) 1/32 (kombinasi)

    Penulis/Foto: Tim Otomotif / Dolo

    • yahonsuwakanja permalink
      10 Januari 2011 08:19

      wkwkakwkak…
      ngeles….dan mengalihkan perhatian….
      kasihan nggak ada lg argumen ya…

  17. JAFFAR_THE CRAZY HORSE permalink
    10 Januari 2011 11:06

    ngga usah kuatirin new jupiter z,harganya udah masuk premium walau cc cuma 115.kalo AHM berani memainkan harga h-sx 125 dan blade,new jupiter z bukan ancaman.buktiin aja ❓

  18. pemulung permalink
    26 Januari 2011 17:02

    para pabrikan sebelah saling mencibir YAMAHA…kenapa ya mas bro? Bukanya mereka bukan penunggang YAMAHA, ko kayaknya sudah pada tau banget sampe ke dalem2nya mesin YAMAHA. Ember air produk” lain” vs ember produk “lion star” lebih mahal produk lion star…kenapa??? Pikir aja pake otak…!!! Jangan suka bandingin sesutu demi kepentingan pribadi,biarin aja yamaha jual lebih mahal…toh saya yakin para petinggi YMKI tidaklah lebih tolol daripada anda mencibir yamaha..mereka orang pilihan dan berpendidikan semua…saya fanatik YAMAHA tapi gak pernah jelekin pabrikan tetangga,karena saya tak tertarik untuk tau sedikitpun pabrikan lain selain YAMAHA.

  19. rizal persib permalink
    30 Januari 2011 14:50

    NJZ mank keren,, harga mank gk boong, NJZ mank mantap!

  20. LOve Jupez!! permalink
    3 Februari 2011 02:12

    TAIK LO PADA Jupez N gwa aja tembus 100 KM lo thu pda critic aj, ya harus diakui sih, Hentakan 1-3 ajip bro, tpi mmng yg masuk ke 4nya lama responnya, (tdi dites, ptus ma blade pas akhir, awalnya menang) ya, mas mas dsini jgn pda komen yg trlalu critic, yamaha kan Selalu Di Depan

  21. anti yayaya permalink
    19 April 2011 10:32

    lambang yamaha = lambang yahudi
    yamaha = yahudi
    yamaha = motor kafir

  22. alexander permalink
    29 Juli 2011 17:11

    semua produk motor dari pabrikan jepang itu sama kwalitasnya,hnya joki nya saja yang nggk bisa ngerawat tunggangannya,tetapi walau bagaimanapun,YAMAHA bagi saya sudah menjadi partner dari tahun 2000,di kediaman saya ada 5 unit motor dari pabrikan YAMAHA,kalau produk HONDA bagi saya hanya ada satu kelemahan dari dulu yang belum ada cara mengatasinya dari pihak HONDA,yaitu batok motornya yang berpacu ngeluarin suara sama mesinnya jika sudh lewat dari 10bulan pemakaian(normal),baik itu matic,bebek, maupun motor dari kelas 200cc.

  23. misteriyus permalink
    18 September 2011 11:15

    NJZ ko aga sush y buat smpe k 80 km/jam? mtor bru 2bln si… pa krna msh baru y…?

  24. imam permalink
    17 Desember 2011 08:20

    nanggung. mending tambah 600000 dp HSX SW. power lebih mantap, koplin 3, 4 lebih mantap, speedo digital, lebih irit, dobel cakram, aman diisi premium klo duit kurang pilih titan aj…

  25. fuadz permalink
    13 Februari 2012 15:25

    tul…, ane juga punya bebek H dan Y, si H emang enak ditunggangin, nyaman…, Y kalo lama bikin pegel. tapi si H boro2 10 bulan…, 5 bulan udah pada koplak body dan batoknya…, udah 3 kali ganti batok, 2 kali ganti shock belakang, 1 kali ganti laker roda depan. tapi emang nyaman dikendarai…, cinta kedua-duanya…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: