Lanjut ke konten

Suzuki Spin, Ayo Semangat!

30 Desember 2010

foto:istimewa

 

SUZUKI punya senjata andalan di segmen sepeda motor skutik. Suzuki Spin merupakan yang paling ampuh dibandingkan dua skutik lainnya yakni Skydrive dan Skywave. Akankah geliatnya lebih kuat pada 2011? Ayo. Suzuki terus semangat.

Gemuruh persaingan skutik antara Yamaha selaku pemimpin pasar dengan kompetitor utamanya, Honda, berimbas ke Suzuki. Setidaknya tiga tahun terakhir, imbas ini membawa aroma tak sedap. Pangsa pasar skutik Suzuki terus tergerus. Sedangkan Honda yang mencoba mengejar Yamaha, menikmati peningkatan.

Sekadar menyegarkan, pangsa pasar Suzuki sempat mengalami puncaknya pada 2008 yakni sekitar 13,08%, namun melorot menjadi 7,55% pada 2009, dan anjlok lagi menjadi sekitar 4,90% per November 2010. Kebalikan dari Honda yang mampu mendongkrak diri dari 32,89% (2008) menjadi sekitar 45,33% per November 2010.

Suzuki dengan jargon Way of Life, pasti pantang menyerah. Segenap jurus sudah disiapkan memasuki tahun 2011. Termasuk untuk lini skutik.

Soal Suzuki Spin yang dibalut mesin 125cc itu, rasanya tak berlebihan jika manajemen PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) fokus menggenjot motor bertransmisi maksimum 9.5 Hp/7.500 rpm tersebut. Tengok saja ketangguhan Suzuki Spin lima tahun terakhir. Dia mampu terjual rata-rata sekitar 73 ribu unit per tahun. Walau masih di bawah Yamaha Mio yang sekitar 100 ribuan unit per tahun. Bahkan, pada 2008, Spin mampu melewati Mio. Saat itu, Spin terjual sekitar 127 ribu unit, sedangkan Mio hanya sekitar 112 ribu unit. Sayang, setelah itu, Spin yang saat ini dibanderol Rp 12,52 juta per unit, penjualannya terus melemah. Mio melenggang di depan.

Namun, bukan tidak mungkin memasuki 2011 bakal mampu mengulang prestasi tahun 2008. Tentu saja, harus belajar banyak dalam tiga tahun terakhir. Apa saja yang harus diperhatikan? Ada yang tahu? (edo rusyanto)

23 Komentar leave one →
  1. 30 Desember 2010 14:09

    suspensi spin itu nga seenak mio dan beat kena gundukan atau lubang dikit aja,berasax minta ampun nga enakx,apalg tempat dudukx bikin pantxx cepat sakit hehe…mungkin tingkat kenyamananx harus diteliti ulang.untuk tenaga,jelas bisa melawan

  2. Boombox Walker permalink
    30 Desember 2010 14:36

    masih berat klo mau nyaingi matic honda dan yamaha. cc boleh besar. tp, kenyamanan masih diragukan.

    • 30 Desember 2010 15:31

      ya, manajemen suzuki harus lebih inovatif. supaya persaingan juga kian seru, maksudnya, pilihan untuk konsumen kian variatif dan berkualitas. trims

  3. Aank wijaya permalink
    30 Desember 2010 14:59

    kog skarang jarang kliatan yagh spin???
    gda pembaharuan yagh????
    buat dong yang baruuu…

  4. 30 Desember 2010 15:30

    spin ini banyak ga enaknya dibanding enaknya.. ergonominya kurang, handling ga semantap mio, rem nya sama kayak vario ga pakem, mau depan / belakang sama saja.. tapi power menengah ke atas mantab.. itu saja.. mio tetep the best lah 😆 😆

    • JAFFAR_THE CRAZY HORSE permalink
      30 Desember 2010 15:33

      spin ini banyak ga enaknya,tapi paling ga’ enak mionya thole,wakakakak

  5. hadi permalink
    30 Desember 2010 15:48

    ayo…semangat…semangat…!!
    harga murah, tarikan mantaf, handling enak, ergonomis enak (ga bikin pegel), shok empuk, bagasi luas….sudah ada belum ya, yg kaya gini?

  6. 30 Desember 2010 16:51

    @JAFFAR
    basiiiiii dahh…

  7. 30 Desember 2010 17:39

    kabarnya, suzuki spin rest in peace di 2011, yakin deh

    Inilah Alasan Elena Myers Batal menjajal Motor MotoGP

    http://motorkencang.wordpress.com/2010/12/30/inilah-alasan-mengapa-elena-myers-batal-menjajal-gsv-r-di-motogp-valencia/

  8. bravo permalink
    30 Desember 2010 17:58

    Suzuku penggemar tenis meja, coba aja nama motor kaya pukulan tenis meja. SMASH, SPIN…

  9. 30 Desember 2010 22:03

    Karena suzuki senang yang awalannya S om 😀

    Nitip lapak: Akankah AHM kecolongan di akhir tahun?

    http://motorkencang.wordpress.com/2010/12/30/akankah-ahm-kecolongan-lagi-penjualan-di-lap-terakhir-2010/

    • f41z permalink
      31 Desember 2010 09:23

      bener juga ya smash,shogun, satria,spin, skywave, skydrive, shunder 125

  10. f41z permalink
    31 Desember 2010 09:20

    Kelebihan Spin :
    1.kenceng
    2.bodi relatif ringan
    3.Ga seberapa boros
    4.deck rata bisa muat belanjaan banyak
    Kekurangan Spin :
    1. Suku cadang mahal
    2.Kampas kopling gampang selip (dan harganya >400rb), berlaku untuk matic suzuki yg lain
    3.shockbreaker ga nyaman, ground clearance kurang tinggi
    4.asesori susah dicari
    5.harga jual kembali tiarap (kelebihan bagi yg beli second, pasaran CW 2007 cuma 5jtan)

    berhubung waktu itu budget terbatas akhirnya beli ini deh. he3… dapet Spin CW 2007 dari makelar cuma 5.5jt, ongkos servis 500 rban (ganti belt,roller ganti kiprok dan pantek kampas kopling pake kampas mobil)

  11. softech_niQ permalink
    31 Desember 2010 10:48

    after sales yg bgs& hrg sparepart yg bkualitas tp tjangkau adlh mutlak kbutuhan konsumen.

  12. vyzex permalink
    31 Desember 2010 15:51

    per bulan apa per tahun? angka jualannya?

    • HUALANH permalink
      31 Desember 2010 20:27

      Betul.
      Dalam beberapa posting sebelum ini saudara dengan jelas menyatakan penjualan mio sekitar 100,000 unit per bulan. Yang mana betul?

    • 31 Desember 2010 20:42

      per tahun bro, ada mio ada mio cw. dalam artikel ini, mio. bukan mio cw. trims atensinya. salam

  13. Denco Denok permalink
    26 Januari 2011 22:44

    Heeeeeeeem,bwt penampilam spin tlong d gnti…………….bosen q ngeliat’y,

  14. oyo permalink
    29 Januari 2011 15:02

    CUMA SAAATU bos:
    (Min) GANTI MODEL
    SECEPATNYA!!!

  15. 15 Mei 2011 12:01

    Banyak yang komplain tentang SPIN SR tadinya mau beli jadi ragu ragu

  16. iwan permalink
    3 Juli 2011 23:48

    kelemahan spin yaitu rem belakangX tapi kuat tarekan pertamaX !!!

  17. badut sentot permalink
    11 Agustus 2012 16:23

    mio ga akan bs saingi spin laaaa..
    krn spin ga mau pakek speart part tiruan.sedangkn mio seperti pelacur smua speart part tiruan masuk.
    hanya org high class yg sanggup pakek spin.
    hahahaha

  18. hermawan permalink
    27 Mei 2013 01:18

    buat mas bedut sentot@ saya setuju dengan pendapat anda. Spin memang lebih unggul dari yang lae. Dari bodynya sampe tarikanya pokoke nggak ngeselin. Dulu pernah pke metic m tp apa bbm’y setara dengan motor 2 tak. Tp spin tidak lebih irit cuman 1 onderdilnya kalo gk orang kaya gk bisa beli wkwkwk.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: