Lanjut ke konten

Suzuki Sibuk Mempertahankan Pangsa Pasar

30 Desember 2010

Catatan Akhir Tahun 2010 Suzuki:

Satria FU 150. (foto:istimewa)

 

SUZUKI perlu kerja keras guna mempertahankan pangsa pasar. Pabrikan yang sempat menonjol di lini sport itu, nyaris seperti kehabisan energi dihimpit oleh perseteruan dua raksasa, Honda dan Yamaha.

Kemampuan PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) selaku produsen sepeda motor Suzuki mempertahankan pangsa pasar sudah terlihat. Tinggal kemampuan untuk meningkatkan pangsa pasar saja yang harus digenjot.

Di lini bebek Suzuki mencoba bertahan agar pangsa pasarnya tidak terperosok terlalu dalam seperti Honda. Pada 2006, Suzuki masih menguasai sekitar 11,69%, bahkan mampu menaikkan menjadi 12,66% setahun kemudian. Lalu sempat turun sedikit pada 2008, hingga akhirnya terjun bebas menjadi sekitar 7,65% pada 2009.

Beruntung Suzuki memiliki peluru tajam di lini bebek yakni Satria FU 150 dan buru-buru melesatkan bebek Suzuki Titan pada 2010 yang berbuah manis pada peningkatan market share menjadi sekitar 9,59% per November 2010.

 

Bertahan

Kehadiran Suzuki Titan pada 2010 menahan penurunan pangsa pasar Suzuki di tengah perseteruan yang cukup sengit antara Honda dan Yamaha. Perebutan pangsa pasar kedua raksasa itu, mau tak mau berimbas kepada Suzuki. Belum lagi gerilya dari kompetitor lain seperti Kawasaki dan TVS. Kedua pabrikan tersebut juga mengincar pasar bebek di pasar domestik.

Kondisi seperti itu membuat Suzuki harus bertahan habis-habisan agar tidak terjun terlalu dalam. Suzuki memang bisa bernafas agak lega karena kompetitor di bawahnya memiliki rentang jarak yang lumayan lebar. Secara keseluruhan, Suzuki masih membutuhkan amunisi yang kuat di lini sport dan skutik. Mengingat di lini sport, pangsa pasar Suzuki sesungguhnya sempat mengimbangi Yamaha pada 2006-2008. Bahkan, pada 2006, Suzuki menempati posisi kedua lini sport dengan market share sekitar 30,17%. Saat itu, Yamaha baru meraih sekitar 21,27%.

Tak bisa dipungkiri, senjata pamungkas Suzuki untuk segmen sport yakni Suzuki Thunder harus segera disegarkan. Atau, mendapat mitra yang seimbang untuk bahu membahu meraih kembali pangsa pasar yang pernah diraih. Per November 2010, Suzuki harus rela hanya menggenggam sekitar 3,11% pasar sport. Turun drastis dibandingkan 2006.

Di segmen skutik, Suzuki juga harus bertahan cukup ketat mengingat mencatat prestasi yang kurang berkilau. Tiga skutik yang diandalkan yakni Spin, Skydrive, dan Skywave, masih harus ditingkatkan penetrasinya. Per November 2010, pangsa pasar skutik berada di posisi 4,90%, menurun dibandingkan 2006 yang sekitar 8%.

Memasuki tahun 2011, Suzuki harus lebih percaya diri. Isyarat sudah dicuatkan bahwa pabrikan ini bakal mengguyur pasar dengan sedikitnya empat produk baru. Sebagai pembuka, Suzuki bakal menggelontorkan motor bebek Suzuki Axelo pada 4 Januari 2011. (edo rusyanto)

13 Komentar leave one →
  1. 30 Desember 2010 06:13

    pertamaxx dulu mbah..

    http://rosso99.wordpress.com/

  2. 30 Desember 2010 06:18

    reborn FXR pasti laris… tentunya dengan pricing yg pas 😆

    titip laporan kopdar bloger-biker lintas propinsi bang edo 😀
    http://azizyhoree.wordpress.com/2010/12/29/kopdar-markas-bonsai-2-telaga-sarangan-gn-lawu/

  3. 30 Desember 2010 06:20

    walah, disalip kang ocho di tikungan pertama asemb! :mrgreen:

  4. dastan permalink
    30 Desember 2010 06:21

    axelo tetep nyungsep

  5. Agus Setyobudi permalink
    30 Desember 2010 06:27

    Gue punya usul buat mengangkat market SUZUKI di lili motor SPORT:
    Satu2nya jalan kl ya SUZUKI mesti pasarin mini GLADIUS 250cc/300cc,
    secara desain motor ini bagus banget,kl SUZUKI bawa ni motor ke indonesia dapat dipastikan Y****A n H***A g’da apa-apanya.
    Mudal2an usul saya di Dengar.

  6. 30 Desember 2010 09:42

    masih dapet point 😀

    mudah-mudahan suzuki tahun depan naik MS nya. amin

    nitip lapak aja deh: Iklan Suzuki Global

    http://motorkencang.wordpress.com/2010/12/30/aff-suzuki-cup-telah-berakhir-apakah-iklan-suzuki-global-masih-wara-wiri-di-tv/

  7. Liljohn permalink
    30 Desember 2010 11:25

    Klo mau market share motor sport meroket, simpel aja, keluarin motor sport fairing 150 c pake mesin satria fu, dgn harga diatas satria, nmp dan dibawah vixion! Desain bodi mengacu pada suzuki gsx yg diklan globalnya tuh. Mana tahan bok…siapa yg ga ngiler..

  8. Boombox Walker permalink
    30 Desember 2010 14:48

    jualannya suzuki sih yg kenceng emang suzuki fu doank. lainnya keok

  9. Aank wijaya permalink
    30 Desember 2010 15:08

    maksudnya…????
    knapa ga mau kluarin yg baruuu segh????
    kayagnya ketinggalan bgt degh!!!
    hhhuuuuffttt…

  10. Agus Setyobudi permalink
    30 Desember 2010 17:15

    SUZUKI akan segera MATI,,,,,,,,IIIIIIIII,,,,,,,,,!!!!!!
    Jika tidak mau BERINOVASI.
    Mau bukti????????????
    Kita lihat aja nanti.
    Karena kelemahan si susi ya cuma satu itu”TIDAK ADA INOVASI”
    Lain dgn pabrikan lain yg selalu BERINOVASI.

  11. kodokijo permalink
    30 Desember 2010 18:53

    Ayo Indomobil, gelontorin secepatnya New FXR 150RR dan GW 250 The mini B-King. Suzuki sedang mengalami krisis brand image dan produk flagship, dan dgn kedua produk ini saya yakin market akan bereaksi positif.

  12. softech_niQ permalink
    31 Desember 2010 12:01

    kl matic juki ini pnyakitx d hrg &kwlts sparepart yg kurang mantab.

  13. segleng permalink
    7 Januari 2011 10:48

    suzuki ga buat part kw-kwan sih jadi kesannya partnya mahal and langka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: