Siapa Yang Tahan Goyangan Mio
WALAU digempur kanan kiri, tampaknya sepeda motor skutik Yamaha Mio cast wheel (CW) tidak limbung. Hingga kini, siapa yang tahan goyangan Mio CW. Pangsa pasarnya masih nomor wahid di kelas motor praktis tersebut.
Lima tahun terakhir, skutik yang kini dibanderol Rp 12,5 juta per unit itu, masih melenggang di papan atas. Rata-rata per tahun mampu terjual sekitar 500-an ribu unit. Wow!
Di lingkaran lima besar, sepanjang lima tahun, hanya skutik Honda Beat yang mampu mendekat, itupun dengan selisih sekitar 300-an ribu unit, secara akumulasi. Sejak masuk ke pasar pada 2008, Beat terjual rata-rata per tahun sekitar 400-an ribu unit.
Bagaimana memasuki 2011? Kedua produsen skutik tersebut, baik PT Yamaha Motor Kencana Indonesia (YMKI) dan PT Astra Honda Motor (AHM), pasti punya resep mujarab. Mulai dari strategi potong tenor, potongan uang muka, hingga aneka hadiah untuk para pembeli mereka. Tapi, resep apa yang paling jitu merayu konsumen?
Kita tahu, tipikal konsumen saat ini selain gemar harga yang miring, juga suka dengan uang cicilan dan uang muka yang rendah. Maklum, mayoritas penjualan sepeda motor di Tanah Air masih melalui sistem kredit. Di sini, peran perusahaan pembiayaan menjadi vital. Siapa yang berani main fasilitas pembiayaan kategori ringan, bakal diserbu konsumen.
Di sisi lain, kita juga tahu, pencitraan atas sebuah produk menjadi kata kunci yang tak boleh diabaikan begitu saja. Lonjakan Honda Beat yang saat ini dibanderol Rp 12 juta per unit (versi velg jari-jari) dan Rp 12,5 juta per unit (versi velg racing), tak bisa dianggap remeh oleh Mio CW.
Tahun 2011, persaingan memperebutkan pasar skutik disinyalir bakal tambah seru. Tren menggunakan sepeda motor yang praktis seperti diusung skutik, bakal terus bergelora. Boleh jadi, secara perlahan era motor bebek bakal tergantikan oleh skutik. (edo rusyanto)
Isi pertamax!
gamau bilang macem2 lah.. wueenakk tenan matik 1 ini..
coba tempat gaweku deket2 rumah pasti mending kemarin pilih matic daripada bebek, praktis tinggal gas
kecewa jg kenapa kemarin ga ambil matic aja…
efek first mover emang luar biasa dahsyat ya om.
padahal klo dilihat dari produknya sendiri mio itu udah ketinggalan banget hampir di segala hal.
ya seperti dulu honda dgn supra fitnya bro.
dilihat darimanapun supra fit kalah dari kompetitor tapi karena bebek itu first movernya honda ya tetep aja laris manis.
begitu juga dgn mio.
meski udah ketinggalan jauh dari kompetitor tapi karena first movernya masih bisa bertahan.
sampai kapan?
Time Will tell.
pernah pake emang paling tokcer dan tahan banting, cuma ga tahan ama yg make di jalan dari 10 metik, 7 nya pasti mio.
yg punya mio bawa tahun baruan ke sini http://triyantobanyumasan.wordpress.com/2010/12/28/tahun-baru-di-ancol/
@au_ah
hampir di segala hal itu meliputi apa saja maz?? kalo boleh saya tau, wkwkwk 😆
orangtua saya punya satu biji motor cantik ini… gimana yah, metik ini emang cocok untuk kaum hawa, desainnya cukup cantik n bentuknya pas.. imho, yah mungkin orang yang sebelumnya belum punya motor dan ingin beli metik pasti milih motor ini.. tapi kalau semacam saya yang sebelumnya udah nyoba motor dari setidaknya dua merk yang berkuasa, kayaknya mikir2 dulu deh…
Like this…
emang kl kaum hawa yg naek mio, kliatan lebih gimannnaaaa gituu…. mungkin karna lekuk bodi mio bisa menarik lekuk menarik dari kaum hawa…. (efek sampingnya : dari blakang oyeee, tapi pas dah liat wajahnya ternyata oh,nooo 😀 )
cewe2 yang naik mio ini kelihatan jauh lebih seksi dibanding yang naik beat….
itu tidak bisa dipungkiri..
kl cowok yg naik mio gmn? sexy jg? 😀
aje gile nyang bener mas xeong ‘spesies’,kalo dimensi emang bagusan mio kalo pembawaan bagi gue enakan beat,wakakak
evek First Mover emank dahsyat…
gue dah nyoba Vario dan Mio. dari desain lebih OK Vario, Performa 50:50, tarikan lebih enak Vario, So… kalo gue ngapain beli MIo… I’m Vario… what about y0u…
yang jelas orang ogah dengan fitur blethaacknya xixixi…
ente jangan salah boz ituh karena aplikasi choke otomatisnya ajah,emang cie meong masih jyadul,wakakak
pengen memboyong Vario Techno ke rumah…..
naksir berat…..
Beat jauh lebih sporty drpd Mio….. hanya itu yg gue tau….
^
betul..betul…betul
sebenernya bukan karena first mover aja sih secara dimensi berbanding harga jelas mio adalah pilihan ideal,kelemahannya hanya pada minim fitur,jyadul,dan boros dan satu lagi kalo setingannya lagi ngaco ngga tahan ama suara petasannya bikin kaget,wakakak
karena laki-laki juga tidak mau ketinggalan..
buahahahahahahahahaha…
yang jelas mio ga pake fitur blethaaak dan fitur yg diada2in trus kemudian diilangin kyk ABS
CBS maksudnya xixi..
@JAFFAR
haduuhh.. fbh masa product knowledge nya kurang.. 😆
saya aja tau, knp starter matik honda itu bunyi plethaak.. itu bukan efek autochoke, itu karna dinamo stater vario model tonjok.. beda sama mio yang terendam pelumas jadi alus.. haduuuhh
wah thole pinter ya….
@JAFFAR
saya aja tau lho, berapa jumlah mata v-belt beat/vario.. (FBY aja tau sampe se detail itu lho) kamu tau ga berapa? wkwkwk 😆
jangan2 posisi aki vario aja kamu ga tau lagi, posisinya dimana.. wkwkwkwk
wah bisa aja ente le,kalo masalah nyang entu ane emang belum tau co’z belum pernah bongkar n’ bandingin antara matic h n’ y.yang jelas posisi aki vario ada di balik tebeng depan.
yg penting nyampe kantor
kirain goyang apa Mbah..
berhubung aye tinggal di ndeso dan dekat gunung maka skutik bukan pilihan..
apalagi kondisi jalan yang mirip permukaan bulan.. 🙂
ada juga GOYANG KARAWANG…
xixixixi…
tarik manggggg….
nasib punya rumah minimalis. garasi belum ada kanopinya,jadi panas bgt. mio gue mika bening pelindung speedometernya masih jernih. beat punya istri udah retak2 warna putih. jadi susah lihat spedometer. soal irit sama aja, gak ada bedanya.
Cewe ane dulu punya mio
tapi sekarang pake vario techno 🙂
http://motorkencang.wordpress.com/2010/12/29/stand-bajaj-di-jatim-fair-2010-antara-pulsar-135-ls-dan-spg-pilih-mana/
@dastan
yang suka ngomongin kualitas, perlu dipertanyakan lagi tuh.. wkwkwkwk 😆
ma mio gwe tahan sejuta persen,tapi yang didekat cie meong,nggggaaaaaak tahhhaaaaaaaan.
@JAFFAR
Makanya kalo ngomong jangan asal blethak eh jeplak…blethak kok dibilang autochoke..bilang aja honda blm bisa bikin matic tanpa fitur blethaak itu
Xeon aja yang ada autochokenya ga pake blethak2an tuh
Belajar dulu gih baru ngomong.ketauan dah selama ini asal blethak ngomongnya.persis kyk produk idolanya.hohoho.
@sutekno
koq ane ga ngerasa suara starternya vario or beat ga sekeras itu ya. menurut ane, normal aja. ga ngaruh sama apa2. yg jelas, menurut ane vario lebih nyaman dipake dan ga perlu bolak balik masuk SPBU. so, lebih efisien. masa uang habis buat bolak balik isi bensin doank.
lumayan kenceng kok mas, suara staternya beat. beda ama mio. kalo soal bbm sama aja mio ama beat. terus terang saya termasuk korban iklan beat yg bisa 73km perliter itu
@dastan
wkwkwkwkwkwk
menurut gwe un comment2 di atas ..
FBY lebih terbuka dengan kekurangan matic YMH dan selalu coba cari solusi hingga kelihatan lebih cerdas.
Coment nya pedes bener …
FBH Selalu berusaha sembunyiin kekurangan dan tidak pernah mengakui kekurangannya dengan cara menggembar gemborkan kekurangan tetangga. Point Terbesar yg jadi Andalan FBH adalah Irit.
Comment nya .. ( saran ajah .. belajar lagi comment yg lebih mutu)