Lanjut ke konten

Tanpa Helm Pun Jadi

16 Desember 2010

foto:edo

Tak ada rotan, akar pun jadi. Tak memakai helm, bersepeda motor pun jadi.
Pemandangan pemotor yang tak memakai helm, atau pemotor dan pembonceng yang tak mengenakan helm, seakan menjadi hal yang tak terpisahkan di jalan-jalan Jakarta. Ironisnya mereka yang tak berhelm itu gak kenal usia. Ada balita, remaja, hingga dewasa. Tak mengenal gender, bahkan strata ekonomi maupun pendidikan. Mereka melenggang seakan tanpa beban.
Seorang direksi perusahaan helm ternama di Indonesia suatu ketika pernah berujar, hingga kini, dia tak tahu cara efektif mengajak pemotor memakai helm saat berkendara. Sempat kami membahas soal perlunya pendekatan terapi kejut agar membuka mata soal potensi celaka akibat bersepeda motor tanpa helm. Pembicaraan akhirnya meruncing pada penciptaan rasa butuh melindungi isi kepala dari potensi kecelakaan yang lebih fatal. Maklum, luka sedikit saja di bagian kepala bisa berbuntut buruk.
Ya. Perlu dibangun kebutuhan memakai helm. Bukan semata kewajiban. Kalau soal kewajiban, kita semua sudah tahu bahwa UU No 22/2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ), mewajibkan pemotor dan pembonceng memakai helm. Bahkan, kualitas helmnya harus memenuhi ketentuan Standar Nasional Indonesia (SNI). Pelanggaran atas aturan tersebut diancam sanksi denda maksimal Rp 250 ribu, atau sanksi pidana maksimal kurungan badan selama satu bulan.
Entah sudah sejauhmana implementasi di lapangan atas peraturan tersebut. Kita cuma bisa berharap agar para penegak hukum bisa tegas dan konsisten. Kita hanya bisa mendorong tumbuhnya kebutuhan memakai pelindung kepala saat berkendara. Bukan untuk siapa-siapa, kecuali keselamatan diri sendiri yang bisa berimbas kepada orang di sekeliling kita. (edo rusyanto)

12 Komentar leave one →
  1. softech_niQ permalink
    16 Desember 2010 09:24

    ambil helm pertamax dl

  2. dani permalink
    16 Desember 2010 10:09

    mas edo cari yang motornya merk laen dong, kok banyaknya yang ditonggolin merk ini kan jelek image nya kesannya atpm masih diam diri, padahal banyak usaha dan uang loh buat safety riding, misalkan merk ” ini loh” kalo gak motornya dikaburin gitu warnanya…

    • theoxcool permalink
      16 Desember 2010 11:45

      bener nih….gambar bisa merusak citra atpm tertentu, secara pesaing kuatnya AHM mengiklankan “jangan lupa pakai helm yak!”, sebenarnya banyak bikers yg ga pake helm, sepanjang jalan dari bekasi ke jakarta banyak bikers yang tidak pakai helm, ntah itu pake motor yamaha, honda, suzuki, bahkan ada bikers sok pamer yg bawa kaoskaki ninja 250 dengan kacamata hitam terlihat parlente, eh ga pake helm…sayang aku ga bawa kamera saat itu

      btw mungkin pak edo sempatnya foto tuh bikers (bukan motor ya..)

      • 17 Desember 2010 13:32

        Aku memotret fokus pada para bikersnya saja, kurang memperhatikan merek motornya bro.

  3. moyseventeen permalink
    16 Desember 2010 15:58

    nitip artikel terbaru om edo
    Rahasia drag style q
    http://moyseventeen.wordpress.com/2010/12/16/tips-and-trik-style-ngedrag-liar/

  4. zaqlutv permalink
    17 Desember 2010 08:08

    Itu di Jakarta Mbah, bagaimana saat Mbah ikut peluncuran NMP dan Byson di Bromo? kan lewat desa2 yang banyak sekali pengendara motor yang 1 motor ditumpaki (dinaiki) lebih dari 2 orang dimana ada anak kecilnya juga dan kompak tanpa helem.. mungkin karena faktor ekonomi..
    tapi bagaimana dengan alay bebekers yang stangnya ditekuk ke bawah dengan gaya ala pembalap ngebut di jalan desa tanpa perangkat safety gear sama sekali?
    dan sepertinya peraturan hanya berlaku di kota besar saja macam Jakarta dan Surabaya.. sedang di kabupaten lainnya sering saya lihat alay bebekers tanpa helm dengan santai lewat depan polisi yang berdiri di persimpangan jalan, maaf sebelumnya, beliau bukan mengatur lalu lintas tapi sibuk dengan gadget di tangannya (baca: hape)
    update status FB kali yach :mrgreen:

  5. Mercon C a.k.a Mercon Mretelli permalink
    17 Desember 2010 08:32

    wah, pas jajal byson gak pake helm,
    nyoba d tracker juga gak dikasih helm kok

  6. 18 Desember 2010 04:31

    kalo kayak gini gimana mbah:

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: