Lanjut ke konten

September, Honda Masih Rajai Bebek

21 Oktober 2010

foto:eko

PENGUASA pangsa pasar sepeda motor bebek masih bertengger di tangan PT Astra Honda Motor (AHM). Pada September 2010, kekuatan AHM selaku agen tunggal pemegang merek (ATPM) sepeda motor Honda, masih di sekitar 44,21% dengan volume penjualan sekitar 90.409 unit.

Honda mengguyur pasar dengan delapan varian dari empat merek. Dari empat merek tersebut, dua di antaranya yakni Supra X dan Absolut Revo bertengger di posisi 10 besar.

Sementara itu, PT Yamaha Motor Kencana Indonesia (YMKI), ATPM sepeda motor Yamaha, pada September 2010, bercokol di posisi kedua dengan penguasaan pangsa pasar sekitar 40,56% atau setara dengan 82.991 unit. Di segmen sepeda motor bebek, Yamaha mengandalkan Vega Z, Jupiter Z, dan Jupiter MX.

Tapi, tunggu dulu. Persaingan di pasar domestik ternyata lebih ketat. Pada September 2010, Honda mampu melego sekitar 90.284 unit, sedangkan Yamaha sekitar81.091 unit.

Pertarungan Honda dan Yamaha seakan tak memberi kesempatan pemain segmen bebek lainnya. Hal itu terlihat dari rentang jarak mereka dengan posisi ketiga, Suzuki, yang cukup jauh. Pada September 2010, Suzuki hanya mampu merengkuh sekitar 28.911 unit atau sekitar 14,13% dari total pasar bebek.

Pada September 2010, Yamaha Vega Z mampu merangsek pasar bebek dengan volume penjualan 43.991 unit. Sepeda motor yang dibanderol Rp 11,9 juta per unit itu, menguasai sekitar 21,50% pasar bebek. Di posisi pertama masih bertengger Absolut Revo sekitar 46.891 unit atau setara dengan 22,91%. Sedangkan di posisi ketiga Supra X yakni sekitar 42.989 unit (21,01%) dan di posisi ketiga.

Secara akumulasi, Januari-September 2010, pangsa pasar Honda merosot jika dibandingkan periode sama tahun 2009, yakni dari 52,77% menjadi 49,92%. Pada sembilan bulan 2010, Yamaha melego sekitar 1,36 juta unit.

Hilangnya sebagian kue Honda direnggut oleh Yamaha yang mampu menaikkan pangsa pasarnya menjadi 39,73% dari semula sekitar 39,02%.

Suzuki mencatat prestasi gemilang dengan kenaikan pangsa pasar dari 7,65% menjadi 9,25%. Suzuki mengandalkan sepeda motor bebek Satria FU. Produk yang dibanderol Rp 18,45 juta per unit itu, menjadi satu-satunya sepeda motor yang tidak menurun penjualannya pada September 2010. Satria FU mencatat peningkatan penjualan 7,37% pada bulan itu yakni menjadi 13.111 unit. (edo rusyanto)

26 Komentar leave one →
  1. Ikhwan permalink
    21 Oktober 2010 06:40

    Pertamax.
    Analisana gimana pak Edo, kok HSX 125 bisa mengungguli absolut revo?

    • 21 Oktober 2010 09:19

      kalau untuk september, rasanya lebih karena ada beberapa daerah tertentu yang seleranya di kelas 125, sedangkan dari sisi harga menjadi terabaikan, terpenting bisa lebih kenceng dan sporty. tapi, yg lebih tahu tentu aja PT AHM, ayooo…AHM kasih pencerahan dong. hehehe…

  2. sekopati permalink
    21 Oktober 2010 07:08

    otot si supri memang tangguh….tapi sudah saatnya diremajakan teknologinya. gunakan teknologi seperti di blade dan revo biar tambah irit.

  3. sekopati permalink
    21 Oktober 2010 07:09

    bila perlu ditambah pgmfi versi 3 seperti revo at dan pcx. jangan menggunakan pgmfi tahap awal terus.

  4. Rovisezy permalink
    21 Oktober 2010 07:17

    Untung raja bebek kalo raja singa.. 😀

  5. kimono permalink
    21 Oktober 2010 08:18

    @bro Rovisezy, waduh kalo raja singa bisa bahaya tuch he3x, , ,

    untungnya Honda punya rajanya Macan yaitu Tiger, motor apa sih yang bisa nyaingin raungannya ^^v

  6. Get4Rich permalink
    21 Oktober 2010 08:21

    mantapp, akhirnya tahta revo di ambil sama yamaha vega , mantap, persaingan makin seru nih, Gak ada lagi yang dominan biar honda bangun dan liat dia gak sendirian sekarang dan biar gelontorin produk yang lebih bagus terutama di segemen Sportnya. Ini baru namanya kompetisi ..lanjut gan analisanya

  7. softech_niQ permalink
    21 Oktober 2010 08:26

    bro edo,pertempuran bebek tvs vs kawasaki kok ga dbahas,,?jarak%x kn ga tlalu jauh,jd ntu kn rame jg,,,kyk ben spies vs simoncelli….hehehe.

  8. 21 Oktober 2010 08:35

    top…markotop deh data sampean mbah…..
    like this

  9. keledai berspion permalink
    21 Oktober 2010 09:24

    tapi liat data diatas kalo dijumlahin revo+suprax+blade+revoat ga jadi 90000 unit deh kalo di kompas.com revo jmlnya 46000 unit

    • 21 Oktober 2010 09:29

      kabarnya, total absolut revo pada september sekitar 46 ribu bro, trims.

    • 21 Oktober 2010 10:07

      benar bro, aku dah koreksi yah, trims atensinya, salam.

  10. 21 Oktober 2010 09:54

    kenapa revo ndlosor???????kesalip sama vega n hsx???

    • 21 Oktober 2010 10:08

      ternyata, absolut revo tetap kokoh, euy…vega di posisi kedua, tapi itu untuk bulan september 2010. trims atensinya yah, salam.

  11. Joko permalink
    21 Oktober 2010 10:06

    Jadi yg bener abs revo di september 30k atau 46k?

    • 21 Oktober 2010 10:11

      yg benar 46.891 (revo) dan 43.991 (vega). trims atensinya yah, salam.

  12. Moncer permalink
    21 Oktober 2010 11:56

    Mas Edo, kalo ga salah periode sebelumnya khusus u Yamaha varian New Jup Z lebih dominan ketimbang Vega ZR n Supra 125, sekarang malah kebalik ya??

    Mas Edo, u grafiknya selain grafik no 1, sebaiknya juga dilengkapi grafik penjualan masing2 varian, makasih om

    • 21 Oktober 2010 14:56

      oh ok, ke depan aku bakal siapkan deh, trims masukannya yah, salam.

  13. 21 Oktober 2010 13:10

    BEBEK LAGI…BEBEK LAGI…

    hare gene masih ada aja yg mau keluar duid 13-15juta kridit bebek…

    mau aja dikibulin ATPM cari untung…!!!

    • Joko permalink
      22 Oktober 2010 22:41

      Margin keuntungannya lebih tinggi batangan drpd bebek atau matic lho Mas, tanya saja salesnya, komisinya beda. Terus siapa dong yg ketipu…

  14. emily permalink
    21 Oktober 2010 15:00

    Mas bro yahuud nih…tp intinya siapa yg ttp jawara, eang deh disetiap segmen rajanya makin jelas…..makin mantap aja ni honda

  15. ben piss permalink
    21 Oktober 2010 15:10

    Pak Edo,
    Ada yg menarik dari data penjualan bebek tahun ini.
    Pelan tapi pasti penjualan Vega ZR naik mendekati pencapaian Abs. Revo.
    Padahal hanya memiliki 2 varian (SW & CW).
    Bandingkan dg Abs. Revo yg memiliki banyak varian & baru saja melakukan penyegaran.

    Mengingat usia kedua brand motor tersebut sudah melewati usia 2 tahun, adakah unsur kepuasan konsumen yang menyebabkan naiknya penjualan Vega ZR?
    Karena kalo dari sisi advertising justru berkurang dibanding tahun lalu.
    Akhir2 ini malah kalah gencar iklannya dibanding Abs. Revo.

    Kayaknya menarik untuk dibuatkan artikel tersendiri mengenai fenomena naiknya volume penjualan Vega ZR ini.

    • Joko permalink
      21 Oktober 2010 20:28

      Kalau di daerah, penyebabnya jelas, lebih murah vega zr drpd abs revo.

  16. cegukan permalink
    21 Oktober 2010 16:29

    Jupi Z berapa rebu bro edo?

  17. vegadeth permalink
    21 Oktober 2010 20:24

    hihihi jupi z melorot mentang mentang bintang iklannya udh juara dunia.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: