Lanjut ke konten

Melongok Dapur Honda

5 Oktober 2010

Suasana pelatihan marketing Honda. (foto:edo)

BELASAN pria dan wanita muda berseragam warna putih dan merah tampak duduk berkelompok. Mereka serius menyimak penjelasan yang dibeberkan sang tutor. Di atas meja mereka berserak kertas dan alat tulis.

Di ruang lain gedung berlantai dua itu, belasan pria berseragam biru tua asyik masyuk membongkar mesin sepeda motor. Kontras dibandingkan para pria dan wanita yang ada di ruang berdinding dan lantai warna putih di bagian atas gedung tersebut.

Itulah potret kegiatan di Honda Training Centre di Semarang, Jawa Tengah (Jateng). Di sinilah pembekalan dua lini penting dalam penetrasi pasar yakni pemasaran dan layanan servis. Keahlian di dua bidang tersebut melengkapi produk yang sudah dirancang sedemikian rupa untuk memenuhi ekspektasi konsumen.

“Training marketing selama 3 hari, materi yang diberikan di antaranya menangani complain dan strategi marketing. Intinya menyelaraskan diri dengan konsumen dan teknik penjualan,” kata Birawa, staf HC3 Honda HSO Jawa Tengah, baru-baru ini.

Menurut Dyah, salah seorang peserta training, dirinya dibekali 13 modul yang mencakup perilaku, motivasi, gaya menjual, menangani, dan momotivasi konsumen. “Termasuk bagaimana cara menjual dan menjadi konsultan keuangan konsumen, tukasnya bersemangat.

Tujuan akhir, kata Dedy, peserta dari cabang Majapahit, Semarang, training yang diikutinya membekali diri menjadi marketer yang bisa memenangi pasar. “Caranya, mengenali tipe-tipe pelanggan, menguasai juga kualitas produk, serta memahami selera konsumen. Termasuk memahami karakter konsumen soal motor dan kebutuhan mereka,” katanya.

Menurut sang tutor, Yohanes, peserta training hari itu adalah mereka yang masih magang. “Pelatihannya tiga hari mencakup teori dan praktik,” jelas dia.

Teknik Servis

Sementara itu, penanggung jawab pelatihan mesin, Mansur menjelaskan, di sisi pelatihan mesin ada dua tingkatan. Pertama pelatihan mesin tingkat satu (PMT 1) dan PMT 2. “PMT 1 selama satu minggu dan PMT 2 selama dua minggu plus 4 hari,” paparnya.

Suasana pelatihan mekanik Honda. (foto:edo)

Mansur menjelaskan, PMT 1 materi untuk tingkat dasar dan diikuti karyawan baru. “Mereka dilatih mengenai dasar-dasar servis motor secara umum, misalnya, servis ringan dan ganti oli,” kata dia.

Sedangkan di PMT 2, lanjutnya, peserta diberi materi lebih tinggi seperti membongkar mesin dan analisis kerusakan mesin. “Dalam pelatihan ini, ada juga yang gak lulus, tapi mereka bisa ikut lagi pada kesempatan selanjutnya,” urai Mansur.

Setiap kelas diikuti oleh 30 peserta yang berasal dari 130 dealer di Jateng. Untuk PMT 1 ada empat gelombang, sedangkan PMT 2 sebanyak 10 kali.

Jateng merupakan salah satu wilayah penting pemasaran sepeda motor Honda. Sepanjang Januari-Agustus 2010, wilayah ini menyerap sekitar 196 ribu unit atau setara dengan sekitar 13% dari total penjualan PT Astra Honda Motor (AHM) di Jawa. (edo rusyanto)

22 Komentar leave one →
  1. 5 Oktober 2010 11:01

    Pertamax pakdhe

  2. 5 Oktober 2010 11:40

    wah ikutan Om

    • 5 Oktober 2010 12:42

      Mau ikut training? Aku diajak melihat-lihat training di sela Jelajah Jawa, Honda New Megapro, rute Semarang-Jogja, 2 Oktober kemarin. Trims

  3. f41z permalink
    5 Oktober 2010 13:32

    harusnya banyak bocoran dong disana. nitip nanya sport 250ccnya donk.

  4. 5 Oktober 2010 14:21

    weeew 30 october….
    *penasaran mode : on
    numpak iklan om edo :mrgreen:
    http://bladeus.wordpress.com/2010/10/05/selamat-hut-tni-ke-65/

  5. 5 Oktober 2010 15:32

    yang saya heran, kenapa pelatihan biasanya hanya diberikan pada chief mekanik?

    http://compumoto.wordpress.com/2010/10/05/redesign-cs1-versi-saya/#comment-271

  6. Gendix permalink
    5 Oktober 2010 15:34

    30 oktober??

    Siap2 neh.
    Xiixii..

  7. 5 Oktober 2010 17:37

    @gendix, f41z, dan amamoto: kabar tersiar, tgl 30 okt 2010 di Thailand bakal ada peluncuran motor sport anyar Honda, apakah 150 or 250 cc? hehehehe…kita tunggu yah, smoga bisa meluncur ke Thailand nih.

  8. Dani Ramadian permalink
    5 Oktober 2010 18:16

    Walahhhh….
    Kirain di Indonesia…
    xixixi

  9. Jofrin permalink
    5 Oktober 2010 19:26

    wah kalo ngomongin soal HC3 HSO Semarang bikin illfil bgt…kebanyakan teori tp prakteknya nol besar….komplain2 gak pernah kelar alias dibiarin menggantung

  10. snalpot99 permalink
    5 Oktober 2010 21:02

    nah manteb ni, jd biar konsumen ga kabur karna mendapat pelayanan kurang memuaskan 😀

    pak edo, kemarin aku nanya sesuatu via pm FB blum dijawab sepertinya 😀 trma ksh

  11. f41z permalink
    6 Oktober 2010 07:53

    waduh klo di Thailand mah motor berfairing. males ah … thx 4 the info

    • 6 Oktober 2010 08:02

      kabarnya, yg bakal diluncurkan di thailand 30 okt, bakal masuk ke ri pada 2011. hemmm…namun, kalau importir umum sih biasanya lebih cepat. trims bro.

  12. zen1th permalink
    6 Oktober 2010 08:53

    mantap mas….

    • 6 Oktober 2010 09:02

      sama2 mas, btw punya data kecelakaan di kawasan semarang? trims

  13. f41z permalink
    6 Oktober 2010 13:12

    weitsss… 2011 masuk indo? moga2 masuk ga lewat importir tapi diproduksi disini. yang bikin penasaran spek mesinnya apa? v-twin dohc,single-dohc, ato single-multicam. rapet bgt bocoran mesin ya, pasti gara2 tertutup fairing jadi ga bisa ketebak.

Trackbacks

  1. Tweets that mention Melongok Dapur Honda « Edo Rusyanto's Traffic -- Topsy.com
  2. HONDA SERIUS for NEW 250CC « RODA 2 BLOG

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: