Lanjut ke konten

Byson Gagah, Bukan Buat Yang Doyan Ngebut

19 Agustus 2010

Foto:edo

SOSOK sepeda motor sport Yamaha Byson terlihat tegar. Berjajar rapih di pelataran Sirkuit Sentul, Bogor, Kamis (19/8/2010) sore. PT Yamaha Motor Kencana Indonesia (YMKI) agen tunggal sepeda motor Yamaha, memboyong tiga unit untuk diuji oleh para blogger, anggota klub sepeda motor, dan sudah barang tentu para jurnalis.

Inilah penampakan pertamakali Byson di hadapan khalayak ramai. Setidaknya, tak kurang dari lima orang sore itu menyaksikan dan menjajal motor yang dijuluki The Lord of The Street. Widihhh…julukan yang sangar.

”Byson memang ditonjolkan penampilannya yang gagah,” cetus Muhamad Abidin, assistant General Manager Servis PT YMKI, saat memaparkan kelebihan sosok Byson, di Sentul, Kamis.

Sepeda motor yang sudah digadang sejak 2007 itu, kata Abidin, memiliki segmen yang berbeda dibandingkan dua motor sport Yamaha lainnya yakni Scorpio dan Vixion. Tampilannya cukup gagah. Menggunakan ban depan tubeless 100/80-17M/C 52P dan ban belakang tubeless 120/70-17M/C 58P. ”Untuk pertamakali kami memakai ban tubeless,” tutur Abidin.

Ban tubelles dan knalpot standar euro 2. (foto:edo)

Dia mengaku, banyak konsumen yang tidak suka kecepatan tinggi, tapi menyukai tampilan yang gagah. ”Hanya 2% yang suka kecepatan tinggi, nah kami membidik yang 98%,” papar dia lagi.

Sementara itu, Bayu Astiawan, salah seorang staf teknik YMKI menegaskan, karena itu, untuk rem belakang Byson memakai tromol bukan cakram. ”Sudah cukup kok memakai tromol,” katanya.

Saat menjajal di Sirkuit Kecil Sentul, Kamis sore, sepanjang dua putaran, kecepatan maksimal hanya sekitar 70 kilometer per jam (kpj). Tarikannya cukup lumayan. Sosoknya cukup garang untuk ukuran sepeda motor sport bermesin 153cc tersebut. Salah satu fiturnya adalah tampilan knalpot yang cukup besar. ”Beratnya hampir lima kilogram. Knalpot tersebut sudah mengadopsi gas emisi buang standar Euro 2,” tukas Abidin.

Kian Ketat

Peta persaingan sepeda motor segmen sport bakal lebih ketat setelah Yamaha merilis Byson dan Honda merilis New Megapro. Dua tahun belakangan ini, Yamaha yang mengusung Scorpio dan Vixion, terus memimpin pasar sport. Otot Yamaha ada di Vixion. Akankah Byson kanibal ke Vixion? ”Tidak, sekalipun ada hanya kecil dampaknya. Segmen Byson yang memakai karburator dan Vixion yang memakai injeksi berbeda,” tukas Abidin lagi.

Speedometer Byson (foto:edo)

Vixion sepanjang Januari-Juli 2010 menguasai sekitar 45% pangsa pasar dengan total penjualan sekitar 125 ribu unit atau rata-rata per bulan mencapai sekitar 17 ribu unit lebih. ”Kalau Byson kemungkinan ditargetkan sekitar 7-10 ribu unit per bulan,” tutur seorang sumber di YMKI.

Ya. Target kecil, tapi realitanya bisa besar. ”Belum tahu, nanti akan diumumkan oleh Pak Dyon (Dirut YMKI),” papar Paulus Firmanto, assistant General Manager Promotion and Sport YMKI, saat ditemui di Sentul.

Dia mengaku, masih melihat respons pasar. Apalagi, seperti masyarakat tahu, untuk produk baru seperti Byson antrenya bakal lumayan lama. Kabarnya bisa mencapai 4 hingga 5 bulan. “Asal konsumen sabar saja menanti, waktu Vixion diluncurkan 2007, indennya sampai 6 bulan,” kata Paulus. Hayooo…buat yang sudah daftar memesan, sabar yah. (edo rusyanto)

53 Komentar leave one →
  1. 19 Agustus 2010 22:28

    Pertamax 😀
    baca dulu ya om 🙂

  2. nick69 permalink
    19 Agustus 2010 22:36

    Yes 2nd one

  3. nick69 permalink
    19 Agustus 2010 22:39

    Pasti nanti pada dioprek2 mesinnya..

  4. nick69 permalink
    19 Agustus 2010 22:41

    Betul,ini motor sport kota buat santai2..
    Keren..
    Kalo buat jarak jauh new megapro lbh mantab kayaknya

  5. 19 Agustus 2010 22:42

    3rd
    selama itukah indentnya?
    Btw, mesinnya alus g pak?
    Kan katanya yg di india tuh kasar

  6. 19 Agustus 2010 22:45

    om edo
    serius om cuma sampe 70 kpj, itu karena trek udah abis ato tarikannya segitu?

  7. Klonegerzzzzzzzzzzz permalink
    19 Agustus 2010 22:46

    BYSONTOLOYO aj namanya klo kagak bisa lari, en tewas keok am CS1!!!

  8. 19 Agustus 2010 22:58

    busyed daaagh……..
    masak motor 153 cc top speednya cumka 70 kmpj???

    bakal malu2in nih klo dibawa….

    😆

  9. 19 Agustus 2010 23:03

    absent mas.

  10. nick69 permalink
    19 Agustus 2010 23:12

    Ndaru
    Bhuaahahahahahaa
    :mrgreen:

    Ya gak lah bro,
    Rata2 aja.
    Menurut sy 110-120kpj.
    Cm melihat body,roda n knalpot kayaknya berat tarikannya.
    Sesuai judul,cocok buat gaya

  11. au_ah permalink
    20 Agustus 2010 00:15

    Yg bener top speednya cuma 70 kmpj?
    klo lihat powernya yg cuma 10,1 ps sih masuk akal juga…

    hehehee…

  12. 20 Agustus 2010 00:15

    @ all : makanya klo baca tuh jangan sekilas, maksudnya, pas dites itu, cuman jajal ampe 70 km/jam, karena emang Oom Edo blom ngerasain bener tuh BYSON…

    pas gw yang ngetest, masuk 100 kok, itu pun masih amat sangat mungkin untuk menambah, jika masih panjang trek lurusnya, berhubung di sirkuit S kecil, makanya gak bisa tau top speednya…

  13. au_ah permalink
    20 Agustus 2010 00:17

    Jadi bener juga ya kata petinggi yamaha klo byson memang cuma jual tampang….
    hehehee…

  14. boo...!!! permalink
    20 Agustus 2010 00:24

    hah 70 km / jam…aje gile ngga percaya ane , motor 153 cc cuma mentok 70 km / jam, itu yg mentok track nya X,….

  15. au_ah permalink
    20 Agustus 2010 00:24

    Yg aneh, produknya aja belum brojol, belum ada permintaan pasar kok udah bilang indent 4-5 bulan ya??
    kira2 alesannya apa?

    klo honda lebih realistis, scoopy misalnya, karena kapasitas produksinya cuma 10 ribu/bln ternyata permintaan pasar jauh lebih besar dari kapasitas produksi makanya harus indent lama (mengingat kapasitas produksi tadi)

    klo yamaha kayaknya memang sengaja akan dibuat indent kali ya?
    permintaan belum ada kok udah bilang indent 4-5 bln.
    agak aneh aja menurut gw…

    • koboikudabesibekas permalink
      20 Agustus 2010 07:27

      ya kalo kebakaran jenggot ya kayak gitu, takut byson ga ada pembelinya, buat pengalihan perhatian biar ga jadi beli new mega pro…….kasian deh gw jadi konsumen

  16. boo...!!! permalink
    20 Agustus 2010 00:36

    http://triatmono.wordpress.com/2010/08/19/test-ride-yamaha-byson/
    ni sumber dari blog lain…

  17. 20 Agustus 2010 01:26

    kalo indent mengindent itu mah emang trik marketing bro…aslinya stok dipabrik sudah ada…ini yg bilang orang AHM sendiri waktu ane ikutan seminarnya dulu…

    tp mungkinkah suzuki juga ikutan perang di segmen ini…

    Suzuki bersiap melawan Yamaha Byson dan Honda New Megapro

    • Bagus ga doyan kripikpedas permalink
      22 Agustus 2010 10:45

      Tapi bro, kalo ngomong inden 1 ato 2 bulan wajar kali(itupun kalo gak molor), lah klo indennya dah diomongin indentnya 4-6 bulan (itu kalo ga molor), konsumen potensial
      bisa keburu kabur ke kompetitor dengan selisih harga yang tipis lagi……Ga semua orang bisa sesabar itu bro (4 s/d 6 bulan), tau klo ente….Piss ah

  18. rizzal permalink
    20 Agustus 2010 02:51

    wah kalo 70km/jam yang ngetes ga bisa bwa motor kali apa taku ngebut wakakakakakakak
    ngetes becak aja om kalo gitu pissssssss

    • Dani Ramadian permalink
      20 Agustus 2010 09:26

      Whaaa….
      Sopan dikit napa….
      Pak Edo memang punya “style” tersendiri
      dan tentunya ini juga salah satu review
      dari Pak Edo yang nggak boléh di-abaikan.

      Kata mas Tri malah beliau ini paling santun.
      Justru benar lah cara riding beliau, nggak
      asal betot gas aja…

      piss

      • rizzal permalink
        21 Agustus 2010 00:06

        he he pisssssssssssssss ommmm

  19. masterXeon permalink
    20 Agustus 2010 05:38

    1. Om Taufik : dapet hampir 80 kpj di ujung straight langsung reem soale ketemu tikungan ke kanan

    2. Mas Tri : Masuk di straight gue coba melibaz pada kecepatan antara 86 – 90 km/h… !!! Maaf nggak bisa full speed soaleee… track sangat pendek

    3. Bang Edo Rusyanto : kecepatan maksimal hanya sekitar 70 kilometer per jam (kpj)

    4. Ndaru DJL : pantes aja klo top speednya cuma 70 kmpj…..

    5. au_ah : Yg bener top speednya cuma 70 kmpj?
    klo lihat powernya yg cuma 10,1 ps sih masuk akal juga..

    Kesimpulannya…?

  20. netral permalink
    20 Agustus 2010 05:43

    Yg masalah 70 kpj tolong di edit bahasanya agar dapat dimengerti..khususnya para fbh. thx

  21. nick69 permalink
    20 Agustus 2010 06:29

    Yah lebih lah
    Orang beat aja kuat 100kpj lebih.
    *Duikit tapi wkwkw..!

    Spt yg sy katakan diatas,motor ini kyknya berat tarikannya,
    Jd buat stop n go ya pasrah aja diasepin matic.
    Kalo buat touring baru mantab,stabil..
    Meskipun nanti ditrek lurus diasepin fu,cs1 atau bahkan mx.
    Yg penting modelnya keren choy

  22. andhi_125 permalink
    20 Agustus 2010 08:42

    absen pak Edo…

  23. 20 Agustus 2010 09:14

    bodi keren kalo kenceng gak keliatan…
    kayak model, emang mereka lari diatas catwalk??ngga kan?? :mrgreen”

    • 20 Agustus 2010 09:58

      Bicara motor sport… sebetulnya bicara “image”. Ninja 250R pun juga jarang ngepol dijalan. Tapi kita semua tahu itu motor kenceng… ada rasa takutnya kalo ketemu di jalan…

      Nah, kalo byson? extemenya sama bebek bisa ngelawan nggak? Bebek juga kenceng-kenceng!

  24. Yamaniac permalink
    20 Agustus 2010 09:22

    ndaru,au_ah…nyalesnya cerdas dikit bro…hehehe..era BC dah lewat..

    • Dani Ramadian permalink
      20 Agustus 2010 22:11

      Selama BC pada iklan Yamaha yang
      sering diucapkan Ded* Mizw** ttp
      dilanjutkan berarti apa yg dilakukan
      ndaru dan au_ah sekedar kontra dr
      opini yg dibentuk…

      Jd mohon pemahamannya saja

      piss

  25. karena itu harus pake softech permalink
    20 Agustus 2010 09:27

    kl bang opic geber ampe 5 lap,dapetx 80km/jam,kl bro edo geber cm 2 lap (udh dkat buka puasa kli ya…hehehe),dpt 70km/jam,,,sah-sah aja bro,,,intix sama,tarikan emang agak lbh brat drpd vixion,jd,suka pilih aja dah,,,untuk style&santai bw aja byson,,tp kl mw ikut k BALI (BAlapan LIar),ya bw vixion….
    kn yamaha jg……hehehe

    piss bro,,,,

  26. 20 Agustus 2010 09:40

    Dear all, kecepatan yg saya dapat kemarin sebesar 70 kpj tidak saya paksakan. Kalau digeber di track lurus dan panjang bisa jadi lebih dari 70 kpj. Buat saya, kemarin kondisinya tdk memungkinkan untuk geber abis, maklum, selain kondisi track blm familiar, blm finish shaum, dan nyali juga kecil. Hehehe….btw, trims dah sharing di sini, smoga saling mencerahkan. Salam

  27. 20 Agustus 2010 09:54

    OK, gw kayaknya nggak perlu baca banyak-banyak.
    Judulnya udah jelas! 🙂

    TQ kang!

  28. 20 Agustus 2010 11:28

    harganya di bawah new megy kalo bisa!

    • Dani Ramadian permalink
      20 Agustus 2010 22:15

      Gak mungkin…
      Sdh jelas lebih mahal

      19,9 juta
      dipatok tuh Byson

    • Bagus permalink
      22 Agustus 2010 10:49

      Itu juga harga promosi om…..Klo setelah tahun 2010 ga tau harga selanjutnya

  29. chris a.k.a hittoukiri permalink
    20 Agustus 2010 12:19

    pengen beli nih klo kluar…:D

    *ga masalah ga dapet pertamax, yang penting page one….:army:

  30. 20 Agustus 2010 13:05

    tunggu apa lagi ayo indent….

  31. 20 Agustus 2010 14:18

    weh memang motor ini hanya bagi yang menyukai design saja, karena kalau dilihat speknya gak cocok buat ngebut, berarti segmennya berbeda dengan vixion ya.

  32. nick69 permalink
    20 Agustus 2010 14:53

    Sangat disayangkan om.
    Pengennya sih bisa sesuai dgn tampangnya yi kenceng tanpa harus main oprek.
    Bebek n matic aja sekarang kaya bis malam larinya
    Ini diasepin matic apa kata dunia
    :mrgreen:

  33. Marwoto oto permalink
    20 Agustus 2010 15:25

    Mending beli P135LS..

  34. nick69 permalink
    20 Agustus 2010 16:55

    Marwoto
    Jos gandos sampean
    Harga 14,8 dapet power 150cc bahkan disinyalir lbh kenceng.
    Secara p135 lbh ringan

  35. 20 Agustus 2010 20:06

    kita tunggu aksi mbah Edo dengan New Mega Pro besok

    • 20 Agustus 2010 20:53

      hehehehe….bisa aja bro maskur, apa kabar nih?

  36. au_ah permalink
    21 Agustus 2010 05:31

    @Yamaniac

    BC?
    mana kalimat gw yg BC?

    masalah top speed yg 70 kmpj itu?
    baca lagi dong review om edo diatas yg bilang cuma dpt 70 kmpj.
    makanya gw nanya, apa memang cuma segitu top speednya?

    Apa kalimat yg bilang byson cuma jual tampang itu yg ente sebut bc?
    baca lagi dong artikel diatas,
    petinggi ymki aja bilang “cuma 2% yg suka kecepatan tinggi, nah kami membidik yg 98%”
    tau kan maksud kalimat itu?

    di detikoto petinggi ymki lebih blak2an lagi, “byson memang kami jual tampangnya”

    trus mana yg salah?
    😀

  37. Internet permalink
    21 Agustus 2010 05:53

    ada yang merekam suara knalpotnya ga yaa? mantap ala moge atau versi vixion

    • Hadi permalink
      21 September 2010 16:17

      kemaren aq dah denger,….dan kurang garang…. alus banget,kealusen aq bilang mlah kl buat motor sport
      tapi aq tetep beli om…buat dijogja pas,tinggal ganti knalpot aja dah mantep kayaknya…

  38. nank permalink
    21 April 2011 14:07

    aku minta info nya dong,mau ubah suara byson seperti suara motor moge.. thanks yah.. kira2 ganti knalpot apa?? kalau r9 udh pernah dengar.. biasa aja.. aku pgn yg lebih mirip dng moge..

  39. khoirul alkhafiz permalink
    12 Oktober 2011 18:29

    di pekan baru RIAU lahirny yamaha byson kq ngk HEBOH ya ……..yg penting gua udah make byson

Trackbacks

  1. Tweets that mention Byson Gagah, Bukan Buat Yang Doyan Ngebut « Edo Rusyanto's Traffic -- Topsy.com
  2. Byson angkat pamor Blog « motorek
  3. Kenapa Byson Dirilis Yamaha ? « Odong2r
  4. Byson angkat pamor Blog » motorekblog.com

Tinggalkan Balasan ke Arie Prawira Batalkan balasan