Lanjut ke konten

ATPM Tambah Investasi US$ 100 Juta

19 Juli 2010

foto:edo



Hari ini, Senin (19/7/2009), mencuat berita rencana investasi Honda dan Yamaha senilai US$ 100 juta di Indonesia. Investasi tersebut untuk menambah kapasitas produksi sehingga kemampuan memasok semakin berotot.

“Ya, mereka (Astra Honda Motor) memang akan menaikkan kapasitas  menjadi 4 juta unit. Katanya tahun ini sudah mulai,” ujar Direktur Direktur Industri Alat Transportasi Darat dan Kedirgantaraan Kementerian Perindustrian (Kemenperin) Panggah Susanto, seperti dikutip Investor Daily, Senin.

AHM yang merupakan agen tunggal pemegang merek (ATPM) sepeda motor Honda, telah melaporkan rencana investasi US$ 50 juta ke Kemenperin pada pekan lalu. Sedangkan Yamaha menambah investasinya melalui Yamaha Indonesia Group (YIG) senilai US$ 50 juta untuk YIG membenamkan US$ 50 juta untuk menaikkan kapasitas pabrik dari 3 juta unit menjadi 3,6 juta per tahun unit pada 2011. Sedangkan AHM menggelontorkan US$ 50 juta untuk menggenjot kapasitas menyentuh 4 juta unit, dari saat ini 3,6 juta unit setahun.

Kedua ATPM tersebut saat ini menguasai lebih dari 90% pangsa pasar motor domestik.

Investor Daily menyebutkan, AHM akan menaikkan kapasitas produksi skutik pabrik III di Cikarang, Jawa Barat. Pada kuartal II tahun ini, AHM telah menaikkan kapasitas produksi skutik dari 90 ribu unit menjadi 150 ribu unit per bulan dengan investasi US$ 30 juta.

Menurut Panggah, produsen motor akan kehilangan pangsa pasar jika tidak menambah investasi. Sebab, saat ini rivalitas antara Honda dan Yamaha kian memanas. Dua pabrikan Jepang ini saling jegal untuk merebut posisi puncak pasar motor domestik.

Bisnis sepeda motor masih cukup renyah, bahkan tahun ini ditaksir bakal mencapai 7 juta unit. Cukup beralasan, mengingat pada semester pertama 2010, sudah mencapai 3,6 juta unit. Tahun lalu, penjualan sepeda motor mencapai sebanyak 5,8 juta unit. Saat itu, pangsa pasar AHM sebesar 46,2%, sedangkan Yamaha sebesar 45,3%. (edo rusyanto)

10 Komentar leave one →
  1. 19 Juli 2010 16:07

    goood…investasi yang terus mempermudah orang untuk memperoleh sarana transportasi..
    ujungnya jalanan jadi macet..

    sikap ambil kesempatan dalam kesempitan?

  2. 19 Juli 2010 16:17

    @benny
    produknya kan juga di ekspor…

    tambahan buat om edo, kawasaki juga tambah USD 60 juta.
    http://jombloati.wordpress.com/2010/02/03/kawasaki-mulai-menggeliat/

  3. 19 Juli 2010 16:46

    produksi motor gila gilaan..bwat qw yg di daerah sih gak ngefek..efek dirasakan dikota kota besar yg full bebek ya mas ben..! produksi motor gila gilaan tp pertumbuhan infra struktur teap ,daya tampung jalan dah gak muat,macetttt .. ya gitu deh.. kalo ada ketidak seimbangan selalu berbuah munculnya masalah2..jd gimana harusnya???? stop produksi motor ? mungkinkah? or penambahan/pelebaran jalan? bisakah hal ini dilakukan dikota2 besar dengan ketersediaan lahan yg terbatas..??? weh..malah tambah runyam kalo di[pikirkan mending pulang..gazzz poll..!

    • 19 Juli 2010 16:50

      aku sih lebih condong, ciptakan sistem transportasi umum massal yg aman, nyaman, selamat dan terjangkau. dengan terwujudnya transportasi umum yg seperti itu, atpm motor pasti juga tetap berjualan kok. tinggal menciptakan produk yg memang bisa memenuhi kebutuhan dasar konsumen. trims bro

  4. 19 Juli 2010 17:39

    numpang kais kais inpohnya pak edo 🙂

  5. Fr1z permalink
    19 Juli 2010 20:30

    weleh…weleh… tambah lagi mang investnya…. jangan lupa bikin moge lokal yah.. kalo pabriknya dah jadi… he he he..

  6. 20 Juli 2010 08:27

    Disatu sisi ada segi positifnya salah satunya menyerap tenaga kerja, disisi lain polusi & macet total akan siap menghadang.

  7. 5 Januari 2015 15:57

    Di jakarta, mending mobil sederhana ketimbang motor yang bagus.
    Karena mau lewat jalan sudirman aja sudah kaga bisa

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: