Lanjut ke konten

Xeon Kebanjiran 3.000 Pesanan

30 Mei 2010
tags: , ,

Xeon 125. (foto:edo)

BALI memang unik. Bukan sekadar budaya dan pesona alamnya. Kota berpenduduk sekitar juta itu, ternyata punya populasi sepeda motor yang cukup tinggi. Dari sekitar dua juta unit kendaraan, jumlah sepeda motor mencapai sekitar 1,77 juta.

Uniknya lagi, mayoritas memilih scooter matic (skutik). “Hampir semua penduduk memiliki skutik, penjualan kami juga cukup tinggi di Bali,” papar Dyonisius Beti, presiden direktur PT Yamaha Motor Kencana Indonesia (YMKI), di Nusa Dua, Bali, Sabtu (29/5/2010).

Dyon mencontohkan penjualan skutik terbaru YMKI, Yamaha Xeon, yang sudah dipesan oleh tiga ribu konsumen. “Indent Xeon sudah tiga ribu, kami siap memasok,” papar dia. Dyon bersama beberapa direksi hadir menemani para jurnalis dalam Fun Touring Yamaha, Sabtu-Minggu (29-30 Mei 2010), Denpasar-Nusa Dua-Kuta-Tanjung Benoa, Bali.

Tingginya permintaan skutik tak aneh, kata Iluh, seorang wanita pekerja di Kuta, karena sepeda motor memudahkan penggunanya untuk berangkat kerja. “Saya naik Yamaha Mio, cukup 1 jam dari rumah ke tempat kerja di Kuta,” ujar ibu satu anak itu.

Suasana jalan di Kuta, Bali. (foto:edo)

Hal serupa dituturkan Siti. “Saya naik motor sekitar setengah jam,” kata dia yang sehari-hari sebagai pekerja lepas.
Siti yang sehari-hari menggunakan skutik Kymco mengaku sepeda motor amat membantu. “Saya bekerja berpindah-pindah setiap harinya,” paparnya.

Yamaha Xeon adalah skutik dengan kapasitas mesin 125 cc dan diluncurkan YMKI pada awal Mei 2010 di Jakarta. Mesin Xeon total baru dengan  teknologi yang berbeda.  YMKI membanderol Xeon Rp 15,5 juta per unit.  Di segmen skutik Yamaha memiliki dua andalan lain yakni Mio Sporty dan Mio Soul.

“Kontribusi skutik sekitar 55% terhadap total penjualan Yamaha,” ujar Paulus Sugih Pirman, asisten general manager promosi YMKI, di Nusa Dua, Sabtu. Sepanjang Januari-April 2010, Yamaha melego satu juta unit lebih sepeda motor.

Kehadiran Xeon, direktur Eiji TaedaYMKI, merupakan upaya mempertahankan penguasaan pangsa pasar Yamaha. “Kami yakin Xeon  menjadi pilihan konsumen.
Di sisi lain, tingkat komplain konsumen saat ini kecil, dan suku cadang kami harganya sangat kompetitif,” kata dia. (edo rusyanto)

4 Komentar leave one →
  1. 30 Mei 2010 18:34

    saya yakin xeon akan tetap laris walau tanpa dilengkapi fitur2 seperti kompetitornya.. time will tell pokok e.. 😉

  2. maticgaya permalink
    30 Mei 2010 21:01

    Konsumen diberi pilihan : Mau teknologi mesin, pilih Yamaha. Mau teknologi fitur, pilih tetangga Yamaha! xixixi…. (ngarepnya sih salahsatu pabrikan pake kedua-duanya. Ya mesin ya fitur. Kayaknya Indihe bisa tu ngasih dua-duanya)

  3. 30 Mei 2010 22:58

    semoga produk yg ditawarkan ke konsumen bisa memenuhi ekspektasi konsumen dan pastinya tetap aman dan ramah lingkungan. salam

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: